EVENT

Wardah Sumbangkan Donasi Senilai 6.8 Miliar & 1000 Tabung Oksigen Untuk Bantu Ringankan Dampak COVID-19

Saturday, 17/07/2021 14:02 WIB by Niken Pangesti , Facetofeet
Wardah Sumbangkan Donasi Senilai 6.8 Miliar & 1000 Tabung Oksigen Untuk Bantu Ringankan Dampak COVID-19
Wardah

Beberapa bulan belakangan, kasus COVID-19 di Indonesia sedang berada di tahap yang sangat kritis girls. Meningkatnya angka masyarakat yang terjangkit virus COVID-19, menyebabkan banyak pusat pelayanan medis penuh hingga tak bisa menerima pasien lagi. Tak hanya itu, beberapa alat kesehatan seperti tabung oksigen dan vitamin juga menjadi langka lho! Kondisi pandemi yang kian berbahaya ini membuat pemerintah melaksanakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) untuk mengatasi second wave pandemi COVID-19.

Untuk meringankan bebas masyarakat dan pusat pelayanan medis yang tedampak gelombang kedua COVID-19, PT Paragon Technology and Innovation (PTI) melalui Wardah dengan kampanye #LangkahBaikmuBerarti berkomitmen untuk terus membantu dalam penanganan dan penanggulangan pandemi COVID-19 berdasarkan prioritas dan kebutuhan masyarakat. Salah satu upaya yang dilakukan perusahaan adalah melalui penyaluran dana Corporate Social Responsibility (CSR) kepada beberapa pihak, seperti rumah sakit, pemerintah daerah, dan organisasi sosial.  Dana tersebut digunakan untuk pemenuhan kebutuhan alat kesehatan dan sarana kritikal kesehatan melalui RSUP Persahabatan, RSPI Sulianti Saroso, WeCare.id, dan pusat layanan kesehatan lainnya. 

Salman Subakat, CEO PTI menjelaskan “COVID-19 merupakan tantangan yang harus dihadapi bersama, oleh karena itu kita harus #SalingJagaUntukIndonesia kembali segera pulih. Melalui kampanye #LangkahBaikmuBerarti, kami mengajak seluruh elemen masyarakat untuk bersama-sama mengambil peran dan berkontribusi dalam penanganan dan penanggulangan COVID-19 di Indonesia. Hingga saat ini, kami telah menyalurkan berbagai bantuan berupa alat kesehatan dan kebutuhan layanan kesehatan lainnya. Kedepannya, kami akan terus memperkuat sinergi dengan berbagai instansi dan tidak lupa memberikan support terhadap para tenaga kesehatan yang telah bekerja keras tanpa lelah melawan pandemi ini”. 

Dalam kesempatan yang sama, dr. Mohammad Syahril selaku Direktur Utama RSU Persahabatan dan RSPI Sulianti Saroso menyampaikan “Dengan terus bertambahnya jumlah kasus COVID-19 di Indonesia, kami sangat mengapresiasi langkah Wardah yang terus membantu rumah sakit mengatasi darurat COVID-19. Hal ini sangat meringankan beban rumah sakit dalam menangani pasien COVID-19 yang semakin tinggi. Kami juga menghimbau masyarakat untuk mengikuti anjuran pemerintah agar memperketat protokol kesehatan. Melalui sinergi Wardah dan Rumah Sakit Persahabatan, kami berharap dapat menginspirasi banyak pihak untuk gotong royong menanggulangi lonjakan kasus COVID-19”. 

Dalam penyaluran bantuan CSR, Wardah berkolaborasi dengan berbagai pihak diantaranya RSUP Persahabatan dan RSPI Sulianti Saroso untuk membantu pemenuhan alat kesehatan seperti bedside monitor, pulse oximeter, stretcher, alat terapi oksigen, stetoskop, oxygen generator dan lain sebagainya. Selain itu Wardah juga mendonasikan sebanyak 1000 tabung oksigen melalui kerja sama dengan WeCare.id, Ikatan Alumni Fakultas Teknik Universitas Indonesia (ILUNI FTUI), dan beberapa komunitas lainnya. 

