LIFESTYLE

Ini Efeknya Pada Tubuh Kalau Kamu Menyembunyikan Sesuatu Dari Pasangan

Friday, 20/12/2019 15:03 WIB by Kennissa, Facetofeet
Ini Efeknya Pada Tubuh Kalau Kamu Menyembunyikan Sesuatu Dari Pasangan
Shutterstock

Menyimpan rahasia itu tidak pernah mudah. Namun, akan jadi lebih sulit kalau kamu menyembunyikan rahasia tersebut dari pasangan. Apalagi kalau kamu sudah menjalin hubungan yang dibangun atas dasar kepercayaan dan keterbukaan. Dengan kata lain, pasanganmu biasa terbuka padamu. Kalau kamu menyembunyikan sesuatu darinya, rasanya pasti stress banget. 

Namun, ketahui dulu bedanya rahasia dan privasi. Sebagai pasangan dewasa, kita tentu berhak untuk punya privasi, seperti misalnya aktivitas ponsel dan media sosial (yang tentunya tidak berbahaya dan mengancam keutuhan hubungan). Hal-hal yang menyangkut privasi tidak wajib diceritakan dan dibagi dengan pasangan. Beda urusan dengan rahasia. Rahasia menyangkut sebuah urusan yang seharusnya pasanganmu tahu akan hal itu, tapi kamu menyembunyikannya untuk kepentingan dirimu sendiri. 

Saat kamu memaksakan diri untuk menyimpan rahasia ini dari pasangan, kamu akan mulai melihat tanda-tanda stress di tubuhmu. Kamu akan sering merasa gugup dan cemas saat pasanganmu mengungkit-ungkit hal yang ingin kamu sembunyikan tersebut. 

Dan seiring waktu, kamu akan jadi sering sakit kepala, sakit perut, dan otot terasa sakit akibat stress terus-menerus. 

Gawatnya lagi, kekacauan itu bisa memengaruhi aktivitas sehari-harimu lho. Kamu jadi sulit tidur di malam hari. Akibatnya, keesokan harinya kamu jadi letih, tidak fokus, dan suasana hati pun buruk. Seringnya, orang yang stress itu bisa tidur di jam-jam biasa. Tapi nanti terbangun di tengah malam atau menjelang pagi, dan tidak bisa tidur lagi. 

Bukan cuma itu, menyembunyikan rahasia juga bisa berpengaruh pada perasaan dan mood-mu sehari-hari. Kamu jadi cepat marah, tidak sabaran, dan jadi defensif. 

Jadi, rahasia-rahasiaan sama pasangan itu memang buruk dampaknya bagi kesehatan fisik dan mental. Selain itu, bisa mengancam keutuhan hubunganmu juga. 

Kalau kamu kebetulan sedang mengalami ini, daripada mengorbankan kesehatan dan hubungan, lebih baik jujur dan minta pasangan untuk sama-sama mencari solusi atas masalahmu. 

 

 

 

Baca Juga:

Jangan Sampai Salah! Ini 5 Tanda Nonverbal Bahwa Pacarmu Sedang Bohong?

5 Cara Ini Bisa Membantumu Biar Ga Lagi Jadi Pacar yang Cemburuan?

Mungkin Ini Alasan Kenapa Kamu Masih Merasa Kesepian Setelah Punya Pacar

Girls, Ini Alasannya Gebetan Jadi Cuek dan Mengabaikan Pesanmu

Ini Cara yang Bisa Kamu Lakukan Apabila Memiliki Pacar Cuek

Leave a Comment
LATEST NEWS
POPULAR
SUBSCRIBE OUR NEWSLETTER