LIFESTYLE

Para Jobseekers, Ini Dia Tips n Trick Menjalani Virtual Interview

Monday, 10/08/2020 16:04 WIB by Galih Purboningrum, Facetofeet
Para Jobseekers, Ini Dia Tips n Trick Menjalani Virtual Interview
pinterest.com

Girls, buat kalian para pencari kerja atau job seekers di masa pandemic ini memang menjadi salah satu struggling yang berat ya. Bahkan karena dampak dari Covid-19 ada beberapa perusahaan yang tidak melakukan hiring untuk mencari karyawan baru atau melakukan freeze untuk pencarian karyawan baru untuk sementara waktu. Semenjak beralihnya PSBB ke era new normal beberapa perusahaan pun sudah membuka penerimaaan new employee. Bahkan tidak sedikit perusahaan yang melakukan virtual atau online interview karena masib terbatasnya pergerakan dan tidak memungkinkan mobile atau berpergian untuk melakukan interview. Sebelum memulai interview ada kalanya kalian juga mengetahui tips n tricknya girls, biar gak salah langkah! Yuk simak apa saja sih yang harus di persiapkan!

pinterest.com
  1. Siapkan CV dan Portofolio

Girls, walaupun sebelumnya kalian sudah mengirimkan CV dan Portofolio kepada HRD perusahaan tidak ada salahnya untuk menyiapkan kembali ya. Pastikan kalian menguasai materi yang kalian tulis di cv dan portofolio kalian ya. Jadi saat HRD mengajukan beberapa pertanyaan tentang CV dan portofoliomu kamu sudah menguasainya.

       2. Lakukan Research Sebelum Interview

Girls, melakukan research sebelum interview itu penting banget lho. Kalian bisa mulai research dulu mulai dari perusahaan seperti apa yang kalian apply. Jangan sampai ketika HRD bertanya tentang perusahaan yang kalian lamar, kalian tidak tau mengenai infonya ya! Selain perusahaan kalian juga bisa melakukan research mengenai, jobdesk posisi yang kalian lamar. Jadi saat HRD menggali informasi kalian sudah mengetahuinya ya girls!                         

  1. Berdandan Sebelum Melakukan Interview

Girls, jika biasanya saat real interview kalian berdandan dan menggunakan baju yang rapih, wangi dan cakep, saat virtual interview pun kalian harus rapih dan kece ya girls. Jika kalian berpakaian rapih, itu berarti kalian juga menghargai diri sendiri lho girls. HRD juga akan memberikan nilai plus untuk kamu yang memperhatikan penampilan.

  1. Setting Tempat Interview

Girls, jika kalian melakukan virtual interview denan video call usahakan set-up tempat nya ya! Carilah tempat yang terang dengan background netral, usahakan gunakan jaringan internet yang stabil ya. Sebaiknya gunakan tempat yang nyaman dan tidak berisik, agar interview bisa lebih focus girls! Jika diperlukan kalian bisa menambahkan pencahayaan lampu, agar interview berjalan dengan lancar.

Persiapkan diri kalian sebaik mungkin ya girls! Because opportunity doesn’t come twice! Apalagi mencari pekerjaan di masa pandemic ini cukup sulit ya girls! Jadi jangan sia-siakan kesempatanmu ya girls!

 

Baca Juga:

Mulai Masuk Dunia Kerja, Berikut Tips Membangun Kepercayaan Diri Untuk Para Milenial

5 Rekomendasi Situs Lowongan Pekerjaan yang Ter-update dan Terpercaya

6 Karakter Positif yang Harus Kamu Tulis di Surat Lamaran Kerja Biar Dilirik HRD

4 Tips Ampuh Hilangkan Grogi Saat Interview

Sering Disepelekan, Ini Dia 5 Hal yang Bikin Kamu Enggak Lolos Seleksi Saat Interview Kerja

 

Leave a Comment
LATEST NEWS
POPULAR
SUBSCRIBE OUR NEWSLETTER