BEAUTY

Yuk Cari Tahu Apa Penyebab Milia dan 4 Tips Mengatasinya!

Tuesday, 13/07/2021 11:11 WIB by Niken Pangesti , Facetofeet
Yuk Cari Tahu Apa Penyebab Milia dan 4 Tips Mengatasinya!
mynet.com, allure.com

Girls, pernah melihat atau bahkan memiliki bintik-bintik putih kecil di sekitar mata dan pipi? Itulah yang dinamakan milia! Meski bintik putih ini tak terasa gatal atau sakit, kehadirannya bisa sangat mengganggu penampilan. Milia sendiri berisi protein dan keratin di kulit, berbeda dari komedo yang isinya sebum atau minyak berlebih girls. Sementara penyebabnya adalah penumpukan sel kulit mati yang bercampur dengan sebum sehingga membentuk tumpukan keratin di kulit.

Penyebab Timbulnya Milia

Beberapa kebiasaan sehari-hari turut jadi faktor penyebab milia. Beberapa diantaranya adalah jarang melakukan eksfoliasi sehingga sel kulit mati terus menumpuk, tak menjaga kebersihan muka, serta kulit yang terlalu sering terpapar sinar matahari. Ketika sel kulit mati sebum terus menumpuk, pori-pori kulit pun akan tersumbat sehingga milia akan timbul.

Lantas, Gimana Sih Cara Ampuh Mengatasi Milia?

Sebenarnya, milia akan hilang dengan sendirinya tanpa perlu penanganan khusus girls. Tapi kalau terasa mengganggu, kamu pun bisa melakukan treatment di klinik kencantikan untuk menghilangkannya. Hindari untuk memencet atau mengelupas milia sendiri, karena hal tersebut sangat berbahaya dan dapat menimbulkan masalah kulit lain.

Untuk mempercepat hilangnya milia, kamu harus fokus menjaga kebersihan kulit girls. Beberapa tips yang bisa kamu lakukan adalah :

  • Terapkan Double Cleansing Tiap Pagi dan Malam Hari

Membersihkan wajah dengan sabun cuci muka saja nggak cukup girls! Pada umumnya, sabun cuci muka hanya menghilangkan kotoran dan minyak di permukaan terluar aja, tapi tak sampai ke bagian kulit lebih dalam dan pori-pori. Maka dari itu, ketika ada milia kamu harus menerapkan double cleansing di pagi dan malam hari. Hal tersebut akan memastikan kulit benar-benar bersih dari minyak, kotoran dan sisa makeup hingga ke lapisan terdalam. Hasilnya, tak ada masalah pori tersumbat yang menyebabkan milia.

  • Eksfoliasi Kulit Secara Lembut

Selain membersihkan kulit secara optimal, pastikan juga untuk menghilangkan sel kulit mati yang menumpuk dengan melakukan eksfoliasi. Eksfoliasi sendiri terdiri dari 2 macam, yakni physical alias secara fisik dengan produk berupa scrub, atau chemical dengan produk berupa toner atau serum yang memiliki kandungan AHA/BHA. Karena bermanfaat untuk mengelupas sel kulit mati, eksfoliasi tak boleh dilakukan terlalu sering/berlebihan. Cukup 1-2x saja perminggu supaya kulit tak iritasi.

  • Gunakan Produk Retinol

Kalau kamu berusia 20 tahunan keatas, produk dengan formula retinol juga bisa digunakan untuk mengatasi milia lho girls. Selain mengatasi dan mencegah penuaan dini, retinol juga dapat mempercepat regenerasi sel kulit sehingga milia yang timbul bisa cepat hilang. Sama seperti eksfoliasi, penggunaan produk dengan kandungan retinol sebaiknya digunakan 1-2x saja perminggu di malam hari. Pastikan juga untuk selalu menggunakan sunscreen di pagi hari, karena retinol menyebabkan kulit lebih rentan terhadap paparan matahari.

  • Lakukan Perawatan Ekstrasi Manual

Kalau perawatan skincare saja dirasa tak cukup untuk mengatasi milia, kamu dapat melakukan perawatan ekstrasi secara manual girls. Datanglah ke klinik kecantikan atau dokter spesialis kulit untuk menghilangkan milia secara cepat dan tepat. Perawatan ekstrasi ini dilakukan dengan cara melubangi milia lalu mengeluarkan isinya dengan alat khusus.

 

Baca juga:

3 Cara Untuk Menghilangkan Milia di Kulit Wajah

Punya Milia Di Wajah? Sebelum Diobati Yuk Kenali Dulu Jenis-jenisnya!

5 Kandungan Antioksidan yang Penting Ada di Proses Eksfoliasi Kamu, Girls!

Girls, Ini yang Perlu Kamu Tahu Tentang Eksfoliasi!

Untuk Kamu yang Kulitnya Sensitif, Ini 5 Cara yang Tepat untuk Eksfoliasi

Leave a Comment
LATEST NEWS
POPULAR
SUBSCRIBE OUR NEWSLETTER