BEAUTY

Hybrid, Young, & Be Quick Jadi Karakter K-Beauty Terkini, Yuk Pahami Penjelasannya!

Monday, 14/06/2021 12:12 WIB by Niken Pangesti , Facetofeet
Hybrid, Young, & Be Quick Jadi Karakter K-Beauty Terkini, Yuk Pahami Penjelasannya!
pinterest.com

Selain k-pop dan drama, K-Beauty menjadi tren yang punya banyak penggemar di seluruh dunia nih girls. Banyak hal yang membuat tren K-Beauty dapat diterima di seluruh belahan dunia diantaranya adalah pengaruh Korean Wave serta inovasi terbaru yang selalu dihadirkan girls. Salah satu inovasi K-Beauty yang kini ramai diperbincangkan adalah istilah HYBRID yang merpakan singkatan dari “Hibrida, Young, Be Quick, Reasonable, Idol, Derma”. Beberapa karakteristik yang mendefinisikan K-Beauty diantaranya ialah “Hybrid / Hibrida”, “Young”, dan “Be Quick”. Tiga karakter ini dianggap sebagai karakteristik awal yang membuat K-Beauty mudah diterima masyarakat dunia, termasuk Indonesia.

Karakteristik Hibrida atau Hybrid, merupakan inovasi penggabungan dua elemen makeup & skincare dalam satu produk kecantikan. Produk Hibrida dipercaya memiliki manfaat lebih besar bagi kesehatan kulit. Jenis produk hibrida dapat berupa base makeup seperti Serum Cushion, Tinted Moisturizer, Tinted Sunscreen, Serum Concealer dan lain sebagainya, hingga decorative makeup seperti eyelash serum mascara, tinted lip balm, lip tint serum, dan lain-lain. Inovasi ini dipopulerkan oleh K-Beauty, dan menjadi semakin populer terutama di masa pandemi COVID-19. Dikarenakan kebutuhan serta keinginan pasar terhadap produk yang mempercantik wajah, merawat, serta menjaga kulit semakin tinggi, terlebih karena penggunakan masker sehari-hari.

source : Instagram @avoskinbeauty

Di Indonesia yang memiliki cuaca panas dan lembab, produk kecantikan yang tidak menimbulkan masalah kulit seperti jerawat, iritasi, dan tidak menyumbat pori-pori sangatlah diminati. Hal ini membuat produk dengan inovasi hibrida mulai dicari oleh konsumen, sehingga diperlukannya adaptasi dari berbagai merk kecantikan lokal untuk membuat produk dengan inovasi terkini layaknya produk K-Beauty.

Saat ini, beberapa merk kecantikan lokal yang telah terinspirasi untuk memproduksi produk kecantikan hibrida dan terbilang sukses menembus pasar kosmetik Indonesia. K-Beauty juga dikenal karena karakteristik Young, yang menggambarkan keceriaan, keunikan, minimalis, dan kesan muda. Hal ini tercerminkan pada jenis dan fungsi produk yang cenderung disesuaikan dengan kebutuhan serta keinginan pasar segmentasi usia muda; kemasan yang unik, menarik, namun tetap simpel & nyaman digunakan; dan pemilihan warna, tekstur, dan aspek formulasi lainnya yang menunjukkan kesan enerjik, ceria, dan kesan muda.

Karakter “Young” juga memiliki kesinambungan dengan karakteristik K-Beauty lainnya yakni “Be Quick”, yang mencerminkan kecepatan, kepraktisan, dan kemudahan dalam memperoleh serta menggunakan produk kecantikan.

Karakterisitk K-Beauty berupa Young dan Be Quick sangat tepat apabila diterapkan dalam mengembangkan kosmetik di Indonesia, mengingat pasar kosmetik Indonesia saat ini didominasi oleh millenials (Gen Y) dan Gen Z yang memiliki rerata usia cenderung muda.

Pasar kosmetik Indonesia yang cenderung memiliki mobilitas tinggi dan mengedepankan kepraktisan juga membuat pentingnya nilai Be Quick untuk diadaptasi. Saat ini, berbagai merk kecantikan Indonesia telah mengadaptasi kesan enerjik nan muda, serta kecepatan dan kemudahan dalam menggunakan produk.

Namun, industri kosmetik Indonesia masih banyak tertinggal dalam segi kemasan, yang mana saat ini beberapa merk masih menggunakan kemasan yang terkesan kuno dan kaku. Inovasi dalam kemasan yang telah dilakukan K-Beauty seperti eco-packaging juga masih belum terlihat memasuki pasar kosmetik Indonesia, sehingga perlu sekali bagi pelaku dalam industri kecantikan untuk mengadaptasi inovasi terkait dalam menciptakan produk berkualitas tinggi layaknya produk K-Beauty.

Dalam rangka mendukung kemajuan industri kecantikan lokal Indonesia, PT Cosmax Indonesia berkomitmen dan menjamin dapat memproduksi makeup dan skincare berkualitas tinggi dengan karakteristik K-Beauty yang tepat bagi merk-merk kosmetik lokal. Kemampuan PT Cosmax Indonesia dalam memproduksi produk kosmetik yang terinspirasi dengan karakteristik K-Beauty telah dibuktikan dengan kehadiran berbagai produk Hybrid, Young, & Be Quick seperti BLP Beauty x Avoskin Tinted Sunscreen, Joylab Skintone Moisture Tint - Tinted Moisturizer, dan lain sebagainya. Sebagai perusahaan yang merepresentasikan K-Beauty pertama kalinya di Indonesia, PT Cosmax Indonesia akan terus mengedukasi masyarakat melalui terkait masing-masing aspek yang membentuk K-Beauty melalui istilah H.Y.B.R.I.D yang sebelumnya diperkenalkan. Bekerjasama dengan merk, PT Cosmax Indonesia berharap dapat membantu memberi informasi, menginspirasi dan mengembangkan produk kosmetik lokal yang dapat setara atau bahkan dapat melampaui K-Beauty.

 

Baca juga:

Rutinitas Kecantikan Jadi Lebih Praktis dan Minimalis, Yuk Kenalan dengan Istilah "Hybrid"

Ini Berbagai Kandungan Alami yang Mulai Digunakan Pada Skincare Korea

Ini 5 Tren Makeup Korea yang Sedang Populer dan Mudah Diikuti

Wajib Punya! Ini Dia Deretan Skincare Asal Korea dengan Kemasan yang bikin Gemes

Yuk Kenalan dengan Istilah Phyto Chemical! Pemrosesan Bahan Alami Untuk Kandungan Skincaremu (Source : PT COSMAX Indonesia)

Leave a Comment
LATEST NEWS
POPULAR
SUBSCRIBE OUR NEWSLETTER