LIFESTYLE

Sering Dicurhatin Temen? Hindari Kata-kata Toxic Positivity Berikut Ini Ya Girls!

Tuesday, 30/06/2020 14:02 WIB by Niken Pangesti , Facetofeet
Sering Dicurhatin Temen? Hindari Kata-kata Toxic Positivity Berikut Ini Ya Girls!
pinterest.com

Hubungan pertemanan memang tak pernah lepas dari sesi saling curhat dan bercerita girls. Mulai dari masalah percintaan, Pendidikan, karir atau masalah apapun yang bikin khawatir pasti akan terasa lebih baik setelah curhat dengan teman terdekat. Namun tekadang ada beberapa respon yang justru membuat orang yang bercerita menjadi semakin down dan terkesan mengabaikan perasaan korban.

Salah satu hal tersebut adalah ungkapan toxic positivity girls. Ungkapan ini menjadi terkenal karena hal tersebut cukup yang umum dan sering kita rasakan sehari-hari lho! Namun sayangnya, hal ini memiliki efek buruk karena membuat korban semakin merasa sedih dan tidak nyaman saat mendengarnya.

Kata-kata toxic positivity merupakan ucapan positif seperti memberi semangat namun dengan cara yang kurang tepat sehingga terkesan tidak memedulikan perasaan korban atau bahkan menuntutnya supaya tak bersedih, mengeluh, maupun mengekspresikan perasaannya. Ucapan positif tersebut tanpa sadar akan membawa dampak negatif bagi orang yang sedang bersedih lho!

Psikolog klinis dari Inggris, Noel Mcdermott mengatakan bahwa manusia tidak dapat memilih emosi mana yang hendak Ia rasakan. Kalau seseorang berusaha menekan atau memendam emosi negatif yang Ia miliki, hal tersebut justru akan merusak kemampuannya dalam mengelola emosi. Akibatnya, orang tersebut akan semakin merasa tertekan bahkan menyebabkan depresi lho!

 

 

Lantas ucapan apa saja yang bisa dikategorikan sebagai toxic positivity?

“Bersyukur aja, masih banyak yang lebih menderita dibanding kamu”

“Kamu segitu masih mending, aku pernah ngalamin yang lebih parah dari ini”

“Udah, jangan mikir negatif terus ya!”

“Jangan nangis, jangan lemah gitu dong”

“Sabar ya, ambil hikmahnya aja”

Tanpa disadari kata-kata diatas akan menuntut orang yang sedang bersedih untuk mendorong korban yang sedang merasakan kemalangan supaya terus berpikir positif tentang kehidupannya. Maka dari itu, kata-kata toxic positivity dan nasihat-nasihat untuk berpikir positif sebaiknya dihindari untuk merespon orang yang sedang merasakan sedih, marah, atau berbagai emosi negatif lainnya.

Sebagai alternatif, kamu harus mendengarkannya dengan baik tanpa menghakimi orang tersebut girls. Biarkan dia mengekspresikan setiap emosi yang dimilikinya hingga mereda. Tanyakan apa yang membuatnya merasa sedih, marah, ingin menyerah dan sebagainya. Buatlah Ia menerima setiap emosi yang Ia miliki hingga nantinya Ia pun bisa jujur merasakan realitas yang ada dibanding harus merasakan pikiran positif semu yang dipaksakan.

Beberapa ucapan baik yang bisa menjadi respon adalah berikut ini girls.

“Cerita aja apa yang kamu rasain, aku siap dengerin”

“Pasti sulit banget ya. Terimakasih udah kuat dan bisa bertahan”

“Ada yang bisa aku lakukan untuk meringankan bebanmu?”

“Gapapa nangis aja, wajar kok kamu merasa seperti itu”

“Kamu nggak sendirian, aku selalu nemenin kamu”

“Terimakasih udah mau cerita, hebat banget kamu bisa ngungkapin perasaanmu”

“Hari ini berat ya? Semoga besok perasaanmu lebih baik”

“Menurutku…. Kalau kamu begini gimana kira-kira?”

Dengan mengutarakan ucapan tersebut, kamu bisa menunjukan diri untuk siap menjadi pendengar yang baik bagi temanmu girls. Kata-kata tersebut juga membuat temanmu merasa lebih dihargai perasaannya serta tidak merasa dituntut untuk berpikir positif. Dengan begitu, Ia pun akan nyaman mengekspresikan semua perasaan dan emosi negatif yang sedang Ia miliki. Setelah itu, temanmu akan lebih mudah mereda dan menjadi pribadi yang lebih baik lho!

 

Baca juga:

Tips Jitu Menjadi Teman Curhat yang Baik

Malas Sama Teman yang Terus-terusan Curhat? Ini 4 Trik Jitu untuk Mengatasinya

7 Cara Simple Memanjakan Sahabat

Terjebak Pertemanan Toxic? Begini Cara Mengakhirinya

Teman Lelakimu Putus Cinta? Ini 5 Hal yang Bisa Kamu Bantu Lakukan

Leave a Comment
LATEST NEWS
POPULAR
SUBSCRIBE OUR NEWSLETTER