BEAUTY

Jangan Sampai Salah Pengertian! Ini Bedanya Sensitive Skin dan Sensitized Skin Girls

Monday, 20/07/2020 11:11 WIB by Niken Pangesti , Facetofeet
Jangan Sampai Salah Pengertian! Ini Bedanya Sensitive Skin dan Sensitized Skin Girls
pinterest.com

Girls, nggak jarang banyak orang yang salah mengartikan kondisi kulit yang sensitif lho! Beberapa orang menganggap bahwa kulit sensitif merupakan kondisi dimana kulit mudah mengalami breakout atau jerawat karena salah dalam merawat kulit atau efek penggunaan produk tertentu. Ets, hal tersebut bukanlah ciri dari sensitive skin, melainkan sensitized skin girls! Meskipun keduanya terdengar serupa, namun sensitive dan sensitize skin merupakan dua hal yang sangat berbeda. Nah supaya bisa menanganinya dengan tepat, yuk kita cari tahu perbedaan sensitive skin dan sensitized skin!

Sensitive Skin

Sensitive skin merupakan jenis kulit yang dipengaruhi faktor genetik dan sudah Ia miliki sejak lahir lho. Kondisi ini dapat dilihat dari berbagai ciri kulit yang tampak selalu kemerahan secara terus menerus, mudah alergi, sering terasa kering hingga mengelupas, adanya rosacea atau kemerahan pada kulit serta bintik seperti jerawat, serta lebih sensitif dengan paparan sinar matahari, debu dan sebagainya. Kulit sensitif juga memiliki pigmen yang lebih sedikit, lapisan epidermis yang lebih tipis sehingga pembuluh darah terlihat dekat pada permukaan kulit. Faktor tersebutlah yang membuat pemilik kulit sensitif rentan mengalami kemerahan, iritasi dan sebagainya. Merawat kulit dengan kondisi sensitif tentunya bukanlah hal yang mudah girls. Kamu wajib mengetahui kandungan apa saja yang aman dan tidak menyakiti kulit yang sensitif. Hindari berbgai produk dengan bahan kimia yang keras dan berbahaya seperti alkohol, paraben, retinoid, dan sebagainya untuk mencegah terjadinya berbagai masalah kulit.

Sensitized Skin

Beda halnya dengan sensitive skin, sensitized skin merupakan kondisi dimana meningkatnya sensitivitas kulit karena faktor usia, produk perawatan yang dipakai dan gaya hidup. Kondisi sensitivitas yang bisa dilihat adalah sering timbul jerawat, kemerahan, kulit tampak kusam, meningkatnya produksi minyak, atau kulit tampak kering hingga iritasi. Beberapa hal yang bisa memicu sensitized skin adalah akibat penggunaan produk dengan kandungan merkuri serta bahan kimia berbagaya lainnya dalam jangka waktu yang panjang, penggunaan bahan aktif yang berlebihan, sering memakai makeup dengan bahan kimia yang tinggi, over eksfoliasi, dehidrasi dan pola hidup yang kurang sehat. Seseorang bisa mengalami sensitized skin dalam jangka waktu bulanan atau bahkan tahunan, namun akan pulih seiring dengan berjalannya waktu ditambah perawatan yang tepat.

Cara paling tepat untuk menangani sensitized skin adalah dengan mencari pemicu dan menghindarinya. Selain itu, hindari eksfoliasi fisik seperti penggunaan scrub, hindari produk yang mengandung alkohol, fragnance dan bahan kimia berbahaya lainnya, serta fokus menghidrasi kulit dari luar dan dalam.

 

Baca juga:

Menurut Dermatologis, Inilah Cara Tepat Memilih Produk Untuk Kulit Sensitif

Wajib Tahu! Ini 5 Aturan Penting Merawat Kulit Sensitif

Tips Memilih Makeup yang Tepat Untuk Kulit Sensitif

Jangan Sembarang Menduga, Ini Tanda yang Benar Jika Kamu Punya Kulit Sensitif

5 Langkah Aman Untuk Eksfoliasi Kulit Buat Kamu yang Kulitnya Sensitif

Leave a Comment
LATEST NEWS
POPULAR
SUBSCRIBE OUR NEWSLETTER