LIFESTYLE

Kenalan dengan Istilah Prokrastinasi, Kebiasaan yang Bikin Sering Menunda Tugas

Friday, 13/11/2020 17:05 WIB by Niken Pangesti , Facetofeet
Kenalan dengan Istilah Prokrastinasi, Kebiasaan yang Bikin Sering Menunda Tugas
freepik.com

Girls, siapa nih yang punya kebiasaan menunda pekerjaan sampe mepet banget dengan deadline? Kebiasaan ini dinamakan prokrastinasi. Menurut Oxford Dictionary, prokrastinasi adalah suatu perbuatan menunda sesuatu yang seharusnya dilakukan, biasanya dikarenakan sebenarnya kamu tidak ingin melakukannya.

Kata-kata prokrastinasi yang mungkin pernah kamu pikirkan atau ucapkan biasanya berikut ini girls.

“Tugas ini dikumpulinnya masih minggu drpan, nanti aja ah kerjainnya”

“Aku lebih fokus pas malem hari, jadi nanti malem aja mendingan ngerjainnya”

“Mood atau suasananya lagi nggak enak nih, kalo dipaksain ngerjain tugas nanti hasilnya malah nggak maksimal”

“Ah tugas ini gampang, bisa dikerjain besok-besok”

“Cek socmed dulu deh sebelum kerja biar otaknya rileks” (berakhir dengan terlalu asik main handphone sampai lupa dengan tugas)

Pada dasarnya seseorang yang punya kebiasaan prokrastinasi akan selalu mencari-cari alasan supaya tugas utamanya bisa ditunda girls. Sembari mengulur waktu Ia akan lebih memilih melakukan hal sepele sembari terus mengulur waktu hingga deadlinenya telah dekat. Kebiasaan ini juga didasari oleh pemikiran bahwa "Manusia akan bekerja lebih baik di bawah tekanan."

Padahal dengan kebiasaan menunda tugas sampai dekat dengan deadline akan menyebabkan tugas tersebut tidak dikerjakan secara maksimal karena terburu-buru. Ketidakfokusan tersebut juga menyebabkan hasil kerjaan nggak memuaskan atau bahkan cenderung banyak kesalahannya. Kalau sudah begitu, yang ada hanyalah rasa penyesalan karena waktu tidak dapat diputar.

Kebiasaan prokrastinasi dapat diatasi dengan cara menyusun to do list dan memilih mana yang menjadi prioritas sesuai deadline dan tingkat kesulitannya. Ketika mulai timbul rasa jenuh hingga ingin menunda pekerjaan, paksakan dirimu untuk tetap disiplin. Kalau terasa terlalu sulit, lakukanlah pekerjaan yang kamu miliki sedikit demi sedikit.

Yap, melawan kebiasaan prokrastinasi memang bukanlah hal yang mudah. Tapi demi bisa memanfaatkan waktu secara maksimal dan menjadi pribadi yang lebih berkualitas kamu perlu memaksakan diri untuk melakukannya girls. Setelah berhasil, berikanlah penghargaan untuk diri sendiri dengan melakukan hal-hal yang kamu senangi sekaligus refreshing pikiran. Tentunya hal ini bisa kamu lakukan dengan diri yang tenang karena semua tugas sudah dikerjakan tepat waktu.

 

Baca juga:

Girls, Ini 4 Hal Penting yang Harus Kamu Tahu Untuk Mencegah Anxiety Attack

Keseringan Main Gadget di Masa Pandemi? Ketahui Efek Negatif dan 5 Tips Untuk Mengatasinya!

Kenali Perilaku Gaslighting yang Bikin Hubungan dengan Pacar Jadi Toxic

Mulai Lakukan Self Love dengan 7 Tips Sederhana Ini Girls!

Kembali Beraktivitas di Rumah, Yuk Lakukan Ritual Self Care yang Sesuai dengan Karakter Zodiakmu!

Leave a Comment
LATEST NEWS
POPULAR
SUBSCRIBE OUR NEWSLETTER