LIFESTYLE

Begini Caranya Mencuci Buah dan Sayur Dengan Benar di Tengah Pandemi COVID-19

Wednesday, 01/04/2020 11:11 WIB by Kennissa, Facetofeet
Begini Caranya Mencuci Buah dan Sayur Dengan Benar di Tengah Pandemi COVID-19
UNSPLASH

Cara paling efektif untuk mencegah coronavirus sekarang ini memang menjaga kebersihan diri dengan sering cuci tangan. Selain itu, tetap tinggal di rumah. Masalahnya, tidak semua orang bisa tinggal di rumah. Kamu masih tetap harus keluar untuk belanja kebutuhan sehari-hari, seperti misalnya sayur dan buah, yang tidak bisa tahan lama-lama kalaupun distok di rumah. 

Nah, kalau kamu khawatir makanan segera seperti buah dan sayur di pasar atau supermarket sudah terkontaminasi virus, ini hal yang harus kamu lakukan sebelum memasak:

  1. Cuci tangan selama 20 tidak sebelum dan sesudah memegang bahan makanan. 
  2. Cuci permukaan konter dapur, permukaan meja, dan peratalan masak yang kamu gunakan dengan teliti. 
  3. Pisahkan makanan yang mentah dan matang. 

Dan sebagai aturan tambahan dari hal-hal di atas, kamu juga harus mencuci buah-buahan dan sayuran juga. Dan caranya bukan dengan mencuci biasa di bawah air keran atau bahkan merendamnya di semangkuk air untuk menghilangkan kotoran di kulitnya. Membasahi dengan air saja itu tidak cukup untuk menghilangkan virus dan bakteri, itu kita tahu. 

The Standard

Yang harus kamu lakukan adalah dengan menggunakan sabun. Ya, sabun. Kamu nggak salah dengar. Mencuci sayuran dan buah pakai sabun itu sama efektifnya seperti menghilangkan kuman, virus, dan bakteri seperti kalau kamu mencuci tangan pakai sabun. Mengapa?

Kamu mungkin sudah tahu betapa pentingnya mencuci tangan di tengah pandemi seperti ini. Hal ini juga berlaku untuk makanan segar yang akan kamu makan. Kamu bisa menggunakan sabun cuci tangan yang biasa kamu gunakan untuk membersihkan sayur dan buah. Meski lebih disarankan untuk menggunakan sabun yang tidak menggunakan parfum yang kuat sih, sehingga aromanya tidak akan lama-lama menempel di makanan. 

Begini caranya mencuci buah dan sayur dengan sabun:

  1. Basahi tanganmu beserta sayur dan buah yang akan kamu cuci, lalu letakkan di dalam mangkuk. 
  2. Tuangkan sabun ke tanganmu. 
  3. Gunakan tangan untuk menggosokkan sabun tadi ke sayur atau buah selama masing-masing 20 detik. Kalau kurang, bisa tambah sabun lagi. 
  4. Bilas secara menyeluruh. 

Meski cara ini bagus untuk jaga-jaga, kamu juga harus tahu bahwa sampai sekarang tidak ada bukti yang meyatakan bahwa coronavirus bisa ditularkan lewat makanan. Dengan kata lain, coronavirus tidak bisa hidup di dalam makanan. Cuma makanan yang sudah kena droplets saja, seperti misalnya kena semburan bersin, batuk, atau ludah dari orang yang terinfeksi saja yang bisa terkontaminasi. 

 

Baca Juga: 

Selain Mencuci Tangan, Haruskah Kita Membersihkan Produk Makeup Lebih Sering??

Girls, Begini Lho Caranya Membersihkan Berbagai Gadget Agar Terhindar Dari Coronavirus

7 Barang yang Paling Sering Kamu Sentuh Tiap Hari dan Cara Disinfektasinya

Selain "Selamat Ulang Tahun", Ini Lagu 20 Detik Untuk Dinyanyikan Saat Cuci Tangan?

Cegah Virus Corona, Yuk Cuci Tangan dengan Rekomendasi Sabun Anti Bakteri Berikut

 

Leave a Comment
LATEST NEWS
POPULAR
SUBSCRIBE OUR NEWSLETTER