BEAUTY

Sociolla & Sukin Berkolaborasi Luncurkan Recycle Station Skala Nasional untuk Promosikan Sustainable Beauty

Sunday, 06/03/2022 17:05 WIB by Niken Pangesti , Facetofeet
Sociolla & Sukin Berkolaborasi Luncurkan Recycle Station Skala Nasional untuk Promosikan Sustainable Beauty
Sociolla

Sebagian besar perempuan pastinya tak bisa lepas dari skincare, makeup, body care, atau hair care. Dalam jangka waktu satu bulan saja, tentu ada produk yang baru dibeli dan harus dibuang karena habis. Tanpa sadar, sampah penggunaan produk kecantikan pun turut mendukung pencemaran lingkungan di bumi ini girls. Sebagai solusinya, beberapa waktu belakangan para pencinta lingkungan mulai lebih peduli dan membuat prinsip yang dinamakan sustainable beauty atau kecantikan yang berkelanjutan. Sociolla sebagai perusahaan ritel ternama dari Indonesia pun berusaha mendukung program Sustainable Beauty girls. Beberapa langkah yang dilakukan, diantaranya adalah meluncurkan program daur ulang berskala nasional yang bertajuk Waste Down Kindness Up: Sukin x Sociolla Recycle Station, dan didukung juga oleh Waste4Change.

Recycling Station ini akan hadir di semua gerai omnichannel Sociolla yang tersebar di 34 lokasi di penjuru Indonesia untuk mempromosikan perilaku belanja produk kecantikan yang lebih bertanggung jawab lagi terhadap lingkungan di kalangan para penggiat kecantikan. Kini, mengimplementasikan prinsip 3R, yaitu Recycle, Reduce, Repeat, akan semakin mudah dan nyaman dilakukan sehari-hari.

Inisiatif ini merupakan kelanjutan dari program keberlanjutan jangka panjang dari Sociolla yang bertujuan untuk mendorong masa depan yang sustainable bagi industri kecantikan di Indonesia. Di bulan Januari lalu, Sociolla memperkenalkan langkah besar untuk mengatasi sampah dari produk kecantikan melalui kebijakan zero bubble wrap dan gerakan Waste Down Beauty Up untuk mendorong perilaku belanja produk kecantikan yang lebih bertanggungjawab dan ramah lingkungan.

Co-Founder & CMO Social Bella Indonesia, Chrisanti Indiana menyatakan, “Kami menyadari kesadaran penggiat kecantikan terhadap isu sustainability kian meningkat. Untuk dapat mengubah kesadaran tersebut menjadi tindakan nyata, mereka membutuhkan dukungan sepenuhnya dari industri kecantikan, termasuk edukasi dan sarana pendukung. Setelah sebelumnya mengadvokasi, mempromosikan, serta membantu pelanggan melakukan pembelian produk kecantikan secara bijak, kini Sociolla akan melanjutkan perjalanan kami untuk membantu para penggiat kecantikan dengan sarana pendukung berupa recycling station. Kami berharap Sociolla dapat terus mendukung mereka untuk merawat dirinya sembari tetap ikut menjaga lingkungan secara berkelanjutan. Melalui langkah-langkah kecil dan inovasi ini, bersama-sama kita masing-masing dapat menjadi agen perubahan bagi bumi dan lingkungan.”

Komitmen Sociolla terhadap sustainable beauty turut bersinergi dengan nilai yang dianut Sukin. Sebagai brand yang peduli akan masyarakat dan lingkungan, Sukin berkomitmen untuk memastikan kandungan produk, kemasan, hingga proses produksi dilakukan secara etis dan ramah lingkungan. “Kami harap kolaborasi ini dapat meningkatkan kesadaran para pecinta kecantikan untuk mengimplementasikan 3R, yaitu Recycle, Reduce, Repeat. Memperkuat upaya sustainability kami dalam menyebarkan kebaikan terhadap pelanggan dan bumi yang kita cintai melalui gerakan Waste Down Kindness Up, Sukin pun berharap dapat mengurangi hingga 1 ton limbah produk kecantikan di tempat pembuangan akhir dan juga menggunakan kemasan plastik yang 100% hasil daur ulang pada tahun 2025,” ujar Vania Anisya, Brand Manager of Sukin Indonesia.

