LIFESTYLE

Ketahui Penyebab Stress Pada Remaja dan Apa Saja Pengaruhnya

Friday, 23/10/2020 10:10 WIB by Niken Pangesti , Facetofeet
Ketahui Penyebab Stress Pada Remaja dan Apa Saja Pengaruhnya
youtube.com

Banyak yang bilang, masa remaja adalah momen yang paling menyenangkan dalam hidup. Hal ini dikarenakan, ketika usia remaja mereka bisa bebas berekspresi, mencoba hal baru yang disukai, dan nggak terlalu banyak memiliki beban seperti yang harus ditanggung orang dewasa. Meski terdengar menyenangkan, tapi ternyata masa remaja sangat rentan terhadap tekanan sehingga mudah menyebabkan stress hingga depresi lho! Kira-kira faktor apa saja sih yang bisa menyebabkan seorang remaja mengalami stress?

Faktor Penyebab Stress Pada Remaja

Girls, kamu pernah nggak sih merasakan mood yang gampang berubah, sering sensitif dan merasa khawatir terhadap segala sesuatu? Hal tersebut disebabkan oleh perubahan hormon drastis yang menyebabkan adanya gejolak emosi dalam tubuh. Selain itu, biasanya kondisi emosional remaja cenderung yang belum matang dan stabil sehingga seringkali kesulitan membedakan mana yang baik atau buruk dan sulit mengambil keputusan dengan tepat.

Selain adanya perubahan hormon, stress pada remaja juga bisa dipicu oleh berbagai faktor lain seperti, genetik atau keturunan, mengalami trauma, kebiasaan berpikir negatif, serta kurangnya dukungan dan kasih sayang dari orang sekitar. Maka dari itu penting banget untuk menyadari ciri-ciri seorang remaja yang sedang mengalami stress.

Ciri-ciri yang biasanya ditunjukan adalah diantaranya ;

  • Kehilangan motivasi dan semangat dalam beraktivitas, termasuk pada hal-hal yang biasanya disukai
  • Sering menyendiri, mengurung diri dalam waktu yang lama
  • Kehilangan nafsu makan
  • Pola tidur yang terlalu banyak atau sedikit
  • Sulit konsentrasi
  • Merasa sedih dan putus asa
  • Tidak peduli dengan keadaan sekitar

Kalau sudah mengalami ciri diatas, penting banget untuk segera mengungkapkannya kepada orang lain, menyalurkan stress dengan melakukan refreshing atau mencoba hal-hal baru. Kalau ciri stress diatas ditemukan pada orang terdekat, segeralah mencoba menolongnya dengan menemani dan mendengarkan. Penting banget untuk segera mengatasi stress yang dirasakan remaja karena hal tersebut membawa efek negatif pada tubuh dan pikiran girls.

Memahami stress pada remaja penting banget untuk dilakukan untuk mencegahnya  semakin parah. Kalau nggak segera diatasi, stress pada remaja pun bisa berlanjut hingga dewasa dan mempengaruhi perilakunya girls. Kalau dirasa nggak kunjung membaik, segera hubungi psikiater untuk mendapatkan penanganan yang tepat ya!

 

Baca juga:

7 Cara Anti-Mainstream yang Bisa Kamu Lakukan Untuk Meredakan Stress

Menurut Zodiak, Ini Hal-hal yang Bisa dengan Mudah Menyebabkan Seseorang Stress

Ketahui 4 Dampak Buruk Stress Terhadap Kecantikan

7 Tanda Bahwa Kamu Sedang Stress

9 Cara Instan Buat Lebih Tenang Saat Stress Datang

Leave a Comment
LATEST NEWS
POPULAR
SUBSCRIBE OUR NEWSLETTER