BEAUTY

Wajib Tahu! Ini Alasan Mengapa Kamu Harus Menghindari Antiperspirant dalam Produk Deodoran

Tuesday, 07/12/2021 12:12 WIB by Niken Pangesti , Facetofeet
Wajib Tahu! Ini Alasan Mengapa Kamu Harus Menghindari Antiperspirant dalam Produk Deodoran
freepik.com

Sebagian besar orang tentunya sudah nggak asing dengan deodorant atau antiperspirant. Bagaimana tidak, sebagian besar orang menggunakan produk tersebut hampir setiap hari dengan tujuan untuk mengurangi aroma tidak sedap pada badan. Tapi ternyata, kandungan antiperspirant punya manfaat negatif yang kurang baik bagi tubuh lho girls! Simak terus artikel ini untuk tahu info lengkapnya ya!

Perbedaan Antiperspirant dan Deodorant

Meski sering dianggap punya fungsi yang sama, ternyata antiperspirant dan deodoran memiliki perbedaan yang jelas girls. Dilansir dari Alodokter (07/12/2021), deodorant adalah kandungan yang bermanfaat untuk menghilangkan bau badan atau ketiak akibat pertumbuhan bakteri. Sementara Antiperspirant bekerja dengan cara menyumbat kelenjar keringat di ketiak sehingga produksi keringat akan berkurang. Hingga kini, ada produk yang mengkombinasikan kedua bahan tersebut, tapi masih banyak juga yang hanya menggunakan salah satunya saja.

Karena antiperspirant bekerja dengan cara menyumbat kelenjar keringat, banyak ahli kecantikan & kesehatan yang berpendapat kalau kandungan ini kurang baik kalau digunakan, apalagi dalam jangka waktu yang lama girls. Bahkan, Food and Drug Administration Amerika Serikat menyatakan bahwa deodoran adalah produk kosmetik, sementara antiperspirant merupakan obat yang bisa berpengaruh terhadap fungsi tubuh lho!

Bahaya Antiperspirant

Seperti yang sudah sedikit disinggung di atas, antiperspirant bekerja dengan cara menyumbat kelenjar keringat dengan kandungan alumunium. Ketika baru mengenakannya, mungkin akan terasa nyaman karena tak ada lagi keringat berlebih yang membuat ketiak basah dan bau tak sedap. Tapi bagimana efeknya kalau digunakan dalam jangka panjang? Terlebih lagi, kita mengetahui kalau keringat memang sudah seharusnya dikeluarkan secara alami dari tubuh.

Dengan cara kerja antiperspirant, banyak ahli yang menyatakan bahwa keringat yang tak keluar serta kandungan alumunium dalam antiperspirant akan menimbulkan berbagai masalah kesehatan seperti alergi, iritasi, bahkan penyakit berbahaya seperti kanker, alzheimer, dan kerusakan ginjal lho! Wah bahaya banget kan.

Nggak hanya itu, ada juga yang menyatakan kalau penyumbatan keringat pada kelenjar nantinya justru akan membuat produksi keringat semakin banyak serta memicu pertumbuhan bakteri buruk yang bikin bau badan semakin menyengat.

Lantas Gimana Solusinya?

Untuk mencegah bau badan dengan cara yang minim risiko, maka sebaiknya kamu segera menjauhi produk dengan kandungan antiperspirant girls. Sebagai alternatif, gunakanlah deodorant yang terbuat dari bahan natural dan minim efek negatif. Selain itu, pastikan selalu menjaga kebersihan area ketiak dengan rutin mencukur dan mengaplikasikan scrub untuk menghilangkan sel kulit mati dan kotoran yang menempel. Untuk perawatan dari dalam, kamu dapat mengkonsumsi aneka sayuran dan buah seperti tomat, teh hijau, dan seledri yang mampu melawan bakteri penyebab bau tak sedap pada tubuh.

 

Baca juga:

Tahu Nggak, Ternyata Deodoran Stik Bisa Digunakan Juga Untuk 3 Hal Tak Terduga Ini Lho!

Yuk Kenalan dengan Manfaat Natural Deodorant Serta 5 Rekomendasi Produknya!

Takut Pakai Deodoran? Tenang, 5 Bahan Simpel Ini Bisa Jadi Alternatif

Ternyata, Kita Menggunakan Deodoran dengan Cara yang Salah!

6 Deodoran Berbahan Alami yang Wajib Dicoba Si Pecinta Organik

Leave a Comment
LATEST NEWS
POPULAR
SUBSCRIBE OUR NEWSLETTER