LIFESTYLE

Cuci Tangan Lebih Efektif Mencegah Virus Corona, Ini Alasannya!

Thursday, 02/04/2020 18:06 WIB by Febri, Facetofeet
Cuci Tangan Lebih Efektif Mencegah Virus Corona, Ini Alasannya!
sheknows.com

Ditengah maraknya berita mengenai penyebaran virus corona, banyak yang masih meperdebatkan tentang mana yang lebih efektif antara cuci tangan dengan sabun dan menggunakan hand sanitizer. Beberapa orang memilih untuk menggunakan hand sanitizer karena dianggap lebih praktis dan mengandung alkohol yang lebih tinggi. 

Tak sedikit juga orang-orang yang memperjual-belikan hand sanitizer ini dengan harga yang fantastis karena diburu banyak orang. Faktanya, ternyata hand sanitizer tidaklah lebih efektif dibandingkan mencuci tangan dengan sabun.

hearstapps.com

Menurut Pall Thordarson, profesor kimia University of New South Wales, Sydney, ada beberapa alasan mengapa sabun ampuh untuk menghentikan persebaran virus selagi belum menemukan obatnya. Menurutnya, virus merupakan partikel nano dengan bagian terlemah berupa lemak, lemak inilah yang dapat larut dalam sabun sehingga bisa menghancurkan dan mematikan virus. 

Selain itu, mencuci tangan yang efektif untuk membunuh virus tidak hanya memerlukan air yang mengalir, tapi juga sabun sebagai peluruh virus yang melekat di kulit. Sabun juga dapat memisahkan komponen pembentuk virus sehingga bisa dijadikan tindakan pencegahan terhadap virus.

Walaupun begitu, bukan berarti disinfektan atau hand sanitizer tidak berguna untuk memerangi virus. Beberapa pakar menyarankan untuk menggunakan hand sanitizer untuk lingkungan dengan ruangan steril seperti rumah sakit. Di ruangan steril, walaupun kulit terpapar kuman dan virus, namun pada saat ini kondisi kulit dalam keadaan bersih atau tidak kotor. Hal ini berhubungan karena hand sanitizer tidak bekerja secara efektif dipermukaan kulit yang kotor dan berminyak.

newatlas.com

Apabila terpaksa harus menggunakan hand sanitizer karena tidak ada tempat untuk cuci tangan, gunakanlah hand sanitizer dengan kandungan alkohol dengan kadar minimal 60%. Pastikan juga tanganmu dalam keadaan bersih dan tidak berminyak ya.

 

Baca Juga:

3 Cara Simple Atasi Kulit Kering Akibat Sering Cuci Tangan

Selain "Selamat Ulang Tahun", Ini Lagu 20 Detik Untuk Dinyanyikan Saat Cuci Tangan

Cegah Virus Corona, Yuk Cuci Tangan dengan Rekomendasi Sabun Anti Bakteri Berikut

Jangan Asal Beli! Ini Tips Memilih Hand Sanitizer Supaya Nggak Menimbulkan Gangguan Kesehatan

Pahami Cara Tepat Pakai Hand Sanitizer untuk Cegah Virus Corona

Leave a Comment
LATEST NEWS
POPULAR
SUBSCRIBE OUR NEWSLETTER