LIFESTYLE

Bagaimana Ya Caranya Melindungi kulit dari Radikal Bebas? Cari Tahu Jawabannya, Yuk!

Thursday, 12/12/2019 09:09 WIB by nerissa arfiana, Facetofeet
 Bagaimana Ya Caranya Melindungi kulit dari Radikal Bebas? Cari Tahu Jawabannya, Yuk!
twitter

Kamu pernah mendengar istilah "radikal bebas"? Banyak produk perawatan kulit diformulasikan untuk "melawan radikal bebas" yang dijual di pasaran. Tapi apa sih yang disebut radikal bebas? dan mengapa kita perlu melindungi kulit terhadap radikal bebas tersebut?

Apa Sih yang Disebut dengan Radikal Bebas?

Radikal bebas adalah molekul oksigen reaktif kecil yang dapat menyebabkan kerusakan pada kulit kita. Menurut Dr. Diane Madfes, Garnier Consulting Dermatologist, radikal bebas dapat merusak sel kulit, DNA, dan produksi kolagen kita. Menyatu dengan ancaman eksternal seperti sinar UV dan polusi. Seiring waktu, efek pada kulit akan mulai muncul sebagai keriput, kendur, dan kulit yang kasar

Bagaimana Melindungi Diri dari Radikal Bebas?

Peran antioksidanlah yang sangat penting dalam melawan radikal bebas. Salah satu cara untuk mencegah kerusakan kulit dari radikal bebas adalah melalui zat antioksidan, karena zat ini dapat membantu menetralkan molekul dan mencegahnya menyebabkan tanda-tanda penuaan pada kulit. Tubuh kita sendiri memproduksi antioksidan dalam jumlah terbatas, jadi penting banget untuk memasukkan zat antioksidan secara teratur.

Antioksidan dalam Perawatan Kulit

Banyak produk perawatan kulit mengandung antioksidan seperti vitamin A, C, dan E. Memasukkan produk-produk ini ke dalam rutinitas kulit harian kamu akan membantu kulit dalam melawan radikal bebas. Misalnya, Vitamin C, yang dianggap sebagai salah satu antioksidan paling efektif untuk pancaran sinar matahari.

(sumber : hello sehat)

Antioksidan dalam Makanan

Bukan cuma di dalam produk perawatan kulit, zat ini juga sangat mudah kamu jumpai setiap hari contohnya di dalam makanan. Tubuh bisa mendapat manfaat dari mengonsumsi makanan kaya nutrisi ini beberapa kali seminggu. Vitamin A dapat ditemukan dalam sayuran dan buah-buahan seperti wortel, labu, dan mangga. Vitamin C ditemukan dalam buah jeruk atau sayuran seperti kangkung dan tomat. Vitamin E dapat ditemukan dalam kacang-kacangan, biji-bijian dan minyak. Selenium ditemukan dalam protein seperti daging merah, ayam, babi dan telur.

Jika kamu ingin menerapkan diet yang kaya antioksidan, cobalah untuk memasukkan makanan ini ke dalam makanan dengan memusatkan khusus pada buah-buahan dan sayuran. Diet ini mampu mencerahkan kulit dan membantu kulit tampak lebih bercahaya. Meskipun kamu tidak dapat melakukan banyak hal mengenai radikal bebas sebagai faktor eksternal, antioksidan dapat bertindak sebagai perisai pelindung dengan membantu menetralisir saat masuk ke dalam tubuh.

Baca juga :

Ini Kandungan Zat Antioksidan yang Harus Ada di Produk Pembersih Wajah Kamu Girls!
Yuk, Gunakan Produk Antioksidan Ini untuk Memulihkan Kulit Lelah Kamu!
Leave a Comment
LATEST NEWS
POPULAR
SUBSCRIBE OUR NEWSLETTER