BEAUTY

Klar Aligner, Solusi Untuk Makin Percaya Diri Saat Tersenyum dengan Gigi yang Rapi dan Sehat

Monday, 19/09/2022 15:03 WIB by Niken Pangesti , Facetofeet
Klar Aligner, Solusi Untuk Makin Percaya Diri Saat Tersenyum dengan Gigi yang Rapi dan Sehat
Klar Aligner

Setiap orang tentu setuju kalau tampilan gigi yang rapi dan sehat akan membuatnya merasa lebih percaya diri, terkhusus ketika tersenyum. Akan tetapi, banyak juga orang yang tak sadar kalau susunan giginya atau rahangnya tak rapi alias menderita maloklusi. Meski sering dianggap sepele karena tak terlihat secara kasat mata, nyatanya maloklusi dapat menimbulkan gangguan bicara dan memberikan efek negatif pada kesehatan seseorang.

Dampak Buruk Tampilan Gigi yang Tak Rapi

Drg. Stephanie Adelia Susanto, MM, Sp. Ort, Co-founder dan Chief Orthohontist Klar Smile menjelaskan, “4 dari 5 orang di Indonesia mengalami masalah gigi tidak rapi (maloklusi). Walaupun demikian, gigi tidak rapi masih sering diabaikan karena masyarakat Indonesia belum terlalu memahami dampak buruk yang bisa muncul dari gigi tidak rapi. Bagi kesehatan gigi dan mulut sendiri, riset membuktikan gigi tidak rapi dapat meningkatkan resiko gigi berlubang secara signifikan dikarenakan plak gigi yang lebih mudah menempel dan lebih sulit untuk dibersihkan. Selain itu, gigi yang tidak rapi akan menyebabkan beban pengunyahan menjadi tidak seimbang, yang berakibat gigi menjadi lebih mudah pecah dan meningkatkan resiko ompong.”

“Bagi kesehatan secara keseluruhan, gigi yang tidak rapi akan membuat proses pengunyahan terganggu, yang kemudian akan berdampak negatif terhadap asupan gizi. Selain itu, proses pengunyahan yang tidak optimal akan berdampak pada saluran pencernaan terutama lambung dan usus yang bekerja terlalu berat. Selain gizi dan saluran pencernaan, riset juga membuktikan bahwa proses pengunyahan dapat menghasilkan sejumlah besar informasi sensorik pada otak, dan menjaga fungsi belajar dan mengingat sehingga jika disfungsi mastikasi ini dibiarkan, bisa berpotensi mengakibatkan penurunan kemampuan kognitif seseorang”, tambah drg. Stephanie Adelia.

Selain berpengaruh pada kesehatan, orang dengan gigi tidak rapi sering merasa kurang percaya diri terhadap penampilan mereka sehingga aktivitas normal seperti tertawa di depan umum, bertemu dengan teman-teman dan membangun hubungan personal jadi terbatas. Tak dapat dipungkiri, rasa nyaman terhadap kondisi fisik turut mempengaruhi kepercayaan diri seseorang, termasuk estetika gigi yang memberikan kontribusi yang cukup signifikan terhadap daya tarik wajah dimana lawan bicara pertama kali akan memperhatikan mata dan senyuman pembicara.

Bahkan menurut penelitian, dampak dari kondisi kesehatan gigi dan mulut pada kepuasan seseorang dengan penampilan mereka dapat mengakibatkan rasa malu di dalam lingkungan sosial dan penurunan psikososial[ Effect of anterior teeth display during smiling on the self-perceived impacts of malocclusion in adolescents. Angle Orthod; 81(3):540-5. Paula Jr, D. F. et al. 2011.].  

Dengan berbagai dampak tersebut, Klar Aligner hadirkan solusi merapikan gigi yang lebih estetik dan efektif, terasa nyaman, dan tidak mengganggu kesehatan sehari-hari, yakni dengan teknologi aligner transparan.

