BEAUTY

Wajib Tahu, Ini Kegunaan Serta Pengaruh Buruk Alkohol Denat Bagi Kulit

Thursday, 19/11/2020 15:03 WIB by Niken Pangesti , Facetofeet
Wajib Tahu, Ini Kegunaan Serta Pengaruh Buruk Alkohol Denat Bagi Kulit
cosmopolitan.com

Girls alkohol sering disebut-sebut sebagai kandungan skincare yang berbahaya bagi kulit. Alasannya adalah alkohol dapat menghilangkan hidrasi pada kulit sehingga jadi lebih cepat kering. Selain itu, banyak yang mengatakan bahwa alkohol dapat berpotensi menyebabkan iritasi pada kulit dan berbagai masalah lainnya. Namun, perlu kamu tahu nggak semua alkohol yang digunakan pada skincare jenisnya sama. Hingga kini ada beragam jenis alkohol yang digunakan pada skincare lho. Sebagian jenisnya mungkin memang kurang baik untuk kulit, tapi ada beberapa jenis alkohol yang bisa memberikan manfaat pada produk skincare kamu.

Jenis Alkohol Baik Serta Maanfaatnya

Beberapa jenis alkohol baik biasanya diambil dari minyak alami kelapa. Manfaatnya adalah melembapkan kulit, membantu bahan skincare lainnya meresap ke dalam kulit serta meningkatkan stabilitas skincare. Beberapa jenis alkohol baik yaitu, cetyl alcohol, cetearyl alcohol, stearyl alcohol, behenyl alcohol, arachidyl alcohol, dan myristyl alcohol.

Jenis Alkohol Buruk

Sementara beberapa jenis alkohol memiliki sifat buruk yang dapat menghilangkan hidrasi dan minyak alami yang dibutuhkan untuk menjaga kelembapan. Hasilnya kulit pun jadi lebih kering hingga mengalami dehidrasi. Alkohol buruk ini sering disukai oleh pemilik kulit berminyak karena dapat memberikan sensasi kulit yang bebas dari minyak. Akan tetapi, reaksi tersebut hanya awalnya saja girls. Cairan pada kulit dapat terkikis bersama minyak lalu menyebabkan kulit menjadi kekeringan, selanjutnya kulit pun akan memproduksi lebih banyak minyak sebagai bentuk perlindungan. Beberapa jenis alkohol buruk yang sebaiknya dihindari adalah Denatured alcohol (alkohol denat), Isopropyl alcohol, Ethanol, Methanol, dan Benzyl alcohol.

Apa yang Dimaksud Alkohol Denat?

Salah satu jenis alkohol yang sering banget ditemukan pada produk kecantikan seperti toner, serum, masker dan sebagainya adalah alkohol denat. Biasanya alkohol denat digunakan pada skincare untuk membuat produk mudah diaplikasikan, menyerap ke kulit lebih cepat, serta sebagai pengawet. Sifat alkohol denat sendiri biasanya adalah terasa ringan, cepat terserap dan kering serta mudah menguap. Alkohol denat biasanya hadir dalam skincare berbentuk cair atau gel yang dikenal dengan sifat ringan atau rasa dingin yang membuat sejuk.

Hal yang membuat alkohol denat menjadi buruk adalah ketika menguap Ia akan membawa cairan dan minyak yang ada di kulit sehingga dapat memberikan efek buruk yakni menghilangkan kelembapan. Selanjutnya kulit pun akan terasa kering, dehidrasi atau bahkan iritasi. Pada kulit berminyak, kehilangan cairan ini pada awalnya akan menyebabkan kulit terasa kesat bebas minyak, tapi kemudian kulitmu akan memproduksi lebih banyak minyak sebagai bentuk perlindungan. Hasilnya produksi minyak semakin tidak terkontrol, pori-pori menjadi lebih besar, serta mudah mengalami jerawat dan komedo.

Karena efek buruknya, sebaiknya alkohol denat mulai dihindari dalam kandungan skincare kamu, apalagi untuk dipakai dalam jangka panjang. Cara paling tepat untuk menjaga kulit dari alkohol denat adalah selalu membaca label kemasan atau ingredients sebelum membeli produk.

 

Baca juga:

4 Jenis Alkohol Buruk Ini Sebaiknya Dihindari Dalam Produk Skincare

Perhatikan Kandungan Alkohol dalam Produk Perawatan Kecantikanmu

Bagaimana Kandungan Alkohol, Paraben dan Wewangian Mempengaruhi Kulit Sensitif? Cek Disini Yuk!

Ini Dia 9 Micellar Water Tanpa Alkohol yang Cocok Untuk Semua Jenis Kulit dan Gak Bikin Iritasi

Cari Tahu Apa Sih Kelebihan dan Kekurangan Penggunan Alkohol Dalam Produk Skincare?

Leave a Comment
LATEST NEWS
POPULAR
SUBSCRIBE OUR NEWSLETTER