BEAUTY

Viral Istilah Fungal Acne, Yuk Cek Fakta Kebenarannya Menurut dr. Richard Lee!

Thursday, 08/10/2020 10:10 WIB by Niken Pangesti , Facetofeet
Viral Istilah Fungal Acne, Yuk Cek Fakta Kebenarannya Menurut dr. Richard Lee!
freepik.com

Girls, belakangan ini fungal acne memang menjadi topik baru yang hits di kalangan dunia kecantikan. Menurut berbagai sumber, fungal acne memiliki bentuk seperti jerawat yang disebabkan oleh jamur Malassezia Folliculitis. Gejala fungal acne adalah jerawat yang nggak kunjung sembuh, memiliki rasa gatal serta nggak bisa mereda dengan obat jerawat biasa.

Akan tetapi, seorang dokter bernama dr. Richard Lee memberikan pernyataan lain terkait fungal acne. Dilansir dari akun YouTubenya, dr. Richard Lee mengatakan bahwa Ia belum pernah mendengar istilah ‘fungal acne’ sebelumnya. Maka dari itu, menurutnya istilah fungal acne nggak sepenuhnya benar girls. Acne atau jerawat merupakan masalah kulit yang sudah jelas disebabkan oleh bakteri. Sementara penyakit kulit yang satu ini disebabkan oleh jamur sehingga nggak bisa disebut acne.

Ia juga menjelaskan bahwa jerawat dan masalah kulit yang disebut Malassezia Folliculitis memang memiliki bentuk yang serupa dan hanya bisa didiagnosis oleh dokter. Perbedaan jerawat dan Malassezia Folliculitis yakni, kalau jerawat biasanya disertai dengan komedo dan lebih sering muncul di wajah dibanding pada kulit tubuh. Sementara menurut berbagai jurnal, Malassezia Folliculitis lebih sering terdapat di tubuh dibanding pada wajah dengan bentuk bulatan yang teratur, berbaris dan terasa gatal karena disebabkan oleh jamur.

 

 

Selain itu, jerawat merupakan masalah kulit yang umum terjadi pada kulit sementara fungalacne atau Malassezia Folliculitis kasusnya sangat jarang ditemukan! Kalau pun ada, akan lebih mudah terdapat pada kulit pria dengan perbandingan 6:1.

Hal lainnya yang ditekankan dr. Richard Lee adalah masalah diagnosis fungal acne girls. Berbeda dengan jerawat yang bisa didiagnosa dan diatasi sendiri, fungal acne harus didiagnosa dengan dokter kulit melalui berbagai proses pemeriksaan. Maka dari itu, tidak tepat untuk mendiagnosa sendiri masalah fungal acne kalau hanya dilihat dari ciri-cirinya saja.

Beberapa pemeriksaan penunjang untuk mendiagnosis fungal acne meliputi menggunakan wood lamp dan hasil lab pada kulit. Dengan hasil pemeriksaan tersebut, barulah bisa ditentukan apakah ini masalah kulit yang disebabkan oleh jamur atau bukan. Penggunaan obat dalam tertentu yang ditunjukan untuk mengatasi masalah jamur pada kulit juga nggak diperbolehkan tanpa pengawasan dokter ya girls.

 

Baca juga:

Kenali Fungal Acne dan Cara Ampuh Mengatasinya

Ini Dia Deretan Sunscreen yang Bisa Digunakan Pemilik Fungal Acne

Berikut Ini Deretan Facial Wash yang Aman Digunakan Pemilik Fungal Acne Girls!

Aman Untuk Kulit Sensitif dan Berjerawat, Berikut Ini Rekomendasi Sunscreen Untuk Kulit Acne-Prone

Ini Dia 5 Bentuk Acne Scars yang Wajib Kamu Tahu dan Cara Mengatasinya

Leave a Comment
LATEST NEWS
POPULAR
SUBSCRIBE OUR NEWSLETTER