FASHION

Cerita di Balik Ripped Jeans yang Selalu Menjadi Trend

Thursday, 13/09/2018 12:12 WIB by Atina Amalia, Facetofeet
Cerita di Balik Ripped Jeans yang Selalu Menjadi Trend
@ootdindo, @bananalace

Saat ini, ripped jeans hampir dimiliki oleh semua kalangan, dari pecinta fashion yang menganggap ripped jeans adalah sebuah trend, hingga para remaja dan mahasiswa yang senang memilih memakai ripped jeans karena dianggap keren tapi tetap comfortable. Bahkan untuk anak-anak band ripped jeans ini jad salah satu must have item karena memang modelnya yang cocok banget dengan citra anak band yang ingin tampil casual. Tapi, kamu tau nggak kalau ternyata dulunya ripped jeans ini justru pernah dijadikan sebagai gerakan anti fashion?

(image: wordpress)

Pada awal tahun 80an, selain stone washing jeans, ripped jeans juga sangat menjadi trend. Trend ripped jeans pada kala itu dipopulerkan oleh grup rhytm and blues (RnB), karena di tahun 80an para rocker dan anak band justru memakai pakaian yang terbuat dari kulit, seperti leather jacket, leather pants, dan leather vest. Sejak saat itu ripped jeans sangatlah digemari, ditengah trend fashion dengan warna neon dan mencolok, ripped jeans dianggap sangat stylish untuk dipadu padankan, dan trend celana cutbray pun mulai ditinggalkan.

(image: ModeArte)

Beralih ke tahun 90an, ripped jeans pun tetap menjadi trend di semua kalangan. Namun, berbeda dengan tahun 80an. Pada era 90an ini ripped jeans dijadikan sebagai gerakan anti fashion. Dimana ada sebuah komunitas beraliran grunge yang berpendapat bahwa mereka tidak menyukai pakaian yang diatur-atur oleh pakaian yang sedang trend. Mereka lebih suka memakai pakaian yang "sembrono" dan berantakan seperti ripped jeans, sepatu boots, bahkan t-shirt yang sudah robek-robek.

(image: Fubiz)

Pakaian seperti ini dianggap lebih menyatu dengan kalangan bawah yang tidak bisa mengikuti trend pada saat itu. Selain oleh komunitas grunge, anak-anak punk pada mas itu juga mendukung gerakan anti fashion dan memakai ripped jeans. Hanya saja anak-anak punk menambahkan stude dan spike pada ripped jeans mereka.

Ripped jeans mulai dipopulerkan juga oleh band rock Nirvana. Nirvana sangat mendukung gerakan anti fashion dengan memakai ripped jeans di setiap konsernya, mereka mengatakan bahwa mereka ingin tampil sederhana dan setara dengan para penonton. Sejak saat itu, ripped jeans pun menjadi semakin trend di berbagai kalangan hingga saat ini.

Leave a Comment
LATEST NEWS
POPULAR
REVIEW
SUBSCRIBE OUR NEWSLETTER