LIFESTYLE

Cari Tahu Apa Sih Pengertian dari Gender Equality Serta Efek Positifnya dalam Kehidupan Kita?

Friday, 28/08/2020 13:01 WIB by Niken Pangesti , Facetofeet
Cari Tahu Apa Sih Pengertian dari Gender Equality Serta Efek Positifnya dalam Kehidupan Kita?
freepik.com

Nggak dapat dipungkiri lagi pembahasan tentang kesetaraan gender dan feminisme memang masih menjadi hal yang tabu untuk dibicarakan. Terkadang, kedua istilah itu bahkan disalahartikan menjadi gerakan untuk menyudutkan laki-laki, merendahkan laki-laki dan hanya membuat perempuan saja yang lebih dominan. Nah supaya nggak salah tangkap, yuk kita simak pembahasan mengenai Gender Equality, Women’s Empowerment, dan Self Development dari Hilya Nabila founder dari @belajarsetara serta Young Researcher yang sering mengerjakan proyek riset mengenai kesetaraan gender.

Dalam IG Takeover Facetofeet bersama Hilda Nabila, Ia menjelaskan bahwa gender equality (kesetaraan gender) adalah sebuah upaya untuk memperjuangkan hak kedua jenis kelamin, baik itu laki-laki maupun perempuan. Tujuan gender equality bukan untuk memenangkan hak perempuan saja atau membuat perempuan lebih dominan dibanding laki-laki. Tujuan adanya gerakan gender equality adalah mengkritisi budaya yang sudah ada selama ini yang sifatnya merugikan hak perempuan dan laki-laki.

Pemahaman ini penting untuk kita ketahui, karena selama ini sudah telalu banyak simpang siur mengenai feminisme dan gender equality yang beranggapan bahwa kedua gerakan tersebut adalah gerakan radikal atau gerakan untuk menyudutkan laki-laki.

Kultur Patriaki

Salah satu budaya masyarakat yang sudah ada sejak zaman dahulu adalah kultur patriarki girls. Patriarki merupakan gerakan yang membuat laki-laki lebih dominan dibanding perempuan dalam ruang politik, sosial dan ekonomi. Contoh kasus kultur patriarki adalah ketika ada dua orang karyawan, 1 orang laki-laki dan 1 orang perempuan yang sama-sama ingin diangkat menjadi manager. Dari performa kerja, karyawan perempuan memiliki nilai yang lebih besar. Akan tetapi, karena gendernya, karyawan laki-laki tersebut kemudian diangkat menjadi manager karena gendernya adalah laki-laki.

Dari contoh tersebut kita bisa mengetahui kalau ada kultur dimana seseorang dipilih berdasarkan gendernya bukan berdasarkan kualitasnya secara murni. Yang dimaksud gender equality adalah dimana ketika tidak ada identitas gender yang dijadikan pertimbangan dalam pengambilan sebuah keputusan.

Keuntungan Gender Equality Bagi Suatu Negara

Tak hanya penting bagi kehidupan sosial saja, ternyata gender equality juga penting karena bisa memberikan keuntungan bagi sebuah negara yang gender equality ratenya tinggi. Sebagai contoh, pada budaya zaman dahulu menganggap kalau perempuan itu lebih baik tidak bekerja dan hanya dirumah untuk mengurus rumah tangganya. Kalau anggapan tersebut hilang sepenuhnya, maka pastinya akan banyak perempuan yang terjun ke dunia lapangan kerja. Akhirnya, rate pengangguran suatu negara pun akan berkurang dan pendapatan nasional akan bertambah.

 

Baca juga:

Mengangkat Isu Kesetaraan Gender, Ini Dia Berbagai Drama Seru yang Wajib Ditonton!

7 Film Tentang Kekuatan Wanita yang Bisa Kamu Tonton Marathon Akhir Pekan Ini

Film Action dengan Tokoh Utama Perempuan Ini Menunjukkan Bahwa Cewek Juga Kuat Lho!

Wajib Masuk List Kamu Nih, Ini Dia Rekomendasi Film Romance Terbaik Sepanjang Masa!

Ini 5 Film dengan Tokoh Cewek Inspiratif

Leave a Comment
LATEST NEWS
POPULAR
SUBSCRIBE OUR NEWSLETTER