LIFESTYLE

Kenali Perilaku Gaslighting yang Bikin Hubungan dengan Pacar Jadi Toxic

Wednesday, 30/09/2020 16:04 WIB by Niken Pangesti , Facetofeet
Kenali Perilaku Gaslighting yang Bikin Hubungan dengan Pacar Jadi Toxic
pinterest.com

Girls, pernah nggak sih mendengar atau bahkan mengalami sendiri omongan yang memutar realita hingga lawannya menjadi ragu akan dirinya hingga menyalahkan dirinya sendiri? Tanpa disadari perilaku ini sering ditemukan dalam kehidupan sehari-hari dan sering dilakukan oleh orang-orang terdekat seperti keluarga, teman atau bahkan pacar lho! Perilaku tersebut dinamakan Gaslighting. Gaslighting bisa didefinisikan sebagai perilaku ketika seseorang membalikan realita demi keuntungan dirinya sendiri, sementara lawannya akan menjadi ragu akan dirinya sendiri.

Beberapa perkataan gaslighting yang seringkali ditemukan dalam kehidupan sehari-hari, misalnya ketika kamu berdebat dengan pacar karena kesalahannya sehingga kamu menjadi sedih. Akan tetapi Ia malah mengatakan hal-hal seperti :

“Kamu aja yang baperan/sensitif”

“Aku nggak pernah begitu, kamu aja yang negative thingking”

“Masalah gitu aja dibesar-besarin”

“Kamu terlalu banyak drama”

Ketika pacar kita mengatakan hal tersebut, tanpa sadar kita memikirkan kembali perilaku kita hingga membenarkan apa yang dikatakan si pacar. Padahal si pacar memang benar melakukan kesalahan sebelumnya yang harusnya diselesaikan dengan baik bersama. Lambat laun perilaku ini akan membuat kamu berpikiran kalau benar kamu hanya baperan atau terlalu sensitif saja girls. Kalau dibiarkan lebih lanjut, hubunganmu akan menjadi toxic karena nggak ada komunikasi yang jelas ketika ada suatu masalah yang terjadi.

Selain itu, kamu pun akan selalu berpikiran buruk kepada diri sendiri yang mana nggak selalu benar. Kalau dibiarkan, seseorang pun bisa kehilangan percaya diri, menyalahkan diri sendiri, sulit mengungkapkan perasaan, membenci dirinya, hingga mengalami stress lho! Maka dari itu, ketika kamu sudah membaca perilaku gaslighting kamu perlu menanganinya dengan tegas girls.

Beberapa perilaku yang menunjukan tindakan Gaslighting Bisa Dilihat di Bawah Ini

  • Berbohong dengan jelas dan memutarbalikan realita untuk memanipulasi
  • Menyangkal Sebuah kejadian dan mengatakan kalau kamu mengada-ada
  • Merendahkan
  • Mengatakan hal-hal menyakitkan yang membuat kamu kehilangan percaya diri
  • Tidak Peduli dengan Perasaanmu
  • Memutar Balikan Fakta

Kalau pacarmu punya suatu kesalahan, beri tahu dia apa kesalahannya dan cara memperbaikinya. Bicarakan dengan tegas apa yang kamu inginkan juga dan dengarkan dengan baik apa yang pacar inginkan. Diskusikan masalah tersebut bersama hingga dapat solusi terangnya. Kalau terlalu sulit, kamu pun bisa meminta pendapat orang-orang sekitar untuk membuat dirimu semakin yakin dengan langkah yang harus diambil supaya perilaku gaslighting nggak terjadi berkali-kali.

 

Baca juga:

Yuk Cari Tahu Karakter Pasangan yang Bisa Membentuk Toxic Relationship

5 Tips Jitu yang Bisa Bikin Kamu Nggak Lagi Jadi Pacar yang Suka Curiga dan Cemburuan

Terjebak Pertemanan Toxic? Begini Cara Mengakhirinya

Hati-hati! Ini 7 Perbedaan Teman yang Baik dan Toxic

Awas! Ini 7 Ciri Cowok Toxic yang Bisa Bikin Kamu Menderita

Leave a Comment
LATEST NEWS
POPULAR
SUBSCRIBE OUR NEWSLETTER