HAIR

Begini Cara Keramas Yang Benar

Wednesday, 15/04/2015 14:02 WIB by Raizka, Facetofeet
Begini Cara Keramas Yang Benar
www.stylenoted.com

Mungkin kamu melakukannya hampir setiap hari, tetapi apakah kamu benar-benar tahu bagaimana cara keramas dengan cara yang benar? Menggunakan teknik yang benar dapat membuat rambut lebih sehat dan tampak bersinar setiap hari. Namun jika kamu mencuci rambut dengan cara yang salah, tanpa kamu sadari kamu telah merusak helai rambut kita setiap kita keramas. Berikut tips teknik keramas dengan cara yang tepat dari profesional rambut terkemuka dan penata rambut di New York, Nunzio Saviano :

 

  1. Mulailah dengan Air Hangat

Sama seperti baju cucian, kamu juga membutuhkan siklus bilas sebelum kamu menambahkan shampoo pada rambut. Gunakan air hangat sebelum menambhakan shampoo karena air hangat dapat  membuka kutikula yang baik untuk menghilangkan kotoran atau produk kimia lain yang terperangkap di rambu. Selain itu kutikula yang terbuka akan mudah menyerap minyak sehingga rambut tidak cepat lepek.

 

  1. Lather up (Hanya pada kulit kepala)

Sebenarnya kamu hanya perlu memberikan shampoo pada rambut di bagian kulit kepala terutama di dekat tengkuk. Rambut yang paling dekat dengan kulit kepala adalah rambut yang paling muda atau baru saja tumbuh dan cepat berminyak. Sedangkan ujung rambut adalah bagian rambut tertua dan tentunya cepat rapuh. Jadi cukup usapkan rambut pada kulit kepala hingga berbusa lalu baru sapukan busanya pada ujung rambut.

 

  1. Gosok dengan Lembut

Jika kamu terlalu keras saat keramas, maka gesekan tersebut dapat merusak kutikula rambut secara permanen dan menyebabkan rambut kusut. Jadi biasaknlah untuk mengusap rambut dengan lembut saat kamu keramas. Saat keramas, mulailah dengan gerakan memijat pada akar rambut dan kulit kepala sehingga dapat melancarkan peredaran darah. Lalu usapkan secara lembut ke arah bawah secara vertical ke ujung rambut. Jangan gunakan gerakan bolak balik atau menggesek berlawanan arah saat mengusap bagian ujung rambut.

 

  1. Jangan Keramas 2 Kali

Hindari keramas lebih dari satu kali dalam satu waktu. Kecuali rambut kamu benar-benar kotor dan shampoo pertama yang kamu gunakan sama sekali tidak berbusa.

 

  1. Tambahkan Kondisioner dari Pertengahan Rambut Hingga Ujung

Setelah kamu keramas dan membilasnya, jangan lupa untuk memeras air dari rambutmu yang basah dan menambahkan kondisioner. Jangan gunakan kondisioner pada bagian akar rambut karena hanya akan membuat kandungan minyak dari kondisoner dan minyak alami pada kulit kepala terakumulasi secara bersamaan sehingga membuat rambutmu cepat lepek.

 

  1. Bilas dengan Air Dingin

Berkebalikan saat kita mulai keramas dengan air hangat, maka saat mengakhirinya kita menggunakan air dingin. Air dingin juga memiliki fungsi yang berkebalikan dengan air hangat yaitu menutup kutikula rambut kita dan membuat rambut tampak lebih bersinar.

 

Yuk coba kita ikuti cara diatas agar tidak merusak rambut kita setiap kita selesai keramas. Selain itu sebagai tambahan tips, sebaiknya pilihlah jenis shampoo dan kondisoner sesuai dengan jenis rambutmu. Juga berapa banyak kamu keramas setiap minggunya juga sesuaikan pula dengan tipe rambutmu yaa girls ! Selamat mengikuti.

Leave a Comment
LATEST NEWS
POPULAR
SUBSCRIBE OUR NEWSLETTER