EVENT

Ini Desainer Indonesia Yang Akan Go International

Wednesday, 06/03/2019 16:04 WIB by Belinda, Facetofeet
Ini Desainer Indonesia Yang Akan Go International
unilever

Dalam acara Press Confrence yang diadakan oleh Jakarta Fashion Week di Senayan City kemarin, Facetofeet berkesempatan untuk hadir dalam undangan untuk mendengar cerita dari desainer Indonesia yang akan menampilkan karyanya di luar negeri. Desainer-desainer tersebut yakni Bateeq, Danjyo Hiyoji, Eri Dani, PVRA, dan Jenahara. 

 

(source: facetofeet)

 

Desainer-desainer tersebut dapat mempunyai kesempatan ini melaui program capacity building yang diperuntukan untuk desainer-desainer dan label-label nasional yang telah lolos kurasi dari tim Jakarta Fashion Week. Program ini bernama Indonesia Fashion Forward. Setiap tahunnya, desainer-desainer berbakat ini digembleng, baik melalui program mentorship, residency, retail, dan bahkan showcase, baik berupa trade show mau pun di berbagai panggung fashion show dalam dan luar negeri. Tahun ini, mereka kembali mengirimkan sejumlah desainer ke berbagai panggung global yang telah berkolaborasi baik dengan Jakarta Fashion Week. Pada awalnya, mereka telah memilih empat negara yaitu Inggris, Jepang, Korea Selatan, dan India. Namun, sayangnya India tidak lagi masuk kedalamnya dikarenakan masalah politik yang sedang dihadapi oleh India.

 

(source: facetofeet)

 

Sebelumnya, Bateeq dan PVRA pernah memamerkan karyanya di luar negeri. Untuk Bateeq, Michelle Tjokrosaputro selaku founder dari Bateeq berpendapat bahwa pengalamannya mengikuti fashion week di luar negeri tidaklah mudah. Setiap negara mempunyai kelebihan dan kekurangan. Mulai dari masalah saat hari fitting maupun hari-H. Namun, ia merasa pengalaman itu dapat menjadi pembelajaran bagi labelnya untuk selalu berpikir dinamis. Sedangkan untuk PVRA, Kara Nugroho dan Putri Katianda selaku co-founder dari PVRA berpendapat bahwa pengalaman mereka mengikuti London Fashion Week merupakan hal yang baru, masalah-masalah pun banyak mereka alami dari ketidaksesuaian ukuran sepatu yang disiapkan dengan model catwalk yang akan menggunakannya. Tapi  masalah tersebut tidak membuat dua sahabat ini pantang menyerah, mereka selalu berusaha untuk berpikir cepat dan menemukan solusinya. Selain PVRA dan Bateeq, Desainer label lainnya seperti Danjyo Hiyoji, Eri Dani, dan Jenahara juga berkesempatan untuk menampilkan rancangannya. Bersama dengan PVRA, Jenahara akan menampilkan karyanya di Seoul Fashion KODE. Acara ini akan berlangsung pada 14-16 Maret 2019 di S-Factory, Seoul. Sedangkan Danjyo Hiyoji dan Eri Dani akan pergi ke Jepang untuk ikut serta dalam Amazon Fashion Week Tokyo yang akan dilangsungkan pada 18-20 Maret 2019 di Shibuya Hikarie mendatang.

 

 

Leave a Comment
LATEST NEWS
POPULAR
REVIEW
SUBSCRIBE OUR NEWSLETTER