LIFESTYLE

Social Distancing dan Physical Distancing, Ini Perbedaannya!

Tuesday, 31/03/2020 11:11 WIB by Febri, Facetofeet
Social Distancing dan Physical Distancing, Ini Perbedaannya!
nytimes.com

Sejak penyebaran wabah virus corona, netizen berlomba-lomba menyerukan social distancing. Bahkan pemerintah juga menerapkan sistem social distancing ini untuk memutus mata rantai penyebaran virus corona. Namun sebenarnya apa sih social distancing itu?

Social distancing merupakan sebuah langkah dimana kita membatasi aktifitas diluar rumah terutama yang melibatkan banyak orang. Social distancing sendiri kerap dilakukan untuk memperlambat penyebaran suatu penyakit seperti yang saat ini sedang terjadi.

Lalu Apa Itu Physical Distancing?

vox.com

Belakangan ini WHO mengganti istilah social distancing menjadi physical distancing untuk suatu alasan. Walaupun memiliki arti yang hampir sama, namun istilah physical distancing lebih tepat digunakan disituasi seperti sekarang. Physical distancing merupakan tindakan dimana kita menjauhi kontak fisik dengan orang lain, kontak fisik tersebut termasuk juga berjabat tangan. 

Penggantian penyebutan istilah social distancing ke physical distancing dilakukan karena banyak yang menganggap social distancing berarti himbauan untuk tidak melakukan kontak sosial. Padahal yang dimaksud oleh WHO dan pemerintah adalah mengurangi kontak fisik dengan orang lain dan mengurangi aktiftas di luar rumah.

Menurut Suzanne Sicchia, professor Pusat Interdisipliner Untuk Kesehatan dan Masyarakat di Universitas Toronto, “Kami ingin dan perlu mendorong hal-hal seperti solidaritas sosial, kerja sama sosial dan tanggung jawab sosial. Ini adalah inti dari tindakan yang telah diminta atau diminta untuk dilakukan untuk membantu meratakan kurva dan melindungi mereka yang berisiko terbesar dari komplikasi serius atau kematian. Mengubah bahasa kita dari 'jarak sosial' ke 'jarak fisik' adalah upaya beberapa orang untuk menangkap dan mengomunikasikan semua ini dengan lebih jelas.

Jadi intinya, perubahan istilah ini dilakukan agar warga diseluruh dunia lebih mengerti bahwa pandemi yang sedang kita hadapi ini berbahaya dan menular dengan cepat, oleh karena itu satu-satunya cara agar penderita virus corona tidak bertambah adalah dengan menerapkan physical distancing ini dengan disiplin.

Yuk mulai sekarang lebih disiplin lagi agar pandemi virus corona ini cepat teratasi dan kita bisa beraktifitas serta bersosialisai seperti biasa. Stay safe and stay at home, girls!

 

Baca Juga:

Tetap Sehat Saat Social Distancing. Ini Dia Girls Rekomendasi Online Store Untuk Membeli Buah dan Sayur

Wajib Punya: 7 Kelengkapan Penting Buat Work From Home Biar Bisa Produktif

Ikuti Tips Ini Kalau Mau Tetap Produktif Walaupun Work From Home

Yuk Rajin Perawatan Selama #Dirumahaja! Ini Dia Rekomendasi Sheet Mask Affordable Buat Kulit Remaja

#DiRumahAja Jadi Ngemil Terus? Ini 5 Solusi Jitu Biar Nggak Makan Berlebihan

Leave a Comment
LATEST NEWS
POPULAR
SUBSCRIBE OUR NEWSLETTER