FASHION

Dari Preloved Fashion Marketplace Hingga Menjadi E-Commerce Berkonsep Sustainable, Ini Dia Revolusi Tinkerlust yang Wajib Kamu Tahu!

Friday, 25/09/2020 15:03 WIB by Niken Pangesti , Facetofeet
Dari Preloved Fashion Marketplace Hingga Menjadi E-Commerce Berkonsep Sustainable, Ini Dia Revolusi Tinkerlust yang Wajib Kamu Tahu!
artmod

Sustainable fashion adalah tren kekinian yang sangat memberikan banyak pengaruh baik lho girls. Nggak hanya menyediakan item fashion keren dengan harga affordable saja, tren ini juga dapat membantu mengurangi limbah pakaian yang ada di bumi! Hal ini tentu sangat penting karena limbah pakaian merupakan penyumbang limbah ke-2 terbesar di bumi dan jumlahnya terus bertambah setiap waktunya.

Terkait dengan hal ini, munculah ide dari beberapa anak bangsa untuk menciptakan fashion marketplace yang menyediakan barang-barang preloved berkualitas yang diberi nama Tinkerlust. Didirikan pada tahun 2016 lalu, oleh Samira Shihab (CEO) dan Aliya Amitra (COO) Tinkerlust bermula dari sebuah marketplace fashion yang menyediakan aneka fashion preloved berkualitas dari berbagai brand, mulai dari lokal hingga internasional. Seiring berkembangnya Tinkerlust, kini Ia pun menjadi e-commerce yang mengembangkan situs jual beli barang preloved khusus wanita. E-commerce Tinkerlust dapat memudahkan seseorang untuk menjual barangnya dan memiliki akses ke personal dashboard yang dapat memantau penjualan mereka.

Sejak awal kemunculannya, Tinkerlust memiliki cita-cita untuk memperkenalkan jual beli barang preloved sebagai gaya hidup belanja yang lebih baik dibandingkan belanja secara konvensional girls. Selain menguntungkan secara finansial, jual beli preloved terbukti memiliki dampak positif terhadap lingkungan karena mampu berkontribusi dalam mengurangi limbah fashion. Dengan cita-cita tersebut, Tinkerlust juga berharap hal ini akan menggerakkan lebih banyak brand atau fashion marketplace untuk bisa mengenalkan sustainable fashion dan local products ke customers mereka. Wah keren banget!

Bisa dibilang Tinkerlust memiliki 3 nilai penting bagi masyarkat girls. Pertama adalah memberikan solusi bagi para wanita untuk menjual barang fashionnya yang tidak terpakai. Kedua memperkenalkan gaya hidup yang lebih simple seperti berjual beli barang preloved. Sementara yang ketiga tentu saja mempromosikan sustainable fashion.

Sebagai platform yang dibangun di Indonesia, Tinkerlust ingin lebih melibatkan para desainer dan pemilik brand lokal yang memiliki value serupa dengan Tinkerlust. Kami harap, dengan bergabungnya para Local Heroes, semakin banyak orang yang aware dengan kualitas produk lokal dan dampak positifnya buat masa depan bumi.

Dalam mewujudkan misinya Tinkerlust terus menjalankan inisiatif-inisiatif yang bisa menyalurkan aspirasinya. Pada tahun sebelumnya, Tinkerlust turut menjadi mitra Jakarta Fashion Week 2020 dan menggandeng 3 desainer kenamaan Tanah Air untuk mengangkat konsep upcycling fashion lewat pagelaran “A Story of Second Chances.” Nggak hanya itu, pada tahun yang sama Tinkerlust juga meluncurkan fitur barunya yaitu layanan rental baju berbasis subscription.

Sesuai dengan pernyataan di atas, kita bisa tahu bahwa Tinkerlust memiliki 3 peran penting yang ingin dijalani :

1. Menjadi sebuah marketplace yang mempraktekkan gerakan sustainable fashion

2. Mempromosikan sustainable fashion

3. Mendukung circular economy

 

Baca juga:

Sustainable is The New Trend, Tinkerlust Luncurkan Strategi Baru Sebagai Sustainable Fashion Platform

Alasan Mengapa Kita Perlu Beralih ke Sustainable Fashion

Tinkerlust.com Hadirkan Upcycling Fashion Concept di Panggung JFW 2020

Tasya Farasya Launching Closet’s Preloved di Tinkerlust: Siap-siap Belanja Nih!

Girls, Yuk Cari Tahu Brand Apa Saja Sih yang Mendukung Sustainable Fashion

Leave a Comment
LATEST NEWS
POPULAR
SUBSCRIBE OUR NEWSLETTER