LIFESTYLE

Cari Tahu Yuk, Ini Penjelasan Mengenai Rapid Antigen Serta Kelebihannya!

Monday, 28/12/2020 11:11 WIB by Niken Pangesti , Facetofeet
Cari Tahu Yuk, Ini Penjelasan Mengenai Rapid Antigen Serta Kelebihannya!
freepik.com

Girls semenjak berlakunya peraturan wajib rapid antigen di sejumlah wilayah di Indonesia seperti DKI Jakarta dan Bali, topik mengenai "Rapid Antigen" pun ramai diperbincangkan di media sosial maupun berita girls. Nah sebenarnya apa sih yang dimaksud Rapid Antigen itu? Kira-kira seberapa efektif ya Rapid Antigen dalam melacak virus corona di dalam tubuh? Yuk simak artikel ini sampai selesai untuk tahu penjelasannya!

Rapid Antigen sendiri merupakan salah satu metode pengujian virus corona dengan mendeteksi protein virus (antigen). Rapid Antigen dilakukan dengan cara mengambil sampel lendir yang ada di saluran pernapasan serta tenggorokan menggunakan metode swab.

Rapid antigen ini dinilai dapat melacak virus dengan baik mendekati tes PCR yang dinilai paling akurat saat ini. Keunggulannya dibanding PCR, rapid tes antigen memiliki proses yang lebih cepat yakni hanya sekitar 30 menit saja lho!

Hal lainnya yamg membuat rapid antigen dinilai efektif adalah jika dibandingkan oleh jenis sebelumnya yaitu rapid antibodi. Rapid antibodi yang menggunakan darah sebagai sampelnya diketahui kurang tepat karena mendeteksi antibodi tubuh yang sudah tertular virus selama 7-14 hari yang lalu. Dengan kurun waktu tersebut, maka kemungkinannya virus yang berada di dalam tubuh seseorang dapat menular ke sekitar. Sementara rapid antigen dapat mendeteksi virus yang berada pada tubuh seseorang saat itu juga sehingga lebih akurat.

Untuk harga, Rapid antigen dikenakan biaya sekitar Rp250 ribu nih girls. Kalau kamu mau melakukan rapid antigen, pastikan untuk mendatangi fasilitas kesehatan terdekat seperti rumah sakit atau puskesmas ya! 

 

Baca juga:

Pahami Cara Tepat Pakai Hand Sanitizer untuk Cegah Virus Corona

5 Tindakan Pencegahan Penularan Virus Corona

New Normal, Ini Dia Beberapa Kebiasaan yang Harus Dilakukan Supaya Aman dari Ancaman Corona

Capai 2.000 Orang! Wabah Virus Corona Makin Meluas dan Begini Kondisi Mencekam di Korea Selatan

Menggemparkan Dunia, Ini yang Harus Diketahui Tentang Virus Corona

Leave a Comment
LATEST NEWS
POPULAR
SUBSCRIBE OUR NEWSLETTER