BEAUTY

Bener Nggak Sih Blue Light Membahayakan Kulit? Yuk Simak Penjelasannya

Tuesday, 22/06/2021 17:05 WIB by Niken Pangesti , Facetofeet
Bener Nggak Sih Blue Light Membahayakan Kulit? Yuk Simak Penjelasannya
pinterest.com

Girls, belakangan ini blue light merupakan topik yang cukup sering diperbincangkan. Kabarnya sinar blue light yang berasal dari gadget, seperti laptop, televisi dan smartphone memiliki dampak negatif yang besar, terkhusus bagi kesehatan kulit. Lantas, gimana ya penjelasan dari topik tersebut? Pastikan baca artikel ini hingga selesai ya!

Kenalan dengan Blue Light

Untuk mengetahui tentang blue light lebih mendetail, kita harus sedikit mengulas pelajaran IPA terlebih dahulu nih girls. Blue light merupakan salah satu jenis cahaya yang terbentuk dari elektromagnetik yang berpindah dalam gelombang. Nah, gelombang tersebut mengeluarkan energi yang panjangnyanya berbeda. Makin pendek panjang gelombangnya, maka makin besar energi yang dipancarkan.

Di antara banyaknya sinar, mata manusia hanya mampu melihat sebuah spektrum warna yang dinamakan visible light. Sinar tersebut terlihat sebagai warna yaitu: ungu, nila, biru, hijau, kuning, jingga, dan merah. Ternyata dibandingkan sinar warna yang lain, warna biru memiliki gelombang pendek dengan energi yang sangat besar. Banyak peneliti yang mengungkapkan kalau blue light tersebut sangat berpengaruh terhadap kesehatan tubuh, termasuk untuk mata dan kulit!

source : winpoin.com

Bahaya Blue Light Untuk Kulit

Bahkan, gelombang pancaran dari blue light lebih berbahaya dari paparan sinar UV lho! Beberapa ahli menjelaskan kalau sinar UV kebanyakan hanya merusak kulit dibagian permukaanya saja, sementara blue light mampu tembus hingga ke lapisan terdalam dan merusak sel kulit. Kalau terjadi secara terus-menerus, blue light dapat merusak produksi kolagen dan elastin di dalam kulit sehingga wajah lebih mudah mengalami penuaan.

Dengan efeknya yang dapat merusak kolagen dan elastin, blue light menyebabkan banyak efek negatif seperti merusak skin barrier, menimbulkan hiperpigmentasi sehingga kulit tampak kusam dan banyak noda hitam, timbul garis halus, kerutan dan menyebabkan kulit kendur. Wah pastinya nggak mau kan ini terjadi pada kulitmu?

Cara Mencegah Dampak Negatif Blue Light

Setelah mengetahui efek negatif blue light, pastinya kita ingin mencegahnya kan? Meski paparan blue light pada smartphone dan laptop masih terbilang kecl, tapi alat-alat tersebut kita gunakan setiap hari dalam jangka waktu yang panjang. Jika tak diperhatikan, sedikit demi sedikit blue light akan mempengaruhi kesehatan kulit kita girls.

Banyak hal sederhana yang bisa meminimalisir efek blue light seperti mengatur cahaya smartphone menjadi lebih redup dan hangat atau mengaktifkan night mode. Selain itu batasi juga penggunaan smartphone, dan lebih menyibukkan diri dengan aktivitas lainnya di “dunia nyata.” Kalau diharuskan menggunakan laptop selama berjam-jam, pastikan untuk istirahat dan beralih dari layar laptop dalam kurun waktu tertentu. Misalkan setiap 1 jam bekerja dengan laptop, istirahat selama 5 menit.

Selain mengubah kebiasaan, kamu juga dapat mencoba beberapa skincare yang diklaim dapat melindungi kulit dari paparan blue light. Yap, klaim skincare tersebut sedang hits belakangan ini dan semakin diminati oleh masyarakat, terutama di era daring seperti saat ini. Tertarik mencobanya?

 

Baca juga:

Kebiasaan Sehat untuk Dapatkan Beauty Trend Kulit Glowing

Lakukan Kebiasaan Pagi Ini Untuk Dapatkan Kulit Sehat dan Glowing

Tips Agar Kulit Sehat Selama Musim Pancaroba

Mau Tahu Rahasia Kulit Sehat dan Becahaya? Produk Ini Adalah Kunci Sederhananya

Mau Kulit Wajah Sehat dan Awet Muda? Yuk Intip Tips Self-Care ala Aktris Oh Yeon Seo

Leave a Comment
LATEST NEWS
POPULAR
SUBSCRIBE OUR NEWSLETTER