EVENT

Majukan UMKM Di Era Digital, PT. Panen Lestari Berkolaborasi Bersama BRI Dan UCOACH Adakan Program BRInkubator

Monday, 05/10/2020 13:01 WIB by Niken Pangesti , Facetofeet
Majukan UMKM Di Era Digital, PT. Panen Lestari Berkolaborasi Bersama BRI Dan UCOACH Adakan Program BRInkubator
freepik.com

Girls, siapa yang selama pandemi ini jadi lebih mengandalkan belanja online untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari? Memang gak bisa dipungkiri lagi kalau belanja online sudah menjadi gaya hidup baru yang terjadi saat ini. Kelebihan dari belanja online pun sangat beragam seperti lebih praktis, nggak perlu keluar rumah dan seringkali mendapatkan diskon yang menguntungkan.

Disisi lain, perubahan digital ini tentunya membawa banyak peluang sekaligus tantangan, khususnya bagi para pelaku usaha UMKM. Nggak hanya harus menguasai keterampilan bisnis, mereka juga harus memiliki ketrampilan dalam dunia digital seperti sosial media, market place, youtube, e-commerce dan masih banyak lainnya. Selain itu, pelaku usaha yang ingin maju di era digital juga harus bertransformasi menjadi pelaku usaha yang terbuka dan inovatif.

 

Nah melihat perubahan era digital ini, BRI bersama UCoach sebagai inkubator mengajak PT Panen Lestari Indonesia Group membuat program BRInkubator untuk membantu dan mempersiapkan beberapa UMKM dalam negeri supaya siap dalam menghadapi era digital.

Program yang sudah didukung oleh Kementerian Riset dan Teknologi / BRIN, serta Kementerian Koperasi dan UKM ini,memiliki beberapa tujuan lho! Diantaranya yaitu, untuk dapat mempersiapkan para UMKM yang terseleksi untuk langsung mentransformasi dan mendigitalisasi bisnis mereka, membawa UMKM Indonesia untuk dapat berkompetisi dalam persaingan global, mencari bibit UMKM handal dari seluruh pelosok Indonesia yang akan dibina dan dididik secara berkala, dan diharapkan bisa menjadi penggerak dan local heroes untuk wilayahnya, dan untuk dapat memberikan jalur distribusi produk UMKM dengan pelaku bisnis ke Jalur Distribusi PT Panen Lestari Indonesia Group.

Melalui program ini, terdapat 286 UMKM yang berhasil mendaftar, yang kemudian diseleksi menjadi 100 UMKM, dan dikurasi menjadi 25 peserta terpilih oleh tim Juri yang terdiri dari para CEO dan Business Coach. Adapun penilaian dilihat dari sisi attitude, kematangan/kesiapan UMKM untuk dibina dan dikembangkan, serta seberapa jauh UMKM terpapar dan terbuka untuk mengadopsi teknologi dan digitalisasi. 25 peserta terpilih berasal dari seluruh daerah di Indonesia, yang terbagi atas 3 kategori usaha, yaitu: Kerajinan (Craft) sebanyak 8 UMK, Kuliner (Food & Beverage) sebanyak 11 UMKM dan Fashion sebanyak 6 UMKM. Acara pembukaan BRInkubator Go Global ini, turut dihadiri oleh Bapak Bambang Brodjonegoro, selaku selaku Menteri Riset dan Teknologi / BRIN dan Bapak Teten Masduki selaku Menteri Koperasi dan UKM, yang menunjukkan besarnya dukungan pemerintah untuk meningkatkan UMKM di Indonesia.

 

Baca juga:

Mau Buka Usaha Bareng Sahabat? Harus Tahu Dulu 6 Hal Ini

Pastikan Sudah Siap Akan Hal Ini Sebelum Memulai Bisnis Bersama Sahabat

Mau Mulai Bisnis Online? Perhatikan 5 Tips Awal Bagi Pemula Ini Agar Cepat Sukses

5 Selebritis Ini Tidak Takut Terjun ke Dunia Bisnis Besar

7 Cara yang Bisa Kamu Lakukan untuk Menjadi Entrepreneur di Usia Muda

Leave a Comment
LATEST NEWS
POPULAR
SUBSCRIBE OUR NEWSLETTER