EVENT

Fashion First x Yayasan Batik Jawa Barat, Hadirkan Koleksi Batik Ramah Lingkungan

Thursday, 11/04/2019 18:06 WIB by Dwinta , Facetofeet
Fashion First x Yayasan Batik Jawa Barat, Hadirkan Koleksi Batik Ramah Lingkungan
facetofeet

Kemarin, facetofeet menghadiri acara peragaan busana hasil kolaborasi antara Fashion First yang bekerjasama dengan 10 desainer dan Yayasan Batik Jawa Barat (YBJB) di Goodrich Suites, Jakarta.

Acara yang berjudul Halaman Negeri ini menampilkan koleksi berpakaian dengan Batik Pewarna Alam yang merupakan hasil karya binaan YBJB dan 10 desainer dari Fashion First yaitu; Amelia Kartikasari, Angelita Nurhadi, Auguste Soesastro, Deddy Iriawan, Deden Siswanto, Jeffry Tan, Natalia Kiantoro, Patrick Owen, Rinda Salmun dan Soetjipto Hoeijaja, dilengkapi dengan aksesoris dari Manjusha dan sepatu oleh Marista. Halaman negeri diselenggarakan dengan dukungan dari Bank BNI, Samikm Skincare and Cosmetics dan Goodrich Suites.

sumber: facetofeet

"Kami ingin menampilkan batik dengan gaya yang berbeda, tetap relevan dengan kondisi saat ini, menjangkau lebih banyak audience sehingga dapat dipakai oleh para pencinta batik dari beragam kalangan dan umur. Kami berusaha untuk memperkenalkan batik sebagai hasil budaya Indonesia kepada para desainer Indonesia yang mungkin belum pernah menggunakan batik dalam rancangannya. Di samping itu, kami juga ingin ikut berpartisipasi dalam program pelestarian lingkungan yang sedang banyak dilakukan dalam berbagai industri, tak terkecuali oleh industri fashion. Oleh karenanya, kali ini kami memilih Batik Pewarna Alam yang lebih ramah lingkungan untuk menciptakan koleksi yang diperagakan." Demikian Deli Makmur selaku CEO dan Project Durector Fashion First menjelaskan tentang konsep acara.

Sendy Dede Yusuf selaku Ketua Umum Yayasan Batik Jawa Barat (YBJB) berkata: "Yayasan ini merupakan yayasan yang menaungi para pengrajin batik di Jawa Barat. Kami melakukan pembinaan, pelatihan, dan juga pemberdayaan para pengrajin batik. Salah satu tugas kami adalah agar karya para pengrajin ini lebih dikenal dan dimiliki oleh masyarakat luas. Koleksi yang tampil di hari ini adalah hasil karya dari pengrajin Ciwaringin yang telah terlatih untuk membuat batik dengan pewarna alam, menggunakan tumbuh-tumbuhan serta proses yang relatif lebih ramah lingkungan."

sumber: facetofeet

Dalam kesempatan ini pula, Fashion First x YBJB juga bekerja sama dengan Lions Club Jakarta Pusat Centennial Terra, sebuah organisasi sosial nirlaba yang salah satu kegiatan utamanya terfokus pada pelestarian lingkungan hidup. Dana yang terkumpul dari penjualan pakaian Fashion First pada hari ini akan didonasikan untuk kegiatan club yang berhubungan pelestarian lingkungan, salah satunya adalah sosialisasi penghentian penggunaan sedotan plastik yang sangat mudah merusak lingkungan. 

Leave a Comment
LATEST NEWS
POPULAR
REVIEW
SUBSCRIBE OUR NEWSLETTER