LIFESTYLE

Segera Lakukan 4 Cara Ini untuk Hentikan Overthinking

Thursday, 28/05/2020 14:02 WIB by Veni C Talimbo, Facetofeet
Segera Lakukan 4 Cara Ini untuk Hentikan Overthinking
twitter.com/poutybobohu

Overthinking atau pemikiran yang berlebihan bisa saja dialami seseorang, baik perempuan maupun laki-laki. Biasanya, overthinking disebabkan karena seseorang terus-menerus mengingat hal tertentu yang terjadi beberapa waktu lalu. Selain itu, overthinking juga terjadi ketika seseorang selalu merasa menyesal dan bersalah terhadap kesalahan yang dibuat di masa lalu. Jika overthinking sering terjadi, maka bisa menimbulkan dampak buruk bagi kesehatan tubuh dan mental. Maka dari itu, penting bagi kamu untuk melakukan empat cara ini agar menghentikan overthinking.   

 

1. Berikan Waktu untuk Diri Sendiri

Ketika overthinking menghampirimu, maka belajarlah untuk memberikan waktu bagi diri sendiri selama 15-30 menit agar dapat berpikir dengan tenang. Nggak harus dengan cara berlibur, kamu bisa saja bersantai di ruangan sepi tau kamar pribadi sambil mendengarkan lagu (musik) yang benar-benar menenangkan diri dan pikiranmu. Selain itu, cobalah untuk mengalihkan pikiran ke hal positif.

Menikmati waktu untuk diri sendiri juga bisa dimanfaatkan dengan merelfeksikan perbuatan yang telah dilakukan di waktu lalu. Merefleksikan diri bertujuan agar kamu bisa memperbaiki sikap, pola pikir dan lainnya serta mengatur kembali rencana-rencana ke depan.

 

2. Lakukan Aktivitas Positif yang Kamu Sukai

Overthinking juga bisa dihentikan dengan cara melakukan aktivitas poisitif yang kamu sukai. Setiap orang mempunyai aktivitas kesukaan yang berbeda-beda, jika kamu gemar membuat suatu karya seni sehingga pikiranmu menjadi lebih tenang, maka lakukanlah hal tersebut. Lakukan aktivitas tersebut berulang kali hingga pikiranmu benar-benar tenang.

 

3. Tuangkan Semua Pemikiranmu di Atas Kertas

Cara ketiga untuk menghentikan overthinking adalah dengan menuangkan semua pemikiranmu di atas kertas. Artinya, tuliskan saja semua hal yang menjadi kekhawatiranmu. Menulis bisa menjadi salah satu cara untuk mengurangi beban pikiran. Ketika menulis pun kemungkinan kamu akan mendapatkan sebuah solusi.

 

4. Ceritakan kepada Orang yang Terpercaya

Jangan biarkan overthinking menguasi diri dan pemikiranmu. Kamu bisa mengatasinya dengan berbagi cerita dengan orang yang kamu percaya, misalnya orang tua, sahabat dan lainnya. Dengan berbagi cerita, pikiran dan perasaan bisa menjadi lega. Selain itu, nggak jarang pula teman cerita kamu akan memberikan saran, ide atau solusi yang dapat membantu.

 

Baca juga:

Ketahui 4 Dampak Buruk Stress Terhadap Kecantikan

Aktif Bermain Instagram? Ini yang Wajib Dilakukan Demi Menjaga Kesehatan Mental

Betul Nggak Sih Jika Rumah Mempengaruhi Kesehatan Mental? Ini Penjelasannya!

Lepaskan Penat dan Stress, Kegiatan Seni Ini Seru Dilakukan di Waktu Luang

Review Joylab Daily Mask Series: Masker Beraroma Lembut - Tenangkan pikiran, Cerahkan Wajah

Leave a Comment
LATEST NEWS
POPULAR
SUBSCRIBE OUR NEWSLETTER