BEAUTY

Apa Sih yang Membedakan Jerawat Karena Stress dengan yang Lainnya? Yuk Cari Tahu Jawabannya Disini!

Monday, 25/01/2021 15:03 WIB by Niken Pangesti , Facetofeet
Apa Sih yang Membedakan Jerawat Karena Stress dengan yang Lainnya? Yuk Cari Tahu Jawabannya Disini!
pinterest.com

Girls, pernah nggak sih merasakan stress karena banyaknya beban pikiran hingga menimbulkan jerawat? Yap, ternyata selain hormon dan pengaruh kebersihan wajah, stress pun bisa jadi penyebab munculnya jerawat di kulit kita lho! Dilansir dari Byrdie.com (25/01/2020), dokter kulit bersertifikat bernama Donna Hart, MD, FAAD menjelaskan bahwa “Ketika kita merasakan stress, hormon stress yang bernama kortisol akan meningkat dan memicu kelenjar minyak atau sebasea dalam kulit untuk memproduksi lebih banyak minyak. Kemudian hal itulah yang memicu munculnya jerawat.” ucapnya.

Proses tersebut tampak mirip dengan jerawat hormonal yang biasanya dialami para perempuan menjelang menstruasi. Hanya saja hormon yang memicunya berbeda girls. Jerawat hormonal biasanya akan mereda dengan sendirinya ketika siklus mensturasi berakhir, tapi jerawat karena stress biasanya akan muncuk secara terus-menerus ketika kamu merasakan penat, banyak pikiran, tertekan, cemas dan emosi negatif lainnya.

Bagaimana Stress Acne Bisa Muncul?

Sebagian dari kamu mungkin akan bertanya-tanya apa hubungannya stress dengan jerawat di wajah? Menurut Sonia Vaidian, MD dari EHE Health, “Stress dan perilaku emosional akan memicu pelepasan hormon kortisol yang tinggi di dalam tubuh. Ketika kadar hormon kortisol tinggi, Ia akan membuat kerja sistem tubuh kita menjadi berlebihan. Maka dari itu, kamu akan merasakan jantung yang berdebar, perut yang terasa nggak nyaman dan reaksi aneh lainnya ketika merasakan stress. Hal tersebut juga terjadi pada kelenjar sebasea sehingga memproduksi minyak berlebihan. Dengan produksi minyak yang banyak, pori-pori pun akan mudah tersumbat sehingga jerawat mudah muncul di permukaan kulit kita girls.

Gimana Sih Ciri Jerawat Stress?

Menurut dr. Green ahli kulit bersertifikat dari New York, “Stress acne biasanya muncul di tempat yang sama berulang kali dan menjadi sangat kronis karena mereka menumpuk banyak minyak selama berhari-hari ataupun berminggu-minggu. "

Selain itu, Ia pun menjelaskan kalau stress acne biasanya muncul di area wajah yang paling berminyak seperti T-zone atau pipi. Ketika akan muncul, stress acne pun menimbulkan gejala unik seperti pori-pori yang membesar, munculnya white heads, kulit yang bertekstur, kemerahan hingga gatal.”

Cara Mengatasi Stress Acne

Untuk mengatasi acne stress, kamu dapat memilih skincare dengan kandungan benzoyl peroxide atau salicylic acid yang dapat meredakan masalah jerawat girls. Untuk meredakan rasa perih atau peradangan, kompreslah jerawat menggunakan air dingin selama 5 menit setiap hari. Selanjutnya, pastikan juga untuk belajar mengelola stress dengan cara melakukan hal-hal yang kamu sukai, istirahat yang cukup dan rutin berolahraga.

 

Baca juga:

Semua yang Ingin Kamu Tahu Tentang Bekas Jerawat

Rekomendasi Produk Skincare yang Ampuh Mengatasi Jerawat!

Bagaimana Cara Membedakan Bintik Gelap & Bekas Jerawat?

5 Rekomendasi Sheet Mask yang Cepat Redakan Jerawat

Wajib Tahu Girls! 8 Kandungan Skincare Ini Bermanfaat Untuk Merawat Jerawat

Leave a Comment
LATEST NEWS
POPULAR
SUBSCRIBE OUR NEWSLETTER