FASHION

3 Cara Mudah yang Bisa Dilakukan untuk Lindungi Bumi dari Limbah Fashion

Wednesday, 22/04/2020 14:02 WIB by Veni C Talimbo, Facetofeet
3 Cara Mudah yang Bisa Dilakukan untuk Lindungi Bumi dari Limbah Fashion
Innisfree

Tampil fashionable dengan beragam padupadan item kekinian mulai dari pakaian, perhiasan, aksesori rambut hingga sepatu menjadi suatu keharusan bagi setiap fashion enthusiast. Pasalnya, tampilan seseorang bukan hanya untuk menunjukkan seleranya dalam berpakaian namun juga menjadi identitas atau ciri khas tersendiri yang membedakan satu orang dengan lainnya.

Selain mampu mengombinasikan beragam warna dan motif pakaian, seorang fashion enthusiast sebaiknya paham bahwa menjaga lingkungan sekitar dan bumi tercinta agar terbebas dari limbah fashion adalah hal utama dan wajib dilakukan. Dengan memahami betul betapa pentingnya menjaga lingkungan dan bumi, maka seorang fashion enthusiast akan menjadi bijak ketika menggunakan produk-produk fashion. Ada tiga cara mudah yang bisa dilakukan para fashion enthusiast untuk melindungi bumi dari limbah fashion.

 

1. Membatasi Berbelanja Produk Terbaru

Untuk mencegah limba fashion semakin banyak dan akhirnya bisa merusak lingkungan sekitar maupun bumi, sebaiknya batasi berbelanja produk-produk terbaru. Semakin banyak membeli produk, maka kemungkinannya akan besar barang-barang yang sudah  dimiliki menjadi nggak terpakai untuk waktu yang cukup lama. Sebaiknya manfaatkan setiap produk yang sudah dimiliki dengan sebaik mungkin. Coba bereksperimen dengan gaya atau tampilan yang baru sehingga produk yang menjadi koleksi di rumah nggak akan hanya jadi pajangan lemari saja.

 

2. Memilih Produk yang Ramah Lingkungan

Saat ini banyak fashion brand yang mengampanyekan gerakan melestarikan alam dan melindungi bumi dengan menciptakan produk-produk ramah lingkungan. Produk tersebut bisa berupa pakaian, tas, hingga aksesori yang tentu nggak kalah menarik untuk dimiliki sebagai penyempurna tampilan. Di Indonesia pun kini cukup mudah menemukan produk ramah lingkungan tersebut karena beberapa fashion brand lokal mulai menggunakan kain yang terbuat dari serat alami untuk membuat pakaian dan lainnya.

 

3. Mendaur Ulang Pakaian yang Sudah Lama Nggak Terpakai

Mungkin kata mendaur ulang terkesan sulit, namun sebenarnya mudah dilakukan. Mendaur ulang pakaian bisa dilakukan dengan memberikan sedikit modifikasi seperti potongan yang baru, menempelkan sejumlah aplikasi hiasan seperti patch atau menjahit kain bermotif lain sebagai kombinasi. Cara ini mulai diterapkan dan dipublikasikan oleh seorang fashion blogger, influencer dan designer dari Indonesia, Diana Rikasari. Melalui akun Instagram pribadi, ibu dari dua orang anak ini cukup sering memamerkan hasil karyanya mendaur ulang pakaian yang sudah lama nggak terpakai. Mulai dari cropped top, blouse, dungaree hingga jumpsuit berhasil dibuatnya dengan sangat menarik sesuai gaya ciri khasnya yaitu quirky.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A quick fashion #upcycle that required less than 2 hours. So kawaiiiiii ????????????? #upcycling #sustainablefashion #imademyclothes #DRsewing

A post shared by Diana Rikasari (@dianarikasari) on

Mendaur ulang pakaian yang sudah lama nggak terpakai tentu menjadi pengalaman baru yang asik dilakukan, terutama ketika mempunyai banyak waktu luang di rumah. Alat dan bahan yang dibutuhkan pun nggak sulit ditemukan. Selain mengisi waktu luang dan membantu mengurangi limbah fashion, kegiatan mendaur tersebut tentu sangat bisa membuat seseorang mempunyai pakaian yang baru tanpa harus membelinya. Menarik, kan?

 

Baca juga:

Selamatkan Bumi Kita dengan 5 Benda Sederhana Ini!

Alasan Mengapa Kita Perlu Beralih ke Sustainable Fashion

Yuk, Mulai Beralih ke Skincare yang Eco-Friendly! Begini Caranya

Jadi Trend Kecantikan, Ini Manfaat Produk Vegan untuk Kulit dan Bumi

7 Cara Mudah Terapkan Zero Waste Food. Millenials Wajib Tahu!

Leave a Comment
LATEST NEWS
POPULAR
SUBSCRIBE OUR NEWSLETTER