LIFESTYLE

Kemana Perginya Lemak Ketika Berat Badan Turun? Yuk Cari Tahu Penjelasannya Di Sini!

Friday, 02/10/2020 13:01 WIB by Niken Pangesti , Facetofeet
Kemana Perginya Lemak Ketika Berat Badan Turun? Yuk Cari Tahu Penjelasannya Di Sini!
freepik.com

Girls untuk kamu yang sedang menjalani diet, pernah nggak sih terpikirkan kemana lemak hilang ketika berat badan berhasil turun? Sebagian besar orang pada umumnya akan berpikir kalau lemak akan hilang bersamaan dengan keringat ketika banyak energi yang kita keluarkan. Maka dari itu, ada istilah yang dinamakan bakar lemak. Tapi sebenarnya pernyataan tersebut benar nggak ya? Simak artikel ini sampai selesai untuk tahu jawabannya ya girls!

Selain dikeluarkan melalui feses, makanan bisa dikeluarkan melalui serangkaian proses yang panjang lho! Makanan yang kita konsumsi akan diuraikan oleh empedu menjadi asam lemak yang molekulnya lebih sederhana. Setelah itu, asam lemak akan diserap melalui darah lalu bergabung dengan kolesterol sampai membentuk molekul yang dinamakan kilomikron. Kilomikron ini akan menyebar ke seluruh bagian tubuh lalu mengendap menjadi lemak. Sebenarnya jumlah sel lemak manusia itu nggak dapat berubah lho! Hanya saja kalau kalori yang dikonsumsi lebih banyak, bentuk sel lemak akan melebar. Sementara kalau kita melakukan aktivitas fisik seperti berolahraga, Ia dapat mengecil.

Lantas, kemana ya hilangnya lemak ketika berat badan seseorang berkurang? Banyak yang berpikir, lemak akan terbakar bersamaan dengan energi yang kita keluarkan hingga menghasilkan keringat. Akan tetapi, menurut penelitian dari British Medical Journal lemak yang keluar dari tubuh 84% melalui pernapasan atau paru-paru melalui karbon dioksida. Sementara 16% nya melalui keringat, urine dan cairan tubuh lainnya lho!

Itu berarti bisa dikatakan semakin besar karbon dioksida yang kita keluarkan, maka semakin banyak lemak yang terbakar di dalam tubuh. Nah supaya tubuh dapat mengeluarkan banyak karbon dioksida, kamu harus melakukan aktivitas fisik yang berat seperti berolahraga! Olahraga yang cukup efektif memacu pernapasan adalah kardio seperti aktivitas berlari, bersepeda dan berenang atau senam aerobik. Selain membakar lemak, berbagai olahraga ini juga ampuh membuat jantung lebih sehat girls! Supaya proses penurunan badan lebih efektif, kamu pun harus melakukan defisit kalori supaya kalori yang masuk nggak lebih banyak dibanding kalori yang keluar. 

 

Baca juga:

Mau Cepat Langsing? Ini 4 Exercises di Gym yang Paling Cepat Membakar Lemak

Hilangkan Lemak di Perut dengan Deretan Slimming Gel Berikut Ini!

Buat yang Pengen Langsing, Konsumsi 7 Makanan Berikut Buat Bakar Lemak

9 Cara Membakar Lemak Dalam Aktivitas Sehari-hari

15 Menit Hilangkan Lemak Lengan, Mau?

Leave a Comment
LATEST NEWS
POPULAR
SUBSCRIBE OUR NEWSLETTER