LIFESTYLE

Panduan Etiket di Meja Makan: Tips Table Manner

Tuesday, 13/10/2015 12:12 WIB by Kennissa, Facetofeet
Panduan Etiket di Meja Makan: Tips Table Manner
in.news.yahoo.com

Jika kamu diundang ke sebuah acara makan malam mewah di restoran bintang lima, pastinya kamu harus tahu tata cara makan atau table manner untuk menghindari kecanggungan dan rasa malu di tempat bergengsi seperti itu. Masalahnya, beberapa dari kita masih tidak paham apa itu table manner dan bagaimana bersikap yang baik di meja makan. Nah, jika kamu salah satunya, panduan berikut bisa menjadi pegangan untuk menentukan bagaimana harus bersikap di meja makan. 

 

Tepat Waktu

Ingat, kamu bukan berada di sekolah atau kampus di mana prinsip “peraturan ada untuk dilanggar” bisa seenaknya kamu gunakan. Dalam peraturan tidak tertulis di sini, jika kamu diundang acara makan malam, berarti kamu harus datang tepat pada waktunya. Bahkan terlambat beberapa menit saja sudah merupakan tindakan yang dikategorikan tidak sopan. Ups! Hati-hati ya. 

 

Gunakan Serbet Dengan Benar

Jika bicara tentang etiket makan, serbet pasti menjadi bahan pembicaraan utama. Biasanya, serbet ini terbuat dari kertas, seperti tisu. Ingat, serbet TIDAK digunakan untuk mengelap mulut. Gunakan serbet untuk menepuk-nepuk mulut. Ketika pertama kali duduk, buka lipatan serbet dan letakkan di atas lututmu, BUKAN diselipkan di kerah leher. Dan jangan pernah biarkan serbet tergelatak begitu saja di meja. Bahkan ketika kamu harus ke toilet, jangan letakkan serbet di atas meja. Letakkanlah di kursimu. 

 

 

Gelas Anggur

Ada beberapa jenis gelas anggur yang berbeda, dan kesemuanya digunakan untuk jenis anggur yang berbeda-beda pula. Biasanya, pada pesta makan malam, ada gelas anggur merah, gelas anggur putih, gelas sampanye, dan port anggur. Penting untuk menuang minuman yang tepat ke gelas yang tepat pula. Saat harus toast, jangan mengangkat gelas untuk dirimu sendiri. Saat toast dengan yang lain, pastikan gelasmu tidak sampai berdenting dengan gelas lain. Ini adalah kesalahan yang umum dijumpai. Alih-alih berdenting, kamu harus mengarahkan ujung gelasmu ke arah orang yang toast denganmu. Jika ingin mengajukan toast, berdeham lah. 

 

 

Tempat Duduk

Dalam banyak pesta makan malam, akan ada pengaturan tempat duduk. Kamu akan menemukan di mana tempat dudukmu tergantung di pintu ruang makan, atau dalam bentuk kartu di atas meja. Jika tidak ada pengaturan tempat duduk, pelayan restoran akan menunjukkan di mana tempatmu bisa duduk. Jangan pernah berpikir bahwa kamu bisa duduk di mana saja dan seenaknya memilih tempat duduk. Ini akan dianggap tidak sopan dan akan menimbulkan ketidak-nyamanan saat kamu diminta pindah. 

 

Posisi Tubuh

Cara kamu duduk di meja itu sangat penting. Ketika kamu sudah mendapatkan tempat duduk, kamu harus memastikan kakimu terpancang di lantai di depanmu. Jangan mengangat kaki, menyilangkan kaki, atau membuatnya tergantung-gantung di atas lantai, karena itu akan membuatmu secara tidak sadar mengetuk-ngetukkan kaki ke lantai. Jaga agar kakimu selalu lurus dan tidak disilangkan. Jangan meletakkan siku di atas meja, bahkan seandainya itu terasa lebih nyaman bagimu. Saat makan, arahkan makannya ke mulut, bukannya mulut yang mendekati makanan. 

 

Makan

Penting untuk tidak makan dulu sebelum semua orang mendapatkan makanan mereka. Tidak peduli jika makananmu sudah sampai lebih dulu, atau selapar apapun kamu, tunggulah sampai semua orang sudah menghadapi makanan mereka. Jika ini adalah pesta besar dan tidak mungkin melihat satu per satu apakah semua tamu sudah dapat makanan, kamu harus menunggu aba-aba dari tuan rumah. Jika kamu menemukan makanan yang tidak bisa kamu makan karena alasan apa pun, minta diri dari meja. Jangan pernah meludahkan makanan ke meja. Jika kamu ingin mengeluarkan tulang atau pengganggu lainnya dari mulut, gunakan ibu jarimu untuk mengambil pengganggu tersebut dan letakkan di piring. 

 

Jangan Minta Banyak Penjelasan dari Pelayan Restoran

Pernah melihat orang meminta banyak penjelasan soal menu kepada pelayan restoran? Jika ya, penting untuk kamu ingat bahwa ini adalah sesuatu yang TIDAK BOLEH kamu lakukan dalam makan malam formal. Ini akan memperlambat jalannya acara karena pelayan jadi tidak bisa bekerja dengan cepat. Kamu bisa merasakan orang-orang yang mulai merasa kesal karena makanan mereka tidak juga dilayani karena pelayannya sibuk menjelaskan ini-itu kepadamu. Pelayan adalah orang yang sibuk, dan tugas mereka adalah untuk melayani kebutuhan makan dan minum semua orang. Jika benar-benar harus bertanya, tanyakan satu pertanyaan saja dengan jawaban singkat. 

 

Makan Makanan yang Mudah Dimakan

Kamu pasti tidak ingin menghisap untaian spaghetti ke dalam mulut atau mengunyah daging sapi selaam 2 jam penuh. Jadi, untuk menjaga diri tetap berada dalam etiket makan yang benar, kamu harus menampilkan kesan yang baik terhadap teman-temanmu di sana. Pilih makanan yang tidak repot dan tidak berantakan saat dimakan, seperti ayam, salad, ikan, dan sup. Jika ada sesuatu di menu yang kamu tidak yakin apa itu, lebih baik hindari. 

 

Jangan Makan Sambil Bicara

Berbicara memang tidak bisa dihindari saat pesta makan malam, semua orang tahu itu. Tidak mungkin semua orang harus diam membisu selama acara berlangsung. Namun, pastikan saat sedang mengunyah kamu tidak bicara dan membuka mulut. Maka itu, potong makananmu kecil-kecil sehingga kamu bisa menelannya dengan mudah. Dengan begitu, kamu bisa ikut bergabung dalam percakapan, karena tetap diam selama makan malam berlangsung sementara teman-temanmu mengobrol juga dianggap tidak sopan. 

 

Bersikap Sopan

Saat pesta akan malam, pastikan kamu mengucapkan kata “tolong”, “terima kasih”, dan “permisi” sesering mungkin. Gunakan kata-kata tersebut di saat-saat yang tepat.

Leave a Comment
LATEST NEWS
POPULAR
REVIEW
SUBSCRIBE OUR NEWSLETTER