LIFESTYLE

Apakah Tidur Berkualias Berpengaruh Terhadap Kecantikan Kulit?

Saturday, 30/03/2019 14:02 WIB by nerissa arfiana, Facetofeet
Apakah Tidur  Berkualias Berpengaruh Terhadap Kecantikan Kulit?
thedoctorsweightin

Selain membuat wajah menjadi kusam, berminyak dan pucat, terlalu sedikit tidur juga dapat memengaruhi tubuh kita secara keseluruhan. Kekurangan tidur dalam jangka panjang secara kesehatan dapat dikaitkan dengan diabetes, tekanan darah tinggi, dan obesitas juga memiliki dampak lain pada kulit lho.

Banyak sumber dan pengatahuan yang mengatakan bahwa tidur yang berkualitas memang;ah suatu keharusan, karena setiap sel dalam tubuh kita, termasuk sel kulit memulihkan diri dan beregenerasi di waktu istirahat ini. Spesifiknya, malam hari adalah suatu ketika sel-sel baru dan sehat naik ke permukaan kulit dan memperbaiki kerusakan pada kulit. Namun, jika tubuh tidak dalam keadaan lelap seutuhnya, sel-sel ini juga kesulitan dan tidak melakukan fungsinya secara optimal.

Tubuh yang kurang beristirahat dibaca sebagai bentuk stres dan merespon dengan menghasilkan hormon yang disebut kortisol. Selain efek negatif pada sistem kekebalan dan kadar gula darah, kortisol membahayakan kolagen yang mendukung kulit kita, yang mengarah pada tanda-tanda penuaan dini seperti garis-garis halus, kerutan dan hilangnya elastisitas. Hormon kortisol ini juga menyebabkan pembuluh darah mengerut, mengurangi jumlah oksigen, serta nutrisi yang diterima kulit, pada akhirnya akan membuat kulit tampak kusam dan pudar.

sumber : ABC news

Skin barrier atau yang biasa disebut penghalang kulit terdiri dari sel-sel kulit serta lemak yang menyatukannya. Tanpa tidur yang cukup, penghalang kulit kurang mampu memperbaiki dirinya sendiri, yang berarti kelembaban berkurang dan menjadi lebih mudah bagi iritasi untuk masuk ke dalamnya. Ini berarti dehidrasi, sensitivitas, peradangan, dan garis-garis halus serta kerutan mudah muncul pada kulit

Walaupun kulit mampu cepat kembali pulih dengan ‘membayar’ tidur namun maraton tidur bukanlah solusi yang baik. Terlalu banyak tidur juga memiliki dampak negatif pada kulit, dan dapat menyebabkan kerusakan sel. Untuk itu, kualitas tidur yang baik adalah prioritas yang sangat penting untuk kulit yang muda, sehat, dan bercahaya.

Leave a Comment
LATEST NEWS
POPULAR
REVIEW
SUBSCRIBE OUR NEWSLETTER