LIFESTYLE

6 Kesalahan yang Sering Kita Buat Dengan Olive Oil

Sunday, 08/11/2015 12:12 WIB by Kennissa, Facetofeet
6 Kesalahan yang Sering Kita Buat Dengan Olive Oil
huffingtonpost.com

Kita semua tahu bahwa olive oil memiliki khasiat luar biasa pada pada tubuh. Itu karena olive oil mengandung anti-oksidan yang mampu memberikan berbagai manfaat tidak hanya pada kulit saja, tapi juga pada kesehatan pada umumnya. Inilah sebabnya banyak yang mulai beralih menggunakan olive oil ketimbang minyak goreng biasa saat memasak. Lemak baik di dalamnya sangat bagus untuk jantung juga lho. 

Masalahnya, banyak dari kita yang menggunakan olive oil, tapi masih salah dalam pengaplikasiannya. Berikut adalah berbagai kesalahan umum yang harus dihindari saat berurusan dengan olive oil, baik itu untuk pemakaian di kulit maupun untuk masak. 

Kesalahan #1

Olive oil tidak bisa disimpan di dalam wadah kaca atau plastik bening. Itu karena minyak yang murni rentan proses oksidasi. Sinar matahari dan oksigen bisa merusak khasiat alami olive oil. Jika sudah terkena sinar matahari atau oksigen, olive oil akan rusak. Maka itu, selalu pilih produk yang kemasannya dari botol gelap. 

Kesalahan #2

Menyimpan olive oil di area yang panas juga merupakan kesalahan yang umum terjadi, karena biasanya kita menyimpan minyak ini di dapur, di mana ada hawa panas kompor. Bukan hanya hawa panas kompor saja, tapi sinar matahari atau sinar lampu, atau apapun yang memancarkan panas, bisa merusak kandungan polyphenol, yang adalah antioksidan, di dalam olive oil. Jadi, selalu simpan olive oil di tempat tertutup. 

Kesalahan #3

Biasanya kita menilai dari warna olive oil, jika warnanya berbeda dari kebanyakan produk yang sering dilihat di supermarket, kita berasumsi minyak itu berkualitas buruk. Padahal belum tentu. Warna olive oil tergantung pada pemetikan dan pemrosesannya. Warnanya bervariasi dari hijau terang sampai kuning keemasan. Kualitas olive oil tidak tergantung pada warna.

Kesalahan #4

Berpikir bahwa semua olive oil itu sama adalah sebuah kesalahan. Olive oil terbagi menjadi dua, food grade dan cosmetic grade. Meski kebanyakan orang mengatakan bahwa food grade olive oil bisa digunakan untuk wajah, tapi penting untuk diingat bahwa olive oil cosmetic grade TIDAK bisa digunakan untuk masak. Jika memilih olive oil untuk masak, selalu pilih minyak premium dengan kandungan rasa yang tinggi. 

Kesalahan #5

Memasak dengan olive oil dan panas yang tinggi sama sekali tidak dianjurkan. Itu karena panas yang tinggi akan merusak kandungan antioksidan di dalam olive oil. Jadi, tidak disarankan untuk menggunakan olive oil untuk menggoreng apapun. Gunakan olive oil sebagai penyedap rasa tambahan yang kamu bubuhkan pada salad, pasta, atau makanan lainnya.

Kesalahan #6

Menggunakan olive oil terlalu lama adalah kesalahan lain yang harus dihindari. Jika kamu berpikir untuk membeli olive oil ukuran besar sehingga bisa digunakan bertahun-tahun, ubah pikiranmu sekarang juga. Olive oil paling lama hanya tahan sampai 24 bulan. Oilve oil yang sudah lama akan kehilangan rasa dan kandungan antioksidannya. 

Leave a Comment
LATEST NEWS
POPULAR
REVIEW
SUBSCRIBE OUR NEWSLETTER