LIFESTYLE

Sebenarnya Perlu Nggak Sih Humidifier untuk Perawatan Kulit Kamu?

Thursday, 12/12/2019 09:09 WIB by nerissa arfiana, Facetofeet
Sebenarnya Perlu Nggak Sih Humidifier untuk Perawatan Kulit Kamu?
bustle

Terasa nggak sih girls, jika di beberapa waktu kulit bisa terasa sangat kering? bukan hanya saat musim panas atau kering, tapi saat musim pancaroba dan dingin pun seringkali terjadi. Walaupun sudah menggunakan produk perawatan kulit yang berguna untuk melembabkan dan menghidrasi kulit, rasanya kulit masih terasa kering. Adapun salah satu solusi yang mungkin pernah kamu tahu adalah menggunakan Humidifier atau pelembab ruangan. Nah kira-kira perlu nggak sih humidifier tersebut? Dilansir dari situs the Klog, ini dia jawabannya girls!

Bagaimana kelembaban udara dapat mempengaruhi kulit?
Bahkan jika kulit sepertinya terasa sama, kelembaban udara ternyata dapat mempengaruhi tingkat hidrasi sama seperti skin barrier kulit kamu. Ketika udara lebih lembab, terdapat sedikit atau tidak ada penguapan kelembaban dari kulit, yang menurut dokter kulit bersertifikat Dr. Viseslav Tonkovic-Capin, menjaga kulit lebih kenyal dan halus. Karena itu, tingkat kelembaban yang rendah menyebabkan efek buruk pada kulit.

"Ketika udara kering, kandungan air menguap dari kulit kita, yang membuatnya menjadi kering dan pecah," kata Dr. Tonkovic-Capin. Jika lapisan kulit luar mengalami dehidrasi, hal itu dapat membuat penghalang kulit kurang berfungsi dalam melindungi kulit.

Tingkat kelembaban yang rendah juga bisa memperjelas tanda-tanda penuaan. Dalam sebuah studi ilmiah 2007 di Jepang tentang efek kulit dari kelembaban ruangan, sukarelawan menilai konduktansi kulit, elastisitas, dan kerutannya setelah melakukan aklimatisasi ke ruangan dengan kelembaban tinggi, dan kemudian kembali setelah berada di ruangan dengan kelembaban rendah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penurunan kelembaban 30% secara signifikan dapat mengurangi elastisitas kulit dan memperdalam garis-garis halus dan kerutan hanya dalam 30 menit.

Hal ini sangat relevan di bulan-bulan yang lebih dingin karena tidak hanya udara di luar lebih sedikit lembab, tetapi pemanas atau bahkan pendingin sentral di dalam rumah atau kantor dapat memiliki hasil pengeringan yang sama dan menghilangkan lebih banyak kelembaban dari kulit.

sumber : healthline

Bagaimana humidifier membantu?
Tepatnya, bagaimana tepatnya cara kerja pelembab udara? "Humidifier adalah perangkat portabel yang dapat kita gunakan untuk meningkatkan kelembaban area di sekitarnya, yang dapat memperlambat atau menghentikan penguapan uap air dari kulit" kata dermatolog yang berpusat di Vermont, Dr. Laura McGevna.

Menggunakan pelembab bisa sangat bermanfaat jika kamu mulai memperhatikan tanda-tanda tingkat kelembaban rendah pada kulit. Dr. McGevna merekomendasikan menggunakan pelembab udara di malam hari setiap kali kamu menyalakan pemanas ruangan, atau merasa udara sedang sangat terasa kering terutama jika kulit sudah mulai pecah-pecah.

sumber : HVAC com

Jadi, apakah kamu benar-benar membutuhkan pelembab udara?
Jika kamu memiliki jenis kulit kering atau telah mengalami dehidrasi dan cracking akibat cuaca dingin, humidifier secara konsisten dapat meningkatkan hidrasi kulit secara keseluruhan tanpa penerapan perawatan kulit apa pun. Ini juga bisa membuat hidup kamu sedikit lebih nyaman dan mudah, terutama jika kamu memiliki dry patches di seluruh tubuh, seperti dengan eksim atau psoriasis.

Tetapi jika kamu tidak memiliki masalah akan kelembaban udara yang rendah atau kulit kering, produk pelembab sudah cukup untuk menjaga kulit tetap lembut dan terhidrasi sepanjang hari dengan produk perawatan kulit yang memiliki bahan-bahan seperti lidah buaya, panthenol, atau gliserin.

baca juga :

Inilah Ciri Pelembab Kamu Sudah Tidak Berfungsi dengan Baik Pada Kulit, Girls
4 Pertanyaan yang Harus Kamu Jawab Sebelum Memilih Pelembab yang Tepat!
Leave a Comment
LATEST NEWS
POPULAR
SUBSCRIBE OUR NEWSLETTER