LIFESTYLE

Tahu Nggak, Kuku Panjang Bisa Bikin Kamu Lebih Rentan Terinfeksi COVID-19 Lho!

Thursday, 02/04/2020 15:03 WIB by Kennissa, Facetofeet
Tahu Nggak, Kuku Panjang Bisa Bikin Kamu Lebih Rentan Terinfeksi COVID-19 Lho!
Shutterstock

Pandemi COVID-19 sudah mengubah banyak aspek di berbagai belahan dunia secara drastis. Pemerintah di banyak negara sudah memutuskan untuk menutup berbagai tempat umum den memberlakukan jam buka pada toko-toko untuk mengontrol penyebaran virus. WHO pun menghimbau kita untuk selalu melakukan "physical distancing" saat terpaksa harus keluar rumah. Selain itu, kita semua juga "dipaksa" untuk sebisa mungkin tinggal di rumah saja. 

Cuci tangan dengan benar dan rutin kemudian juga jadi protokol. Para dokter menyatakan bahwa mencuci tangan dengan air dan sabun adalah cara terbaik untuk menghilangkan SARS-CoV-2 (virus penyebab COVID-19) di permukaan kulit. Namun, terlepas dari cuci tangan, kita sering lupa satu faktor penting dalam kebersihan: potong kuku. 

Center of Disease Control and Prevention (CDC) menganjurkan untuk menjaga kebersihan kuku selama pandemi ini berlangsung (dan seterusnya!). Jagalah agar kuku tetap pendek. Hindari dulu pemakaian kuku palsu yang panjang-panjang. Aturan ini berlaku untuk semua orang, bukan cuma untuk anak kecil saka. 

Menurut CDC, kuman, virus, dan bakteri bisa hidup di bawah kuku, baik yang palsu maupun yang asli, bahkan setelah kita cuci tagan dan pakai hand sanitizer. 

 

Istockphoto

Kuku yang tumbuh memanjang dari ujung jari itu bisa jadi tempat berkumpulnya bakteri dan kuman. CDC merekomendasikan bahwa panjang kuku cuma boleh 1/4 inci. 

Selain itu, CDC juga memberi peringatan bahwa mereka yang pakai cincin juga lebih berisiko terinfeksi penyakit yang disebabkan oleh kuman dan bakteri. Beberapa studi menunjukkan bahwa kulit di bawah cincin itu mengandung lebih banyak kuman dan kotoran dibanding area kulit lain yang terbuka, yang tidak tertutup cincin. 

Yang lebih ngeri lagi, editor medis WebMD Dr. Neha Pathak juga mengatakan bahwa kuman dan bakteri pun bisa bersembunyi di balik cat kuku yang sudah mengelupas! Cat kuku yang retak dan mengelupas bisa jadi tempat bersembunyi virus, kuman, dan bakteri. Jadi, perhatikan selalu area itu. Lebih baik hapus dulu cat kuku di masa pandemi seperti ini. 

Intinya sih, sekarang ini selain rajin cuci tangan, kamu juga harus menjaga agar kuku-kukumu tetap pendek, jangan pakai perhiasan (terutama cincin) dulu, dan hindari memakai cat kuku. 

Stay safe and healthy girls!

 

Baca juga:

Selain Mencuci Tangan, Haruskah Kita Membersihkan Produk Makeup Lebih Sering??

3 Cara Simple Atasi Kulit Kering Akibat Sering Cuci Tangan

Mumpung Masih #dirumahaja, Yuk Rutin Lakukan 5 Kegiatan Ini Demi Kesehatan Kulit

Selain "Selamat Ulang Tahun", Ini Lagu 20 Detik Untuk Dinyanyikan Saat Cuci Tangan

Begini Caranya Mencuci Buah dan Sayur Dengan Benar di Tengah Pandemi COVID-19

 

Leave a Comment
LATEST NEWS
POPULAR
SUBSCRIBE OUR NEWSLETTER