K-WAVE

Penuh Amarah, Ini Tanggapan Heechul Soal Wartawan yang Mengkritik Mendiang Sulli dan Goo Hara

Thursday, 23/04/2020 18:06 WIB by Febri, Facetofeet
Penuh Amarah, Ini Tanggapan Heechul Soal Wartawan yang Mengkritik Mendiang Sulli dan Goo Hara
koreaboo.com

 

Tahun 2019 menjadi tahun yang terpuruk untuk beberapa penggemar K-pop, pasalnya penyanyi Sulli dan sesama sahabat selebritinya, Goo Hara, memutuskan untuk mengakhiri hidupnya ditahun 2019 lalu. Sulli dan Goo Hara memang pernah mengalami masa-masa terpuruk akibat komentar jahat dari beberapa netizen. Karena hal ini, banyak yang menganggap kematian kedua penyanyi cantik tersebut disebabkan oleh jahatnya komentar netizen.

Belakangan, salah satu member Super Junior, Kim Heechul, yang juga diketahui dekat dengan mendiang Sulli dan Goo Hara membeberkan alasan mengapa ia memutuskan untuk meninggalkan sosial media. Ternyata alasannya ini berhubungan dengan komentar jahat yang dilihatnya di sosial media pasca meninggalnya dua sahabatnya tersebut.

Hal ini Heechul beberkan pada suatu acara tv berjudul ‘Love of 7.7 Billion’, dimana saat itu seorang panelis membahas tentang komentar-komentar jahat. Kim Heechul-pun tak kuasa mengutarakan perasaannya temtang Sulli dan Goo Hara. 

soompi.com

"Aku dekat dengan kedua teman dan yang membuatku paling marah setelah apa yang terjadi adalah orang-orang membedakan gender untuk diserang. Pria memposting komentar pelecehan seksual dan mempermalukan mereka sementara wanita menyebut mereka memalukan bagi semua wanita sambil saling menyalahkan dan menjatuhkan. Mereka saling merobek satu sama lain dan ini terjadi. Aku terkejut melihat komentar ketika aku online untuk memposting posting bela sungkawa,” ujarnya.

“Kupikir aku ingin menjadi selebriti selama sisa hidupku, tapi itu cukup buruk sehingga aku meminta saran kepada Shin Dong Yup. Aku sangat marah, aku menarik diri dari semua media sosial. Setiap kali melihat komentar itu akan membuatku semakin marah.”

"Teman yang meninggalkanku belum lama ini (Sulli) mengatakan bahwa dia akan mengikuti sebuah program berbicara tentang komentar jahat dengan Shin Dong Yup. Aku mengkhawatirkannya, berpikir apakah mentalnya akan baik-baik saja tapi dia tampak sangat bahagia setelah tampil di program tersebut. Kupikir energi bekerja melalui hal-hal dengan orang lain adalah baik setelah kehilangan harga diri dan berpikir bahwa dia adalah orang yang tidak dibutuhkan di dunia ini. Setelah berbicara dengan hyung (Shin Dong Yup) dan para penggemar, dia menyadari bahwa dia dibutuhkan. Dia menang dengan berani dan hanya menunggu hari pembuatan film. Semua temannya tahu itu," tutur member Super Junior tersebut.

kpopstarz.com

Dalam acara tersebut, Heechul juga mengutarakan rasa marahnya akibat para pria dan wanita bertentangan dan terus menerus saling menyalahkan mengenai pemyebab kematian mendiang Sulli dan Goo Hara. 

Namun ternyata pernyataan Kim Heechul tersebut memancing salah satu wartawan bernama Wi Geun Woo dan mengkritik soal Kim Heechul yang membawa-bawa gender ke dalam permasalahan ini. 

Salah satu yang dituliskan oleh wartawan tersebut, “Saya tidak bisa memahami kemarahan Kim Heechul, yang kehilangan dua rekan dekat. Tetapi almarhum Sulli tidak hanya memiliki komentator jahat pria tetapi juga komentator jahat wanita. Dan bahkan jika memang benar bahwa ada perubahan dalam sikap mereka, saya pikir itu salah penilaian untuk menggantikan ini sebagai ‘konflik antar gender’ dan mengatakan bahwa kedua belah pihak salah. Untuk lebih spesifik, memang benar komentator jahat pria dan wanita salah, tetapi itu adalah lompatan logis untuk menyimpulkan bahwa laki-laki dan perempuan salah dalam “konflik antara gender” berdasarkan alasan tersebut.”

Mendengar kritikan yang ditujukan padanya, tentu Heechul tidak berdiam diri dan membalas komentar tersebut dengan akun pribadinya. “Hai tuan, apakah penting komentator jahat atau penjahat itu laki-laki atau perempuan? Selain gender, jika Anda melakukan kejahatan, Anda adalah penjahat. Saya dan rekan-rekan lain yang dekat dengan mereka masih tidak bisa menyebutkan nama mereka dengan keras karena sedih dan menyebut mereka dengan hati-hati, tetapi siapa Anda menulis sesuatu seperti ini menggunakan almarhum?”

allkpop.com

Kim Heechul juga mengakui bahwa sebenarnya ia sudah tidak ingin memperpanjang masalah ini, namun komentar yang diutarakan wartawan tersebut menurutnya sudah kelewat batas dan ia perlu menanggapinya. 

Heechul juga mengakhiri komentarnya dengan menyebut bahwa wartawan tersebut hanya mencari perhatian publik dan hal itu sangatlah tidak pantas. Heechul bahkan sempat mengutarakan kata yang cukup kasar untuk wartawan tersebut karena menggunakan mendiang sahabatnya untuk menaikkan popularitasnya sendiri.

Cukup pelik ya, girls. Jadi bagaimana tanggapanmu?


Baca Juga:

Tak Bisa Menahan Tangis, Ini Pesan Menyentuh IU Untuk Mendiang Sulli dan Goo Hara Saat Konser Tunggalnya

Sangat Kehilangan, Inilah Pesan Singkat Dari SM Entertainment Untuk Mengenang Sulli

BREAKING NEWS! Penyanyi Goo Hara Ditemukan Meninggal Dunia

9 Lagu Ini Akan Bikin Kamu Ingat Goo Hara

Heechul “Super Junior” Akhirnya Akui Pacaran dengan Momo “ TWICE”

Leave a Comment
LATEST NEWS
POPULAR
SUBSCRIBE OUR NEWSLETTER