Maudy Ayunda, Brand Ambassador dan Happy User KLAR berbagi, "Salah satu yang orang notice dari aku adalah gigi kelinciku.  Tapi mungkin enggak banyak yang tahu gigi seri-ku belum optimal susunannya, dan itu membuatku kurang nyaman. Sementara pekerjaan sebagai penyanyi, aktris atau spokesperson yang mengharuskan aku tampil percaya diri di depan umum yang biasanya aku perlihatkan dengan tersenyum.  Maka gigi yang rapi jadi penting buat aku.  Dengan perawatan gigi dari Klar Aligner, aku terbantu untuk merapikan gigi dengan mudah. Warna aligner-nya yang bening tidak mengganggu penampilan, selain itu konsultasi online melalui aplikasi yang praktis mempermudah aku yang punya waktu luang terbatas, tapi tetap ingin merawat gigi.”

Wajah termasuk juga gigi merupakan salah satu hal yang pertama diperhatikan dan yang paling diingat pada saat kita berhadapan dan berbicara dengan orang lain. Maloklusi secara signifikan mempengaruhi penampilan senyum yang estetik yang merupakan bagian dari daya tarik wajah yang penting dan merupakan cara yang efektif untuk mengekspresikan emosi.

Maloklusi dapat mempengaruhi kualitas hidup (karir dan sebagainya) interaksi sosial, hubungan interpersonal, dan psikologis, serta menimbulkan perasaan rendah diri[ Effect of anterior teeth display during smiling on the self-perceived impacts of malocclusion in adolescents. Angle Orthod; 81(3):540-5. Paula Jr, D. F. et al. 2011]. Berkomitmen untuk membantu masyarakat Indonesia untuk meningkatkan kualitas hidup dengan memiliki senyum sempurna dengan susunan gigi yang rapi, Klar Smile menghadirkan inovasi Klar Aligner.

Krisna Murti, Co-founder & Chief Commercial Officer Klar Smile mengatakan, “Beberapa tahun terakhir, ada pertumbuhan besar kesadaran masyarakat Indonesia akan penampilan. Tapi banyak yang tidak menyadari bahwa penampilan itu bukan hanya skin care. Ada satu aspek lagi sering belum disadari yaitu smile alias oral care. Bahkan kerapihan gigi itu lebih dominan terlihat ketimbang yg lain. Sering kami mendengar testimoni dari pasien bahwa hidup mereka berubah menjadi lebih baik setelah perawatan Klar. Inilah kenapa Klar ada. Kami percaya bahwa Klar akan berkontribusi kepada kualitas sehat konsumen Indonesia. Kami percaya bahwa Klar akan berkontribusi kepada penampilan prima sehingga mendukung cita-cita konsumen kami dan mendukung kehidupan sosial konsumen kami.”

Apa Itu Klar Aligner?

Klar Aligner adalah aligner transparan yang tidak mengganggu penampilan dan praktis sebagai solusi merapikan susunan gigi tanpa behel yang dibuat dengan teknologi canggih secara khusus dengan mengedepankan tingkat keberhasilan perawatan dan kenyamanan pasien serta dikerjakan oleh Dokter Gigi Spesialis Ortodonti yang berpengalaman. Klar Smile memiliki lebih dari 800 partner klinik di Indonesia serta dikerjakan dan diawasi oleh dokter spesialis ortodonti berpengalaman dan telah terdaftar di Kementrian Kesehatan. Material Klar Aligner sangat aman, sangat lembut dan lentur sehingga nyaman bagi pasien, BPA dan Latex Free sehingga tidak menyebabkan alergi, serta aligner dikontur untuk mengurangi iritasi. Klar Aligner juga menyediakan cicilan tanpa kartu kredit hingga 12 bulan.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by KLAR (@klar.smile)

“Kami berharap semakin banyak masyarakat Indonesia yang menyadari akan pentingnya memiliki susunan gigi yang rapi, karena dengan gigi yang sehat dan rapi, kita bisa tampil lebih percaya diri dan memberikan kesan pertama yang baik sehingga memberikan lebih banyak peluang untuk berbagai kesempatan di kemudian hari”, tutup Krisna.

Leave a Comment
LATEST NEWS
POPULAR
SUBSCRIBE OUR NEWSLETTER