LIFESTYLE

6 Tips Dasar yang Wajib Diketahui untuk Menjadi YouTuber

Wednesday, 01/04/2020 10:10 WIB by Veni C Talimbo, Facetofeet
6 Tips Dasar yang Wajib Diketahui untuk Menjadi YouTuber
Freepik

Saat ini profesi YouTuber kian digemari para kaum millenial. Banyak yang beranggapan bahwa dengan menjadi YouTuber maka keuangan pun akan terbantu karena penghasilan yang didapat dari konten-konten yang dibuat di chanel pribadi. Memang benar, jika YouTube bisa menjadi peluang menjanjikan jika kamu ingin mendapatkan penghasilan lebih. Bukan hanya peralatan memadai dan hasil edit video yang  menarik, supaya kontenmu mempunyai banyak viewers serta subscriber, ini lho enam tips dasar yang wajib diketahui.  

 

1. Tentukan Target Penonton

Sebelum memutuskan untuk menjadi YouTuber, kamu harus tentukan terlebih dahulu target penonton yang akan menonton kontenmu. Tentukan gender dan usia penonton. Hal ini akan sangat berkaitan dengan konten-konten yang akan kamu buat ke depan. Misalnya, target penonton yang kamu incar adalah remaja perempuan hingga wanita dewasa berusia 15-35 tahun.

 

2. Buat Tema Besar untuk Keseluruhan Konten

Jika target penonton telah ditentukan, selanjutnya kamu harus membuat tema besar untuk seluruh konten yang akan disajikan di chanel-mu. Sebelum menentukan tema besar, sebaiknya amati dulu trend saat ini yang sedang digandrungi oleh target marketmu. Jika saat ini dunia kecantikan sangat digandrungi para perempuan berusia 15-35 tahun, maka kamu bisa memfokuskan setiap kontenmu dengan topik-topik yang berkaitan dengan hal tersebut, seperti makeup tutorial, product review, makeup challenge, dan masih banyak lagi.

 

3. Bikin Keunikan Tersendiri pada Setiap Konten

Mempunyai keunikan atau ciri khas tersendiri akan sangat membantu kamu untuk dinotis banyak orang. Jika kamu ingin menjadi seorang YouTuber dengan konten seputar dunia kecantikan, maka bikinlah satu hal yang membedakan kontenmu dari milik konten milik orang lain sehingga hal tersebut terkesan menarik.

 

4. Perhatikan Proses Pengambilan Gambar

Supaya kontenmu berkualitas, wajib banget untuk memerhatikan setiap proses pengambilan gambar. Pertama, carilah tempat dan sudut yang bagus saat kamu mau melakukan pengambilan gambar (men-take video). Pastikan tempat tersebut nggak berisik maupun ramai. Kamu bisa memanfaatkan rumahmu, misalnya di dalam kamar, ruang kerja/belajar, dan bagian lainnya yang terlihat menarik. Kedua, atur pencahayaan supaya nggak terlalu gelap maupun silau. Ketiga, jangan sampai video yang dihasilkan blur, maka dari itu jangan lupa mengatur kamera yang akan digunakan, ya.

 

5. Pilih Waktu yang Tepat untuk Upload Video ke YouTube

Supaya konten YouTube kamu banyak mendapatkan jumlah viewers, maka sebaiknya upload video pada jam santai di mana banyak orang menghabiskan waktu untuk menyelami dunia internet. Misalnya, saat jam makan siang, sore hari maupun malam hari usai jam kerja.

 

6. Atur Jadwal Secara Konsisten untuk Membuat Konten

Menjadi YouTuber sebaiknya dilakukan secara konsisten. Artinya, kamu harus rutin membuat konten-konten menarik agar semakin banyak orang yang mengenalmu. Untuk memudahkan, buatlah jadwal terinci dibantu dengan pemasangan alarm pengingat.

 

Itulah enam tips dasar yang wajib kamu ketahui untuk menjadi YouTuber. Jika saat ini kamu punya banyak luang waktu luang, bisa nih mulai mencoba membuat konten yang menarik lalu upload ke YouTube chanel milik pribadi. Selamat berkreasi, girls!

 

Baca juga:

Bikin Pangling, YouTuber Jepang Transformasi Jadi Mina "TWICE" Karena Makeup

Ini Dia Sederet K-pop Idols Dengan Channel YouTube Sendiri: Wajib Subscribe!

Hari Film Nasional, Ini 4 Sutradara Wanita Indonesia dengan Karya Mengagumkan

Mumpung Masih #dirumahaja, Yuk Rutin Lakukan 5 Kegiatan Ini Demi Kesehatan Kulit

10 MV yang Paling Banyak Ditonton di YouTube Sepanjang 2019. Ada MV Idolamu?

 

 

Leave a Comment
LATEST NEWS
POPULAR
SUBSCRIBE OUR NEWSLETTER