BEAUTY

Ramai Produk Tinted Sunscreen, Apakah Lebih Efektif Dibanding Sunscreen Biasa?

Friday, 25/06/2021 10:10 WIB by Niken Pangesti , Facetofeet
Ramai Produk Tinted Sunscreen, Apakah Lebih Efektif Dibanding Sunscreen Biasa?
stylevana.com

Belakangan ini tinted sunscreen menjadi produk yang sedang ramai di kalangan beauty enthusiast nih girls. Produk ini menghadirkan konsep hybrid yang menggabungkan fungsi skincare sekaligus makeup. Tinted sunscreen tak hanya memiliki kandungan yang dapat melindungi kulit dari paparan sinar UV saja, tetapi juga memiliki filter mineral yang terdiri dari zinc oxide, titanium oxide, serta pigmen untuk memberi warna pada kulit. Ets, tak hanya itu saja pigmen pewarna tersebut juga ternyata berperan dalam memantulkan pancaran sinar yang disebut Visible Light lho!

Apa itu Visible Light?

Sesuai dengan terjemahan katanya, Visible Light merupakan cahaya dari gelombang elektormagnetik yang dapat dilihat mata kita. Visible Light biasanya dihasilkan oleh smartphone, laptop, televisi, sorot lampu dan sebagainya. Ets, memangnya apa sih dampak visible light? Beberapa penelitian menyebutkan kalau visible Light memiliki energi yang tergolong besar dan mampu menembus lapisan kulit terdalam lalu menimbulkan kerusakan disana lho! Beberapa masalah kulit yang timbul karena efek visible light adalah hiperpigmentasi, melasma, penuaan kulit dan kerusakan DNA! Mengerikan banget kan?

Bagaimana Cara Tinted Sunscreen Melindungi Kulit dari Visible Light?

Singkatnya, cahaya tampak atau visible light dapat ditangkal dengan sunscreen yang terlihat juga (memiliki pigmen pewarna). Sementara, pada sunscreen biasa hanya dapat melindungi dari sinar UVA dan UVB aja nih. Hal tersebut dikarenakan sunscreen biasa memiliki broad spectrum berukuran nano sehingga tampak transparan dan tak meninggalkan white cast (bekas berwarna putih) ketika diaplikasikan pada kulit.

Lantas, Jenis Sunscreen Apa yang Terbaik?

Sesuai dengan penjelasan di atas, tinted sunscreen merupakan produk dengan manfaat yang lengkap. Ia dapat melindungi kulit dari sinar UV, visible light serta memberikan warna pada kulit sehingga dapat memberikan efek cerah seketika. Tinted sunscreen dapat menjadi pilihan yang tepat bagi orang-orang yang hanya berkegiatan di dalam rumah dan sering terpapar visible light. Selain itu, tinted sunscreen juga sangat praktis untuk kamu yang ingin tampil dengan makeup yang coverage-nya ringan.

Sementara sunscreen biasa bisa kamu aplikasikan ketika ingin tampil dengan makeup yang coverage-nya tinggi. Aplikasikan sunscreen sebelum menggunakan makeup, lalu lapisi lagi dengan foundation atau cushion favoritmu. 

 

Baca juga:

Bebas Kusam Seharian! Ini 6 Sunscreen dengan Formula Ringan yang Bisa Mencerahkan Kulitmu

Bukan Cuma Asal Pakai Sunscreen, Begini 5 Cara Tepat Untuk Melindungi Tubuhmu Dari Sinar Matahari

Melindungi Sekaligus Meratakan Warna Kulit! Ini 5 Rekomendasi Tinted Sunscreen Terbaru

Menjelang Musim Kemarau, Selain di Wajah Jangan Lupa Oleskan Sunscreen di Bagian Tubuh Ini

Berdasarkan Fitzpatrick Skin Types, Begini Caranya Memilih Tingkat SPF Pada Sunscreen

Leave a Comment
LATEST NEWS
POPULAR
SUBSCRIBE OUR NEWSLETTER