Hal-hal yang Dibutuhkan Fasilitas Pelayanan Medis dalam Menangani Lonjakan Kasus COVID-19

dr. Mohammad Syahril selaku Direktur Utama RSU Persahabatan dan RSPI Sulianti Saroso menjelaskan bahwa saat ini RSU Persahabatan membutuhkan relawan petugas medis dan dokter, karena jumlah pasien yang membludak. Selain itu, saat ini banyak dokter dan petugas medis rumah sakit yang juga turut terkonfirmasi positif COVID-19 sehingga harus beristirahat. RSU Persahabatan juga membutuhkan fasilitas isolasi bagi petugas medis supaya mereka bisa menyembuhkan diri di tempat yang aman. Tak hanya itu, RSU Persabatan tentunya juga membutuhkan stok tabung oksigen dan peralatan kesehatan.

Dengan kebutuhan yang dibutuhkan SU Persahabatan dan RSPI Sulianti Saroso, Wardah pun mencoba membantu mereka dengan menyumbangkan donasi senilai 6.8 Miliar rupiah.

Sementara Wecare.id yang merupakan sebuah lembaga untuk mengumpulkan dan menyalurkan donasi untuk masyarakat, mendapatkan bantuan 1000 tabung oksigen untuk segera disalurkan kepada masyarakat.

Selanjutnya ada lembaga CISDI, yang berfokus untuk memperhatikan layanan kesehatan primer, terkhusus Puskesmas. Selain mengangani pasien COVID-19 yang dirawat, mereka pun harus selalu mengontrol pasien yang kondisinya isolasi mandiri di rumah-rumah. Untuk membantu mereka, Wardah pun menyampaikan donasi senilai 500 juta rupiah melalu CISDI (Center for Indonesia Strategic Development Initiatives)

 

Bantuan dari Wardah

Bentuk bantuan lainnya yang Wardah lakukan yaitu membantu shelter isolasi mandiri darurat untuk dua kabupaten di provinsi Jawa Barat melalui kerja sama dengan Center for Indonesia's Strategic Development Initiatives (CISDI) dan juga melalui pemerintah daerah Tangerang dan DKI Jakarta. Selain itu, dalam upaya mendukung program vaksinasi pemerintah, Wardah memberikan dukungan operasional untuk beberapa sentra vaksinasi. Wardah juga memberikan hand sanitizer gel gratis untuk masyarakat yang telah melakukan vaksinasi di 40 daerah di Indonesia. Untuk mendukung kesehatan mental para tenaga kesehatan, Wardah berkolaborasi dengan berbagai komunitas melalui program #bersamanakes untuk memberikan konseling kesehatan mental bersama psikolog kepada para tenaga kesehatan. 

Hingga saat ini, Wardah telah menyalurkan dana CSR dengan total lebih dari Rp 64,2 miliar untuk penanggulangan COVID-19 yang disalurkan ke berbagai pihak seperti rumah sakit rujukan COVID-19, pemerintah daerah maupun pusat, organisasi sosial, dan lain sebagainya. “Kami berharap dengan kontribusi Wardah ini dan juga pastinya harapan semua orang agar pandemi segera berakhir. Oleh karena itu, kami berharap seluruh elemen masyarakat baik pemerintah maupun swasta dapat berkolaborasi bersama dalam pencegahan dan penanggulangan COVID-19. Kami mengajak masyarakat untuk bersama-sama menciptakan kontribusi di lingkungan sekitar dengan mendukung program pemerintah agar Indonesia segera lepas dari pandemi” tutup Salman Subakat. 

 

Leave a Comment
LATEST NEWS
POPULAR
SUBSCRIBE OUR NEWSLETTER