LIFESTYLE

Cara Mengetahui Kalau Kamu Berolahraga Berlebihan Selama Quarantine

Wednesday, 01/07/2020 17:05 WIB by Raudya Annisa, Facetofeet
Cara Mengetahui Kalau Kamu Berolahraga Berlebihan Selama Quarantine
pinterest.com

Pada saat memulai masa karantina, banyak orang yang memutuskan untuk memanfaatkan waktu tersebut untuk mencapai beberapa impiannya, salah satunya memperoleh body goals dengan melakukan berbagai cara termasuk exercise. Nah, kalau kamu merasa aneh waktu ngga lari sejauh 5KM/ harinya atau merasa cemas karena nggak nyempetin untuk workout dihari tersebut, maka ada kemungkinan kamu workout terlalu berlebihan selama quarantine.

Dikutip melalui Bustle, menurut Mecayla Froerer, seorang Personal Trainer bersertifikat yang juga merupakan director dari iFit Training, mengatakan, “Karena masa quarantine ini bisa menyebabkan stress, maka banyak orang yang exercise berlebihan untuk melepas stress. Dengan melakukan olahraga terlalu berat juga tidak baik untuk keadaan tubuh, selain itu juga dapat menyebabkan kamu merasa lelah dan berpotensi menyebabkan cedera”.

Nah, sebenarnya banyak orang yang melakukan exercise setiap hari dengan baik jika mereka cukup tidur, mengonsumsi makanan yang cukup hingga meminimalkan tekanan stres dalam hidup mereka. Tetapi meminimalkan stres juga mungkin cukup sulit dilakukan disaat seperti ini. Tapi, semakin tinggi tingkat stres kamu, semakin besar pula kemungkinan kamu mengalami overtraining (olahraga berlebihan).

 

Lalu, gimana sih cara mengetahui kalau kita mengalami overtraining?

 

First, check in with yourself to see if the more you work out, the less rewards you seem to be getting. If part of you is all let's work out it'll make us feel better, but the rest of your mind and body are screaming not today, that might be a strong clue that you need to take a child's pose and rest.

Kalau kamu mengalami segala jenis nyeri otot atau persendian, nyeri otot yang berkelanjutan, mudah capek, peningkatan detak jantung dan tekanan darah saat istirahat, sulit tidur, perubahan siklus menstruasi pada wanita, penurunan berat badan yang extreme, hal ini bisa jadi tanda kalau kamu terlalu banyak berolahraga.

Kalau kamu sedang mengalami stress berat, kamu akan kesulitan untuk menyadari saat kamu overtraining. Untuk mengatasi hal ini, kamu bisa menulis “exercise journal”. The more meticulous you are about tracking how much you're working out versus how much you're resting, the better you can understand what might be going on in your body.

 

Umumnya, orang melakukan olahraga berat paling tidak 3x dalam seminggu to maintain your fitness. Kalau kamu memilih untuk berolahraga 5-6 hari dalam seminggu, kamu perlu mengikuti program berkala, agar seluruh tubuh kamu dari atas dan bawah bergerak sehingga tidak fokus pada beberapa titik saja agar hasil yang diperoleh lebih maksimal.

Untuk melakukan olahraga setiap harinya, kamu juga perlu bergantian tingkat intensitas dan jenis latihannya untuk membantu kamu menghindari overtraining.

Kalau kamu ingin berolahraga untuk melepaskan stress karena quarantine ataupun stress akibat pekerjaan, kamu dapat beristirahat terlebih dahulu sebelum melakukan olahraga yang berat, sehingga tubuh kamu akan menjadi lebih kuat saat berolahraga. Selain itu, kamu juga perlu menyeimbangkan hidup sehat dengan makan makanan sehat dan tidur yang cukup sehingga tubuh dapat beradaptasi dalam jangka panjang.

Meskipun olahraga bisa menjadi kegiatan yang kamu jalani untuk melepas stress, terlalu berusaha untuk mengeluarkan keringat untuk kesehatan mental kamu bukanlah terapi yang sebenarnya. Kalau kamu overtraining untuk berusaha mengurangi stres, kamu lebih baik melakukan konsultasi dengan Psikolog yang dinilai tidak terlalu berisiko untuk membantu diri kamu merasa lebih baik.

Your body can adapt to working out as much and as hard as you want it to, as long as you're increasing your training load gradually and you're getting enough sleep and food. A holistic approach to your exercise routine is going to be more sustainable for both your body and your mind, and you deserve that all-encompassing self-care.

Leave a Comment
LATEST NEWS
POPULAR
SUBSCRIBE OUR NEWSLETTER