EVENT

Rentique Aplikasi Penyewaan Pakaian Promosikan Sustainable Fashion di Jakarta Fashion Week 2020

Wednesday, 30/10/2019 12:12 WIB by Veni, Facetofeet
Rentique Aplikasi Penyewaan Pakaian Promosikan Sustainable Fashion  di Jakarta Fashion Week 2020
Photo: Dok. Rentique

Rentique, perusahaan yang menyediakan platform digital untuk penyewaan pakaian rancangan desainer, berpartisipasi pada Jakarta Fashion Week (JFW) 2020 ini merupakan lanjutan dari usaha Rentique untuk mempromosikan gerakan sustainable fashion dan mindful spending dalam berbelanja, dua alasan tersebut yang menjadi landasan mengapa Rentique hadir.

“Rentique didirikan untuk menjawab kebutuhan fashion perempuan di Indonesia, kita sebagai perempuan selalu ingin terlihat fashionable setiap saat, tapi terkendala dengan opsi dan budget yang terbatas. Melalui aplikasi Rentique, perempuan di Indonesia bisa tampil stylish setiap saat dengan koleksi rancangan desainer dan juga dengan harga yang bersahabat mulai dari Rp 80.000 untuk 4 hari penyewaan,” ujar Dea Amira, CEO Rentique. 

Photo: Dok. Rentique

Photo: Dok. Jakarta Fashion Week

“Riset yang kami lakukan menunjukkan bahwa lebih dari 80% penggemar fashion Indonesia lebih memilih belanja produk fast fashion karena harga yang lebih terjangkau dibandingkan koleksi desainer. Namun ternyata usia pemakaian hanya dua hingga tiga kali setelah pembelian. Perilaku ini mendorong lebih banyak limbah tekstil yang terproduksi. Melalui Rentique, kami menawarkan nilai lebih, mereka bisa mendapatkan banyak pilihan untuk lebih fashionable sekaligus berkontribusi dalam meminimalisir limbah tekstil dunia,” lanjutnya. 

Ellen MacArthur Foundation, lembaga riset ternama di dunia, dalam laporannya “A New Textiles Economy: Redesigning Fashion’s Future”, melaporkan bahwa perilaku penikmat fashion yang “sekali pakai-lupakan” menyumbang 500.000-ton mikrofiber ke alam setiap tahunnya dan mengancam keberlangsungan lingkungan.

Dalam JFW 2020, Rentique berkolaborasi dengan 3 desainer muda Indonesia: Jii by Gloria Agatha, Reves Studio dan Tertiaenda. Masing-masing desainer memiliki estetika desain yang berbeda dan karakteristik yang unik. Ketiga desainer yang Rentique pilih juga telah melakukan “sustainable practice” dalam memproduksi koleksi mereka. Koleksi desainer-desainer ini tersedia di aplikasi Rentique dan bisa disewa mulai 31 Oktober 2019. Rentique didirikan sejak awal 2019, misi Rentique untuk merevolusi perilaku konsumsi fashion masyarakat Indonesia dengan menyajikan “lemari tanpa batas” berupa koleksi rancangan desainer mulai dari pakaian, aksesori hingga tas yang bisa disewa melalui aplikasi Rentique yang sudah tersedia di App Store dan Play Store.

Photo: Dok. Jakarta Fashion Week

Photo: Dok. Jakarta Fashion Week

Photo: Dok. Jakarta Fashion Week

Photo: Dok. Jakarta Fashion Week

Kini Rentique telah memiliki lebih dari 10.000 pengguna aktif. Rentique juga mengusung praktik sustainable fashion lewat inisiatif dengan material pencucian pakaian dan kemasan pengiriman dengan bahan yang ramah lingkungan, serta tidak menyediakan pakaian dan aksesoris yang menggunakan material dari hewan.

Leave a Comment
LATEST NEWS
POPULAR
SUBSCRIBE OUR NEWSLETTER