BEAUTY

Mengenal Tren Kecantikan “Blue Beauty” dan Konsep “Conscious Beauty” yang Ramah Bagi Lingkungan

Friday, 22/04/2022 16:04 WIB by Niken Pangesti , Facetofeet
Mengenal Tren Kecantikan “Blue Beauty” dan Konsep “Conscious Beauty” yang Ramah Bagi Lingkungan
behance.net

Semakin berkembangnya industri kecantikan selama beberapa tahun belakangan tentunya membawa perubahan baru. Diantaranya masyarakat jadi lebih peduli pada kesehatan kulit mereka dan dapat tampil lebih percaya diri, tapi dibalik itu ada juga dampak negatif seperti masalah pencemaran lingkungan karena limbah kecantikan girls. Karena itulah, semakin hari semakin banyak kampanye baru yang mendukung industri kecantikan supaya lebih ramah lingkungan dan mengusung konsep berkelanjutan. Beberapa contohnya adalah konsep Clean Beauty, Green Beauty hingga Conscious Beauty.

Mengenal Konsep Conscious Beauty

Konsep Conscious Beauty merupakan gerakan untuk menyadari bahwa produk kecantikan yang digunakan sehari-hari juga berhubungan dengan seluruh aspek di lingkungan, baik itu manusia, hewan, kesehatan bumi, dan tanggung jawab akan lingkungan secara keseluruhan. Salah satu cara menerapkannya adalah dengan menghasilkan produk berkelanjutan, ramah lingkungan, aman, dan fokus terhadap seluruh aspek etika.

Hal tersebut juga sudah mulai diterapkan oleh Cosmax Indonesia mencangkup penggunaan solar panel sebagai energi listrik berkelanjutan, proses produksi ramah lingkungan, sertifikasi lengkap hingga jaminan aman akan produk yang dihasilkan kepada pasar.

Konsep Blue Beauty

Tak hanya itu, adapun konsep gerakan ramah lingkungan berkelanjutan lainnya yaitu berupa Blue Beauty, yang merupakan gerakan keberlanjutan untuk mendukung pelestarian lingkungan dan laut dengan menggunakan bahan-bahan yang aman bagi terumbu karang dengan memiliki tujuan menuju kemasan tanpa limbah. Pada dasarnya, konsep Blue Beauty menggunakan bahan-bahan yang aman, bersumber secara berkelanjutan, aman bagi ekosistem laut serta menggunakan kemasan produk yang dapat digunakan kembali, dapat didaur ulang, atau dapat diisi ulang.

Disisi lain juga, Blue Beauty secara khusus bertujuan untuk mengurangi dampak negatif dari penggunaan produk kecantikan bagi ekosistem laut. Penggunaan konsep Blue Beauty turut mempertimbangkan setiap aspek siklus produk mulai dari bahan, produksi, pengemasan, pengiriman, penggunaan, hingga pembuangan produk. Beberapa produk merek kecantikan global, kini sudah mulai mengadaptasi konsep Blue Beauty seperti Hero Cosmetics Force Shield Superlight Sunscreen Broad Spectrum SPF 30 dan Make P:rem UV Defense Me Daily Sun Essence, yakni produk kecantikan yang hadir dengan memberikan konsep reef-safe atau reef-friendly.

Tanpa kita sadari beberapa produk kecantikan, salah satunya tabir surya atau sunscreen dapat menjadi polusi bagi ekosistem laut seperti dengan penggunaan bahan baku berupa microplastic, parabens, oxybenzone, dan octinoxate karena dapat mencemari ekosistem laut dan terumbu karang. Sebagai konsumen, salah satu cara untuk menerapkan Blue Beauty yaitu dengan memilih produk alternatif ramah lingkungan seperti menggunakan produk tabir surya safe minerals yang menggunakan mineral-based formula, titanium dioxide dan zinc oxide sebagai pelindung kulit dari sinar UVA dan UVB.

Oleh karena itu, Cosmax Indonesia sebagai perusahaan manufaktur kosmetik Korea terkemuka di Indonesia, berkomitmen untuk terus berinovasi dan mengembangkan produk kecantikan ramah lingkungan dengan mutu dan kualitas terbaik untuk konsumen Indonesia sesuai dengan aturan resmi yang berlaku secara global. Serta, tidak hanya akan membuat produk yang aman dan bersih dengan kualitas terbaik, tetapi juga berperan sebagai pemimpin kecantikan yang sadar akan kesehatan bumi.

 

Baca juga:

Sociolla & Sukin Berkolaborasi Luncurkan Recycle Station Skala Nasional untuk Promosikan Sustainable Beauty

4 Langkah Mudah yang Bisa Dilakukan Untuk Mulai Menerapkan Prinsip Sustainable Beauty

#PakaiSampaiHabis, Aksi Nyata Mendukung Sustainable Beauty

PT Cosmax Indonesia Menjadi Market Leader Conscious Beauty di Indonesia

5 Rekomendasi Reusable Cotton Pad Terbaik yang Efektif Bersihkan Kulit & Ramah Lingkungan

Leave a Comment
LATEST NEWS
POPULAR
SUBSCRIBE OUR NEWSLETTER