FASHION

Sepatu PVC Memang Stylish, Tapi Bagaimana Efeknya Buat Kesehatan?

Wednesday, 23/05/2018 18:06 WIB by Dwinta , Facetofeet
Sepatu PVC Memang Stylish, Tapi Bagaimana Efeknya Buat Kesehatan?
pinterest

Kalau lihat dari fashion scene yang lagi happening, kita tahu kan kalau apa-apa yang bahan PVC dan see-through lagi hits. Contohnya tas-tas yang lagi hits dan beberapa fashion item ini. Tapi kalau sepatu plastik? Rasanya kok agak bikin merinding ya. Karena siapapun yang pernah belajar IPA dasar di SD, pasti ngeh kalau pakai sepatu ini berarti kaki kita akan terperangkap dalam kelembaban yang berlebih. Faktanya, sepatu plastik bertindak seperti ekosistem miniatur transparan versi mini, dengan tingkat kondensasi yang menyebabkan zat perspirant dan membuat kaki kita jadi berkeringat. (Artinya, kelembaban ini memungkinkan jamur dan bakteri tumbuh kembang dengan manja di kaki kita. Ewwww)

source: chanel

Sepatu plastik memang jadi jokes tersendiri di Instagram. Instagram account @larslala oleh Lars Byrresen Petersen contohnya, yang mana mengupload foto sepatu Yeezy seharga $950 berkeringat dengan caption nyinyirnya yang ganas. Lalu ada juga foto editorial sepatu boots Chanel dengan bunga mawar yang tumbuh dari solenya. Cute photo, tapi secara literal memang itu bisa terjadi, tumbuhan dan bakteri bisa berkembang di sana. 

source: instagram

Namun tetap saja sepatu ini jadi favorit para fashionista dan seleb A-list. Rihanna terlihat memakai Off-White x Jimmy Choo, begitu juga dengan Bella Hadid dan Kim Kardashian. Akhir-akhir ini, Kristen Stewart terlihat memakai boots PVC Chanel di Festival Film Cannes.

source: pinterest

Bahkan dari sisi medis pun, para profesionalnya mengakui bahaya dari sepatu jenis ini nyata adanya. Dilansir dari Vogue, Dr. Rock Positano yang merupakan direktur dari Non Surgical Foot and Ankle Service di Rumash Sakit Spesialis di New York mengiyakan hal tersebut. Faktor kurang bernafasnya kaki menjadi penyebab utama. Belum lagi reaksi alergi atau serangan dermatitis yang membuat kaki merasakan sensasi terbakar.

Jadi kesimpulannya? Sepatu ini memang kece untuk photo session atau cocktail hour santai, tapi sangat nggak nyaman untuk acara dansa sepanjang malam atau jalan-jalan ke kota. Dan juga, coba pertimbangkan memakai kaus kaki warna-warni saat memakainya ya girls.

Leave a Comment
LATEST NEWS
POPULAR
SUBSCRIBE OUR NEWSLETTER