BEAUTY

Begini Cara Memperkuat Skin Barrier Supaya Terhindar dari Berbagai Masalah Kulit

Monday, 29/06/2020 15:03 WIB by Niken Pangesti , Facetofeet
Begini Cara Memperkuat Skin Barrier Supaya Terhindar dari Berbagai Masalah Kulit
pinterest.com

Girls, sudah tahu belum apa yang dimaksud skin barrier dan fungsinya bagi kecantikan kulitmu? Meski skin barrier sudah sering didengar, tapi banyak perempuan yang belum memahami dengan jelas apa fungsi lapisan kulit tersebut, dan bagaiman acara merawatnya. Untuk memahaminya, yuk simak artikel ini hingga habis!

Skin barrier merupakan lapisan pelindung alami pada kulit girls. Skin barrier berfungsi untuk menjaga kulit dari berbagai faktor eksternal yang berpotensi untuk merusak kulit seperti debu, polusi, dan sebagainya. Skin barrier sendiri, tersusun atas kandungan ceramide, asam lemak dan kolesterol yang dapat mengikat sel-sel kulit luar sehingga membuatnya kuat dan tak mudah ditembus oleh faktor eksternal tadi.

Namun, meskipun bersifat sebagai pelindung skin barrier juga mudah rapuh dan dapat terkikis lho girls! Tanpa disadari, berbagai kegiatan yang kita lakukan seperti, over eksfoliasi, menggunakan cleanser yang bahannya keras dan mencuci muka dengan temperatur air yang terlalu panas atau dingin bisa membuat skin barrier menjadi tipis atau bahkan rusak. Hasilnya, kulit akan mudah mengalami masalah seperti jerawat, iritasi, mengelupas, kemerahan dan sebagainya!

Produk yang Harus Dihindari

Untuk merawat skin barrier agar selalu kuat kamu perlu memerhatikan kandungan skincare yang digunakan sehari-hari. Hindarilah berbagai produk dengan kandungan astringent seperti alkohol. Kalau kamu memiliki jenis kulit yang mudah sensitif, sebaiknya hindari juga eksfoliator fisik seperti scrub yang dapat mengikis lapisan kulit.

Produk Untuk Memperkuat Skin Barrier

Sebagai gantinya, pilihlah produk dengan kandungan ceramide dan niacinamide yang dapat meringankan iritasi kulit. Ceramide sendiri adalah kandungan alami yang terdapat di dalam skin barier. Sedangkan niacinamide bermanfaat untuk meningkatkan produksi ceramide dan kolagen sehingga kulit selalu elastis dan sehat.

Untuk memberikan kelembapan alami, kamu juga bisa memilih produk dengan kandungan hyaluronic acid yang akan membuat kulit terhidrasi dengan baik. Selain itu, kamu juga harus melindungi kulit dari radikal bebas dengan kandungan antioksidan seperti vitamin E yang mampu meminimalisir kerusakan skin barrier.

Untuk memberikan proteksi maksimal, selalu gunakan sunscreen pada pagi hari ya! Hal ini sangat penting karena sinar UV menjadi faktor terbesar yang dapat merusak skin barrier kamu. Aplikasikan skincare secara berulang tiap 3 jam sekali untuk memberikan proteksi maksimal pada kulitmu.

 

Baca juga:

Tips Mengembalikan Skin Barrier Setelah Over Eksfoliasi

Menurut Dermatologis, Inilah Cara Tepat Memilih Produk Untuk Kulit Sensitif

Ini 4 Tanda Pelembab Kamu Tidak Cocok dan Cara Mengatasinya.

Punya Banyak Manfaat, Ini Dia Rekomendasi Skincare yang Mengandung Emas

7 Rekomendasi Cleansing Milk Untuk Wajah Bersih Maksimal

Leave a Comment
LATEST NEWS
POPULAR
SUBSCRIBE OUR NEWSLETTER