LIFESTYLE

Keseringan Main Gadget di Masa Pandemi? Ketahui Efek Negatif dan 5 Tips Untuk Mengatasinya!

Monday, 02/11/2020 13:01 WIB by Niken Pangesti , Facetofeet
Keseringan Main Gadget di Masa Pandemi? Ketahui Efek Negatif dan 5 Tips Untuk Mengatasinya!
freepik.com

Nggak dapat dipungkiri, pandemi yang sedang terjadi saat ini memang membawa banyak banget perubahan di keseharian kita girls. Salah satunya adalah karena lebih sering menghabiskan waktu di rumah, terkadang malah membuat kita lebih asik menghabiskan waktu dengan bermain gadget. Entah itu berinteraksi lewat social media, menonton drama secara maraton, atau melakukan kegiatan lainnya di gadget, membuat kita terlalu larut di dalam dunia gadget girls. Dari kebiasaan terlalu sering bermain gadget, banyak banget dampak negatif yang mungkin akan terjadi di dalam diri, baik secara kesehatan, kepribadian maupun keadaan mental. Wah apa aja ya kira-kira dampak negatifnya?

Dampak Negatif Terlalu Sering Bermain Gadget Untuk Kesehatan

Siapa nih yang betah banget berlama-lama melihat layar smartphone atau gadget hingga hampir seharian? Awas, banyak penyakit yang akan menghampirimu girls! Organ yang paling mudah dirusak oleh kebiasaan tersebut adalah mata. Perlu diketahui, semua jenis gadget  memancarkan radiasi blue light yang bisa merusak kesehatan. Akibat terlalu lama bermain gadget, mata pun akan merasa kelelahan, merah, hingga menyebabkan gangguan penglihatan atau minus. Selain mata, posisi leher dan punggung yang jarang berubah posisi saat menggunakan gadget, akan mengalami kaku, tegang, hingga keram. Nggak hanya itu saja, radiasi dari gadget juga berakibat buruk bagi kesehatan otak hingga berpotensi menyebabkan kanker lho! Bahaya banget ya.

Dampak Negatif Terlalu Sering Bermain Gadget Untuk Kehidupan Sosial

Ngerasa nggak sih girls, kalau terlalu asik dengan dunia yang ada di dalam gadget kamu akan melupakan dunia nyata di sekitarmu? Kamu akan lebih apatis atau nggak peduli dengan keadaan di sekitar. Selain itu, kamu juga nggak tertarik untuk berinteraksi dengan keluarga atau orang sekitar karena terlalu fokus hidup di dunia gadget. Padahal tanpa kamu sadari, dunia terpentingmu adalah keluarga dan orang-orang yang selalu ada di sekitarmu lho! Karena mereka yang benar-benar selalu menemani kamu dan memahami sifat aslimu. Jangan sampai gadget membuatmu kehilangan orang yang berharga ya!

Dampak Negatif Terlalu Sering Bermain Gadget Untuk Kesehatan Mental

Satu lagi dampak negatif gadget yang mungkin terjadi adalah terganggunya kesehatan mental nih girls. Terlalu banyak melihat kehidupan orang lain di media sosial membuat kita mudah membandingkan kehidupan mereka dengan yang kita jalani. Hasilnya kita merasa nggak bahagia dengan yang kita miliki karena menjadikan kehidupan orang lain di social media sebagai standar kebahagiaan. Selain itu, kita akan terpengaruh oleh pendapat orang yang belum tentu benar dan baik bagi kehidupan kita. Kalau sampai terlalu dipikirkan, hal ini bisa mengakibatkan stress dan mengganggu kesehatan mental lho.

Supaya nggak mengalami dampak negatif di atas, kita perlu lebih bijak lagi dalam menggunakan gadget. Untuk mengurangi penggunaan gadget, ikuti 3 tips di bawah ini!

  • Membuat Jadwal Kapan Harus Menggunakan dan Meninggalkan Gadget

Supaya nggak terlalu fokus bermain gadget, kamu bisa mengatur jadwal kapan harus menggunakan dan meninggalkan gadget girls. Misalnya hanya menggunakan gadget beberapa jam sekali saja serta menyimpan gadget ketika sedang berinteraksi dengan orang lain. Dengan begitu, kamu akan lebih fokus dengan kegiatan yang sedang dilakukan dan bisa lebih peduli kepada orang-orang di sekitarmu. Tentunya hal ini akan membuat kamu menjadi pribadi yang lebih baik lagi.

  • Perbanyak Interaksi dengan Orang Sekitar

Bersosialisasi dengan orang di sekitar sangatlah penting untuk dilakukan girls. Dibanding terlarut dalam kehidupan dunia maya, lebih baik untuk berinteraksi secara nyata dengan orang-orang di sekitarmu. Mulailah mengobrol, berdiskusi atau curhat dengan keluarga atau teman terdekatmu girls. Jadikan mereka sebagai orang yang penting dan berharga dalam hidupmu.

  • Lakukan Kegiatan yang Bermanfaat

Ketika sedang jenuh atau memiliki waktu luang, kamu bisa memanfaatkannya untuk melakukan hal yang bermanfaat dibanding hanya bermain gadget saja. Ketika jenuh kamu bisa melakukan hobi yang kamu sukai seperti melukis, bermain alat musik, belajar memasak, berolahraga dan sebagainya.

 

Baca juga:

Stop Scrolling! Lakukan Kegiatan Ini Agar Tidak Kecanduan Gadget

Langsung Melihat Hp Saat Bangun Tidur Ternyata Bisa Merusak Harimu, Ini Penjelasannya

Jangan Lupa Bahagia: 4 Kegiatan Seru yang Bisa Kamu Lakukan Biar Lagi Jomblo

Buat Kamu yang Lagi Galau, Ini 5 Kegiatan Seru yang Bisa Jadi Mood Booster Terbaik

5 Kegiatan Asyik yang Bisa Dilakukan Bareng Mama Buat Seru-seruan di Rumah

Leave a Comment
LATEST NEWS
POPULAR
SUBSCRIBE OUR NEWSLETTER