EVENT

Danone-AQUA Tampilkan Produk Fesyen Berkelanjutan di JFW 2020, Gaungkan Gerakan #BijakBerplastik

Saturday, 26/10/2019 18:06 WIB by Veni, Facetofeet
Danone-AQUA Tampilkan Produk Fesyen Berkelanjutan di JFW 2020, Gaungkan Gerakan #BijakBerplastik
Photo: Dok. Facetofeet

Danone-AQUA berkolaborasi dengan desainer ternama seperti fbudi, Kana Goods, KresKros, Pijakbumi, dan seniman Ika Vantiani bersama “It’s in Your Hand Collective”, untuk memperlihatkan produk fesyen berkelanjutan di Jakarta Fashion Week (JFW) 2020.

Peragaan busana dibuka dan dirangkai dalam pertunjukan musikal oleh Jakarta Movement of Inspiration (JKTMoveIn), komunitas seni pertunjukan terbesar di Jakarta. JKTMoveIn memiliki misi untuk memberdayakan pemuda serta mengomunikasikan kebaikan dan hal-hal positif kepada publik melalui pertunjukan seni.

Photo: Dok. Danone-AQUA

Photo: Dok. Danone-AQUA

Photo: Dok. Facetofeet

Photo: Dok. Facetofeet

“Sebagai merek asli Indonesia yang telah berdiri selama 45 tahun, kami bangga bisa terus mendukung aktivitas yang terus menyebarkan kebaikan pada masyarakat Indonesia,” ujar Danone-AQUA Brand Director, Intan Kartika. “Melalui partisipasi kami di Jakarta Fashion Week, kami ingin memperlihatkan kepada konsumen bahwa mereka dapat memilih untuk melakukan kebaikan dengan memilih produk dan jasa yang tidak hanya berkelanjutan, tetapi juga memberdayakan mereka yang terlibat dalam proses produksi barang dan jasa tersebut.”

Danone-AQUA telah bekerja sama dengan desainer, merek dagang, seniman, serta komunitas yang juga memiliki semangat dalam menyebarkan kebaikan dengan meningkatkan kepedulian terhadap isu keberlanjutan dan #BijakBerplastik - gerakan untuk meningkatkan kepedulian terhadap isu sampah plastik dan mengajak publik untuk menjadi bagian dari solusi. Danone-AQUA telah memulai program daur ulang pertamanya sejak tahun 1993. Kini, perusahaan ini berupaya untuk memperbesar dan memperluas program tersebut melalui gerakan #BijakBerplastik. “Kami melihat banyak pihak di industri fesyen mulai memperhatikan isu keberlanjutan. Hal inilah yang mendorong kami menginisiasi kolaborasi #Bottle2Fashion dengan salah satu merek fesyen multinasional pada tahun 2017. Kami ingin memperkenalkan produk-produk fesyen yang berkelanjutan sebagai salah satu cara untuk mengedukasi konsumen bahwa mereka bisa menjadi bagian dari solusi terhadap permasalahan sampah. Salah satunya dengan memilih dan mendukung produk-produk yang diproduksi dengan memperhatikan asas keberlanjutan,” ujar Intan. 

Photo: Dok. Facetofeet

Photo: Dok. Facetofeet

Photo: Dok. Danone-AQUA

Salah satu kolaborator Danone-AQUA di JFW 2020, fbudi Creative Director, Felicia Budi, mengapresiasi pandangan visioner Danone-AQUA terhadap industri fesyen. “Saya percaya bahwa keberlanjutan akan menjadi aspek penting di industri fesyen dan menuntut perhatian semua desainer dalam berkreasi,” ujar Felicia dalam acara gelar wicara bertajuk “Inovasi untuk Kebaikan”, bagian dari rangkaian peragaan busana kolaboratif yang diinisiasi oleh Danone-AQUA.

Dalam  gelar wicara, Felicia juga menyampaikan bahwa misi dari fbudi adalah untuk berkontribusi bagi masyarakat melalui pemberdayaan komunitas dan pekerja lokal. “Sejak awal, visi dan misi fbudi adalah untuk berkontribusi bagi masyarakat dengan menggunakan fesyen sebagai medium untuk mencapai tujuan tersebut. Mengarahkan suatu merek menuju masa depan yang berkelanjutan lebih dari sekadar menggunakan bahan ramah lingkungan, tetapi juga memberdayakan pekerja lokal agar dapat lebih memperhatikan lingkungan.”

Model dan aktris Kelly Tandionoyang juga merupakan Brand Partner Danone-AQUA, memperagakan balutan busana karya fbudi yang terbuat dari kain tafetta dan polyester - hasil olahan daur ulang  botol plastik yang dikumpulkan dan diolah secara parsial oleh unit daur ulang (RBU) Danone-AQUA. 

Photo: Dok. Danone-AQUA

Photo: Dok. Facetofeet

Danone-AQUA memiliki total enam RBU yang tersebar di Pulau Jawa dan Bali yang rata-rata dapat mengumpulkan hingga 12.000 ton botol plastik bekas setiap tahunnya. RBU yang dimiliki Danone-AQUA memungkinkan mereka untuk memproduksi kemasan yang 100% terbuat dari hasil daur ulang dan 100% dapat didaur ulang kembali.

Sejalan dengan visi Danone secara global, One Planet One Health, Danone-AQUA sadar bahwa kesehatan dan kesejahteraan semua orang di planet ini saling berkaitan. Menekankan pentingnya kolaborasi dan kerja sama, partisipasi Danone-AQUA dalam Jakarta Fashion 2020 merupakan kelanjutan dari kolaborasi perusahaan dengan banyak pihak dalam mempromosikan #BijakBerplastik.

Photo: Dok. Danone-AQUA

Photo: Dok. Facetofeet

Photo: Dok. Facetofeet

 

Leave a Comment
LATEST NEWS
POPULAR
SUBSCRIBE OUR NEWSLETTER