BEAUTY

Cari Tahu Apa Sih Kelebihan dan Kekurangan Penggunan Alkohol Dalam Produk Skincare?

Tuesday, 22/09/2020 13:01 WIB by Niken Pangesti , Facetofeet
Cari Tahu Apa Sih Kelebihan dan Kekurangan Penggunan Alkohol Dalam Produk Skincare?
pinterest.com

Girls, salah satu bahan kimia yang seringkali digunakan sebagai kandungan skincare adalah alkohol. Meski hanya sebagai bahan tambahan saja, tapi terkadang penggunaan alkohol sering disebut-sebut berbahaya bagi kulit dan dapat menyebabkan berbagai masalah seperti membuat kulit menjadi kering dan mudah mengalami iritasi.

Pada umumnya, penggunaan alkohol pada suatu produk skincare adalah sebagai bahan pelarut, pengemulsi serta antiseptik supaya produk tersebut terhindar dari bakteri dan jamur yang bisa membahayakan kulit girls. Tapi jenis alkohol yang tidak tepat atau konsentrasi yang terlalu tinggi bisa membuat kulit menjadi mudah kering, dehidrasi bahkan menjadi mudahsensitif atau iritasi. Beberapa jenis alkohol yang wajib dihindari bisa kamu lihat di sini.

Akan tetapi, yang perlu kita tahu ternyata nggak semua alkohol efeknya buruk bagi kulit girls. Ada beberapa jenis alkohol yang dirancang baik untuk kulit seperti etearyl alcohol, glycol, cetyl alcohol, C12-16, stearyl alcohol, myristyl alcohol dan lauryl alcohol. Alkohol baik tersebut biasanya di dapat dari ekstrak bahan alami seperti minyak kelapa dan bermanfaat untuk membuat kulit menjadi lembap, mengontrol produksi minyak berlebih pada kulit berminyak tanpa menjadikannya kering atau dehidrasi, memperbaiki tekstur kulit, serta membantu kandungan skincare lainnya supaya dapat menyerap dengan baik pada sel kulit kamu.

Tapi perlu kamu ingat, ada juga beberapa jenis alkohol buruk yang membawa dampak negatif pada kulit seperti jenis alkohol ethanol (cisopropyl alcohol)/ alkohol denat, isopropyl alcohol, methanol dan benzy alcohol. Pada mulanya, alkohol tersebut seringkali digunakan untuk menghilangkan minyak berlebih pada kulit. Akan tetapi, ternyata alkohol tersebut malah membuat kulit menjadi sangat kering karena kekurangan cairan, akibatnya sel kulit pun mmeproduksi lebih banyak minyak untuk melindunginya. Dengan minyak yang lebih banyak dihasilkan, kulit pun akan menjadi mudah berjerawat, komedo, pori-pori tampak membesar, kulit pun juga terlihat kusam.

Maka dari itu, sebelum memilih skincare kamu harus tahu betul apa saja kandungan yang ada di dalamnya serta apa efeknya untuk kulitmu. Kalau lebih banyak membawa dampak negatif, lebih baik mencari produk lain yang lebih gentle sehingga aman digunakan.

 

Baca juga:

4 Jenis Alkohol Buruk Ini Sebaiknya Dihindari Dalam Produk Skincare

Ini Dia 9 Micellar Water Tanpa Alkohol yang Cocok Untuk Semua Jenis Kulit dan Gak Bikin Iritasi

5 Alasan Mengapa Kamu Harus Menghindari Skincare yang Mengandung Alkohol

Perhatikan Kandungan Alkohol dalam Produk Perawatan Kecantikanmu

Kandungan Alkohol Bikin Kulit Kamu Makin Kering? Yuk Cari Tahu Solusinya!

Leave a Comment
LATEST NEWS
POPULAR
SUBSCRIBE OUR NEWSLETTER