HAIR

Inspiring! Ini Dia Kisah Ayu Gani yang Mendobrak Stigma Perempuan Indonesia

Monday, 10/05/2021 18:06 WIB by Niken Pangesti , Facetofeet
Inspiring! Ini Dia Kisah Ayu Gani yang Mendobrak Stigma Perempuan Indonesia
youtube.com : Luna Maya

Girls, Sudah lama perempuan indonesia hidup dalam lingkaran stigma yang membuatnya merasa tak bebas dalam melakukan hal yang diinginkan. Beberapa stigma yang masih sering terdengar hingga saat ini diantaranya “Perempuan tak usah berpendidikan tinggi/tak usah bekerja”, “Perempuan yang cantik harus langsing dan putih”, hingga “Perempuan harus memiliki rambut hitam dan panjang.”

Tanpa disadari, stigma tersebut pun bikin para perempuan merasa nggak nyaman karena selalu dituntut untuk sesuai dengan beauty standard girls. Padahal seharusnya semua perempuan memiliki kesempatan yang sama untuk mengembangkan potensi serta mencapai hal apapun yang mereka inginkan.

Stigma Perempuan Indonesia Harus Memiliki Rambut Panjang dan Hitam

Hingga kini masih banyak yang menganggap bahwa wanita harus memiliki rambut panjang dan berwarna hitam. Hal ini seringkali membuat perempuan merasa tak nyaman, merasa insecure, atau bahkan tak mengenali dirinya sendiri lho!

Tidak hanya itu, kondisi tersebut ternyata juga membatasi perempuan yang memilih untuk memiliki rambut pendek bahkan berwarna dalam meraih pekerjaan impian bahkan cita-citanya. Karena masih banyak profesi yang menjadikan rambut panjang dan hitam sebagai salah satu persyaratan utama. 

Padahal perlu kita sadari, bahwa tidak semua perempuan merasa nyaman untuk memiliki rambut yang panjang dan hitam. Sehingga Gani berharap dengan berbagi kisah mengenai Hair Liberty nya, perempuan yang mengalami hal yang sama bisa lebih percaya diri dan berani memperjuangkan pilihan yang berbeda dari beauty standard yang ada.

Ayu Gani yang Mendobrak Stigma Kecantikan Perempuan

Membicarakan mengenai stigma kecantikan perempuan, Ayu Gani yang merupakan seorang model dan juara dari ajang Asia's Next Top Model pun berusaha untuk mematahkan beauty standard yang masih sering kita dengar girls. 

Dalam perbincangannya bersama Luna Maya, Ia menceritakan kalau di awal karirnya sebagai model rambutnya ditata dengan potongan panjang dan hitam supaya lebih mudah mendapatkan pekerjaan. Pekerjaannya di dunia modelling seringkali memberikan syarat bahwa model yang dapat tampil adalah yang memiliki rambut hitam dan panjang. 

Akan tetapi, di dalam hatinya Gani merasa sangat insecure, tak merasa cantik dan tak merasa bahagia. Hingga pada akhirnya Gani merasa di dalam hatinya mulai ada dorongan untuk free dari semua aturan tersebut. Setelah memutuskan untuk memotong rambutnya menjadi pendek Gani pun merasa sangat Bahagia

Pantene Wujudkan Perempuan Indonesia Untuk Miliki #RambutTanpa Batas

Pantene sebagai merek perawatan rambut kenamaan turut mendukung semua perempuan Indonesia untuk memilih gaya yang mereka inginkan. Dengan semangat #RambutTanpaBatas, Pantene percaya semua perempuan berhak merasa tampil cantik meskipun gaya rambut yang dipilih kurang umum ditemui di Indonesia seperti potongan yang pendek serta berwarna terang seperti hairstyle milik Gani. 

Dari kisah Gani, kita pun dapat belajar girls kalau semua perempuan berhak mendapatkan kesempatan yang sama, meski berbeda dari beauty standard yang dibuat oleh masyarakat. Dan yang paling penting adalah kamu bisa merasa nyaman, percaya diri dalam mengekspresikan dirimu, dan dinilai setara saat mengejar impianmu.

 

Baca juga:

Sudah Potong Pendek Tapi Rambut Masih Rusak? Begini 4 Tips Perawatannya

Mau Punya Rambut Indah Maksimal? Yuk Coba Pantene Kemasan Baru dengan Kandungan Rice Oil Essence!

Mau Punya Rambut Indah Maksimal? Yuk Coba Pantene Kemasan Baru dengan Kandungan Rice Oil Essence!

Psst Udah Tahu Belum? Ternyata Ini 5 Manfaat Menakjubkan Ekstrak Beras Untuk Kecantikan Rambutmu

Cantik dan Unik Banget! Ini Dia Evolusi Gaya Rambut Tanpa Batas Cewek Indonesia Sejak 30 Tahun Lalu

Leave a Comment
LATEST NEWS
POPULAR
SUBSCRIBE OUR NEWSLETTER