Sukin X Sociolla Recycle Station akan segera tersedia di seluruh 34 Sociolla Stores di Indonesia untuk semakin meningkatkan lagi kesadaran dan mempermudah dalam melakukan implementasi 3R yaitu Recycle, Reduce, Repeat, di kalangan penggiat kecantikan Indonesia. Kedepannya, Recycle Station ini akan menjadi fitur wajib di setiap Sociolla Store baru. Untuk berpartisipasi dalam inisiatif Waste Down Kindness Up: Sukin X Sociolla Recycle Station, berikut langkah-langkah yang dapat dilakukan:

1. Collect The Empties: Kumpulkan dulu kemasan produk kecantikan dari brand apapun yang kamu miliki berdasarkan materinya, baik itu plastik, kaca dan lainnya dan mencopot label dari kemasan

2. Cleanse & Rinse: Pastikan kemasan produk kecantikan yang akan dikumpulkan untuk daur ulang sudah dicuci terlebih dahulu agar dalam keadaan bersih, kemudian keringkan dengan seksama, dan pastikan tidak ada lagi sisa produk di kemasan

3. Come & Drop It Off: Datangi Sociolla Store terdekat untuk drop off kemasan kosong produk kecantikan yang nantinya akan dikelola oleh mitra kami yaitu Waste4Change. Setiap 1 kemasan dapat ditukarkan dengan 5 SOCO Points. Kamu juga bisa menulis harapanmu untuk bumi atau kesan dan pesanmu terhadap program ini melalui sticker cantik yang telah tersedia untuk ditempelkan di Recycle Station yang tersedia.

Didukung oleh Waste4Change, sampah kemasan produk kecantikan yang terkumpul dalam Sukin X Sociolla Recycling Station akan didaur ulang menjadi material yang bermanfaat. Hal ini dapat membantu mengurangi jumlah sampah di Indonesia yang terus bertambah jika tidak dikelola dengan baik. Saka Dwi Hanggara, Campaign Manager of Waste4Change yang turut hadir dalam peluncuran gerakan Waste Down Kindness Up: Sukin X Sociolla Recycle Station menjelaskan, "KLHK menyebut total sampah nasional pada 2021 mencapai 68,5 juta ton. Dari jumlah itu, sebanyak 17 persen, atau sekitar 11,6 juta ton, disumbang oleh sampah plastik termasuk di antaranya wadah kosmetik dan perawatan kulit, dan bubble wrap. Kami percaya peran aktif semua pihak diperlukan untuk menangani masalah sampah di Indonesia. Itulah mengapa Waste4Change berkomitmen untuk terus mendukung kolaborasi baik antar pemerintah, pelaku industri, konsumen, swasta dan masyarakat pada umumnya dalam mengurangi dan mendaur ulang produk kemasan bekas pakai”.

Clara Devi, sebagai seorang beauty, lifestyle dan travel blogger, yang turut hadir untuk berbagi kisahnya di acara Waste Down Kindness Up: Sukin x Sociolla Recycle Station, mengatakan “Saya sangat menghargai upaya seperti yang dilakukan Sociolla dan Sukin, yang tidak hanya mendorong orang untuk menjadi konsumen yang lebih bijak untuk mengurangi sampah kecantikan ketika berbelanja, tetapi juga memberi kami platform untuk dapat lebih mudah dan nyaman untuk melakukan daur ulang. Kita butuh lebih banyak gerakan seperti ini untuk mengedukasi dan memfamiliarkan prinsip 3R (Recycle, Reduce, Repeat) di Indonesia. Saya ingin mengajak semua penggiat kecantikan di luar sana untuk bergabung. Cukup datang ke Sociolla Store terdekat untuk drop off beauty empties-mu di Sukin x Sociolla Recycle Station dan bergabunglah dalam gerakan untuk menyebarkan kebaikan bagi lingkungan.” Melalui program Waste Down Kindness Up: Sukin x Sociolla Recycle Station serta inovasi lainnya kedepan, Sociolla berharap mampu membuat dampak besar yang berkelanjutan, menyebarkan kebaikan bagi lingkungan serta mengajak lebih banyak lagi penggiat kecantikan untuk lebih teredukasi mengenai prinsip sustainability. Untuk mengetahui mengenai inisiatif ini lebih lanjut dan cara ikut serta, kunjungi https://www.sociolla.com/promotion/sukin-recycle-station.

 

Baca juga:

Sociolla Buka Offline Store di 5 Kota Besar dan Terus Hadirkan Inovasi Serta Pelayanan Terbaik

Langsung Soldout dalam Waktu 8 Jam Aja! Yuk Intip Keunggulan Aneka Produk Mother of Pearl Milik Tasya Farasya

Bold atau Natural, Ini Dia 2 Inspirasi Make up Untuk Lebaran dari MUD Sociolla, Archangela Chelsea

Kulit Sehat dan Fresh Seharian! Yuk Cobain Natural Deodorant & Hydrating Mist Toner Terbaru dari Sukin

SUKIN Blemish Control Jadi Solusi Baru Untuk Atasi Jerawat dengan Bahan yang Natural

Leave a Comment
LATEST NEWS
POPULAR
SUBSCRIBE OUR NEWSLETTER