LIFESTYLE

Stop Acne Shaming, Masalah Jerawat yang Bisa Sebabkan Penyakit Mental

Friday, 18/09/2020 13:01 WIB by Niken Pangesti , Facetofeet
Stop Acne Shaming, Masalah Jerawat yang Bisa Sebabkan Penyakit Mental
freepik.com

Girls sebenarnya jerawat merupakan masalah kulit yang bisa dimiliki siapa saja dan wajar banget terjadi pada kulit kita. Penyebabnya pun beragam, mulai dari perubahan hormon, pengaruh makanan, gaya hidup, atau rutinitas atau produk skincare yang kurang tepat.  Meski wajar terjadi, kadangkala jerawat pun menjadi hal menakutkan karena butuh usaha yang berat dan panjang untuk menghadapinya. Belum lagi banyaknya perkataan dari orang sekitar yang bikin korbannya menjadi semakin gak percaya diri, hal ini tentunya membuat beban korban semakin terasa berat.

Acne shaming kini menjadi permasalahan serius yang dihadapi para penjuang jerawat karena sering mereka rasakan. Menurut survey dari brand Himalaya, 77% penderita jerawat pernah mengalami acne shaming lho! Acne shaming sendiri merupakan kondisi dimana seseorang mendapatkan respon negatif baik dari segi ucapan maupun perbuatan, karena Ia memiliki jerawat. Acne shaming bisa dilontarkan lewat perkataan merendahkan, menyalahkan, atau bahkan sampai memasang gekstur atau ekspresi "jijik!" Hal ini tentunya membuat korban merasa tidak nyaman menerimanya atau langsung merasakan sakit hati lho! Pasalnya dia sendiri sudah berusaha keras untuk kuat dan sabar supaya bisa sembuh dari jerawat. Ia pun juga berusaha untuk menerima dan mencintai dirinya sendiri, meskipun dengan kondisi jerawat yang dimiliki. Kalau acne shaming dilakukan secara terus-menerus, bukan nggak mungkin kesehatan mental korban akan terpengaruh lho!

Bahkan, yang lebih parahnya lagi acne shaming justru sering didapatkan korban dari orang-orang di sekitarnya, seperti dari orang tua, saudara, teman atau bahkan pacar. Hal ini pastinya membuat si korban merasa semakin sedih dan kecewa.

Kalau sudah begitu, korban acne shaming akan merasa tidak percaya diri, tidak bisa menerima kekurangannya, sedih terus-menerus, kehilangan semangat, bahkan sampai depresi! Tentunya nggak mau dong hal ini menimpa orang-orang di sekitarmu?

Setelah mengetahui dampak acne shaming, seharusnya setiap orang menjadi lebih bijak ketika memberikan reaksi kepada orang yang sedang berjerawat. Anggapan jerawat adalah hal yang wajar dan bukan merupakan sesuatu yang aneh atau bahkan menjijikan harus ditanamkan dalam diri supaya nggak ada korban acne shaming yang lebih banyak. Selain itu, kita pun harus memberikan support kepada mereka yang sedang berjuang menghadapi jerawatnya ya.

 

Baca juga:

Wajib Tahu Girls! 8 Kandungan Skincare Ini Bermanfaat Untuk Merawat Jerawat

Semua yang Ingin Kamu Tahu Tentang Bekas Jerawat

Bagaimana Cara Membedakan Bintik Gelap & Bekas Jerawat?

Cari 3 Kandungan Ini untuk Menghilangkan Bekas Jerawat!

Ingin Menghilangkan Bekas Jerawat, Ini Langkah Skincare yang Tepat Untuk Kamu

Leave a Comment
LATEST NEWS
POPULAR
SUBSCRIBE OUR NEWSLETTER